Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan Patah Hati

Author : Admin Music

Article Date : 22/09/2021

Article Category : Super Buzz

Cukup cepat perkembangan karier seorang Gangga Kusuma di industri musik Indonesia. Terjun pertama kali ke dunia tarik suara pada 2019, Gangga sudah berhasil melepas album debutnya pada 2021.

Diberi tajuk 'It's Never Easy', album perdana Gangga ini resmi dilepas pada Jumat (27/8/2021) di berbagai layanan streaming musik bersamaan dengan album visualizer di kanal YouTube milik Gangga.

Ada pesan khusus yang ingin disampaikan oleh Gangga melalui album debutnya. Solois pria berusia 23 tahun tersebut mengajak para pendengar musiknya untuk menerima kesedihan dan menikmati proses di setiap perpisahan dalam perjalanan cinta.

"Kenapa memilih kalimat dan konsep It's Never Easy, karena album ini menceritakan tentang proses dalam suatu hubungan cinta dari awal hingga akhirnya berakhir," kata Gangga dikutip dari Antara.

"Dalam kisah cinta, itu banyak sekali perjalanannya, seperti ada proses hingga pada akhirnya kita bisa mengerti. Ada dua kepala yang bersatu dan harus belajar saling memahami. Bahkan sampai setelah putus pun, masih ada proses untuk bisa bangkit lagi," jelasnya.

Sesuai dengan tajuk judulnya, Gangga menjadikan pengalaman dan refleksi pribadinya dalam menikmati segala proses yang ada, termasuk upaya untuk melupakan segala masa lalu yang ia miliki.

Lebih jauh, Gangga mengajak para pendengarnya, khususnya kaum pria untuk tidak merasa 'malu' jika harus menangis karena patah hati.

"Album ini juga seperti diary gue. Gue memotret relationship waktu zaman dulu dan ceritanya memang intimate tentang gue secara personal," ujar Gangga yang menyebut bahwa album It's Never Easy juga merupakan medium untuk mengomunikasikan kesedihan dengan dirinya sendiri.

"Gue berharap untuk teman-teman yang mendengar, terutama laki-laki, it's okay kalau lo pernah menangisi seseorang begitu lama. Nggak usah paksa diri lo buat move on secepatnya dan sok kuat. It's fine kalau lo laki-laki dan menangisi perempuan, berarti lo harus bersyukur karena pernah mencintai orang sebegitu besarnya."

Adapun, album It's Never Easy digarap sejak Februari 2021 dan melahirkan 10 lagu yang memiliki lirik berbahasa Inggris. Track pertama hingga kesepuluh disusun secara berurutan berdasarkan kronologi atau plot cerita.

Gangga turut melibatkan beberapa musisi andal dalam penggarapan album debutnya seperti Petra Sihombing, Mohammed Kamga, Ankadiov, Will Mara, hingga Eky Rizkani.

Album debut Gangga ini sendiri dibuka dengan rangkaian single seperti 'Forever', 'Whiskey Bottle', dan 'Waiting For You' yang dilepas pada bulan Juli, Gangga berusaha untuk mengkomunikasikan seluruh curahan hatinya di dalam rilisan perdananya ini.

Sebelumnya, Gangga mendapatkan porsi di telinga pendengarnya berkat single 'Blue Jeans' yang dirilisnya tahun lalu. Respon positif tersebut memotivasi Gangga untuk memanaskan mesin produktivitasnya dalam menggarap album ini.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by GANGGA (@ganggaksm)

single Waiting For You dilengkapi dengan video lirik yang sudah diunggah di kanal YouTube Gangga pada 30 Juli lalu. Lagu ini juga dibawakan oleh Gangga pada sesi Into Mya Room di kanal YouTube-nya pada 6 Agustus lalu.

Di single Waiting For You, Gangga kembali mengangkat tema percintaan. Gangga menceritakan tentang prosesnya dalam melupakan seseorang yang pernah menjadi bagian dari dirinya, salah satu karya teranyar yang tentunya menjadi personal untuk dirinya pribadi dalam menceritakan proses penerimaannya. 

