Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

mendaki nekat

Author : Admin Adventure

Article Date : 25/11/2021

Article Category : Extreme Action

Aktivitas naik gunung termasuk hal yang berat untuk dilakukan. Apalagi kalau lo baru pertama kali, ada banyak perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan. Intinya jangan sembarangan saat mendaki gunung, apalagi hanya modal nekat. Ada bahaya yang akan mengintai lho!

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan outdoor menyenangkan yang bisa membuat lo lebih menghargai alam bebas. Namun sebelum melakukannya, lo perlu mempersiapkan berbagai hal. Bahkan beberapa pendaki profesional waktu berbulan-bulan untuk melakukan pendakian. Apalagi yang masih sekali dua kali mendaki. Jangan hanya modal nekat saja.

Nekat bukanlah ide yang bagus saat mendaki gunung. Barang bawaan dan peralatan harus lengkap, karena lo nggak akan pernah tau bahaya apa yang terjadi kedepannya. Ada beberapa bahaya saat naik gunung diantaranya longsor, letusan gunung, ancaman dari manusia lain, ceroboh, nggak tertib, hingga kurang persiapan. Inilah bahaya yang akan dihadapi lo kalau lo hanya bermodalkan nekat saja.

1. Tersesat

Image source: pexels.com/@selim-ozgun

Pendaki yang hanya nekat saja , pasti nggak akan mencari tahu jalur mana yang cocok untuk mencapai puncak. Padahal hal ini bisa membuat lo tersesat dan menimbulkan bahaya lainnya seperti jatuh ke jurang. Sebisa mungkin lo bersama kelompok pendaki tahu atau paham medan apa yang akan dihadapi. Kemudian mempelajari latihan evaluasi kalau terjadi hal berbahaya.

Kalau memang sudah tersesat, jangan panik terlebih dulu. Cari jalan keluar kemudian jalankan tugas masing-masing dalam kelompok. Atau mungkin membangun tenda agar otak bisa memikirkan solusi yang tepat. Banyak pendaki yang sulit ditemukan setelah tersesat karena  memaksakan berjalan ke arah yang salah.

2. Kedinginan

Image source: pexels.com/@gabriela-palai

Selanjutnya kalau lo tanpa persiapan biasanya nggak akan membawa pakaian hangat. Padahal cuaca di jalur pendakian nggak bisa diperkirakan, kalau lo kedinginan dan tanpa persiapan matang, maka hipotermia bisa menyerang. Kedinginan bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari salah memilih musim, kurang gizi, hingga memakai pakaian yang nggak tepat. Makanya lebih baik repot saat mempersiapkan segalanya daripada baru repot saat mendaki.

Salah satu hal yang sering jadi kesalahpahaman adalah banyak pendaki yang sudah memakai pakaian lengkap tapi membukanya saat beristirahat. Padahal ini cara yang kurang tepat, lebih baik lo memakai baju yang nggak gerah saat mendaki tapi saat istirahat pakai jaket tebal untuk menghangatkan tubuh.

3. Kekurangan Oksigen

Image source: snowbrains.com

Bahaya satu ini nggak boleh dianggap sepele karena bisa mengancam nyawa. Banyak pendaki pemula yang mengalami kekurangan oksigen. Ingat hal penting ini, semakin tinggi gunung maka semakin tipis pula oksigen. Setiap kenaikan 1.000 meter, oksigen berkurang 10 persen. Ketahui dulu kondisi badan sendiri agar lo juga bisa tahu cara mengatasinya.

Biasanya gejala pertama kekurangan oksigen adalah mual dan pusing. Kalau sudah ada tanda ini segera sigap, jangan dibiarkan. Buat lo yang belum terbiasa mendaki dalam durasi lebih dari satu jam coba berlatih naik gunung terlebih. Pilih tinggi gunung yang nggak lebih dari 1.00p mdpl. Kalau sudah terbiasa dan stamina teruji, baru mulai perjalanan yang lebih menantang.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Wilderness #Extreme #Beginner

Source:https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211028162951-269-713715/7-bahaya-yang-mengintai-pendaki-gunung-bermodalkan-nekat/1

0 Comments

Comment
Other Related Article
Sherpa

Lebih Dekat dengan Suku Sherpa, Porter . . . .

30 November 2021

Extreme Action

Taman Nasional

Cara Asyik Traveling ke