“Waiting for You ini ada keterkaitan cerita dari single sebelumnya, 'Whiskey Bottle'. Bedanya, kalau kemarin itu tentang kerinduan, sementara 'Waiting for You' menceritakan tentang suatu hubungan yang kandas, tetapi salah satu pihak masih menunggu sesuatu yang mustahil,” ungkap Gangga lewat siaran persnya.

Gangga masih berkutat pada melodi-melodi yang merayakan kemurungan masa lalu, sama seperti di lagu sebelumnya. Gangga merayakan itu sembari menikmati segala proses penerimaan untuk menuju masa depan yang lebih baik. Namun jika ditilik pada tatanan suara dan musikalitasnya, lagu ini cukup berbeda. 

Di lagu-lagu sebelumnya, suara gitar masih terdengar dan akrab. Namun, di lagu Waiting For You, Gangga mengusung sound dan beat lo-fi yang berkaitan dengan efek chorus pada gitar dan elemen strings section.

“Meskipun punya tema lagu yang mirip sama lagu-lagu sebelumnya, tapi di single ini gue merasa suasananya lebih tenang, dan santai, meski liriknya tetap menyakitkan," jelas Gangga.

“Buat tantangannya sendiri dalam proses pembuatan lagu ini, gimana caranya gue bisa menyampaikan pesan dan rasa sedih di dalam lagunya, di saat yang bersamaan suasana lagunya santai dan joyful.” lengkapnya.

Sementara untuk lagu Whiskey Bottle yang dilepas pada Juni lalu, lagu ini merefleksikan diri Gangga karena menceritakan pengalaman sendiri memahami proses patah hati dan sebuah kerinduan.

Lagu ini dikemas dengan warna yang berbeda dari single sebelumnya. Alih-alih dibawakan dengan lantunan musik yang cenderung pelan, lagu ini justru disajikan oleh Gangga dengan irama khas middle-up yang mampu menarik perhatian para pendengar.

 

Image source: Instagram/Gangga

ARTICLE TERKINI

Tags:

#gangga #gangga kusuma #Pop #it's never easy #waiting for you #Album # penyanyi indonesia

0 Comments

Comment
Other Related Article
Bangkutaman Rilis Album Ketiga Setelah Penantian Lama

Bangkutaman Rilis Album Ketiga Setelah Penantian . . . .

15 October 2021

Super Buzz

Placebo Rilis Single Baru setelah 5 Tahun Lamanya

Placebo Rilis Single Baru setelah 5 Tahun Lamanya

15 October 2021

Super Buzz

5 Teknik Bernyanyi yang Bantu Jaga Vokal Tetap Prima

5 Teknik Bernyanyi yang Bantu Jaga . . . .

15 October 2021

Super Buzz

“Same Shoes, No Company” Lanjutan Langkah BAP Menyambut Album Baru

“Same Shoes, No Company” Lanjutan Langkah . . . .

14 October 2021

Super Buzz

Ada Paul Pogba di Panggung Burna Boy

Ada Paul Pogba di Panggung Burna Boy

14 October 2021

Super Buzz

Inilah 5 Lagu Rock yang Terinspirasi Film Horor

Inilah 5 Lagu Rock yang Terinspirasi Film Horor

14 October 2021

Super Buzz

Weird Genius Kembali Hadirkan Kolaborasi Internasional

Weird Genius Kembali Hadirkan Kolaborasi Internasional . . . .

13 October 2021

Super Buzz

Eddie Vedder Ungkap Penghormatan Lewat “Long Way”

Eddie Vedder Ungkap Penghormatan Lewat “Long . . . .

13 October 2021

Super Buzz

Ikuti Cara Belajar Kunci Gitar yang Mudah Ini!

Ikuti Cara Belajar Kunci Gitar yang Mudah Ini!

13 October 2021

Super Buzz

Ramengvrl Bungkam Komentar Negatif Soal Penampilan di Single ‘I’m Ugly’

Ramengvrl Bungkam Komentar Negatif Soal Penampilan . . . .

12 October 2021

Super Buzz

1 /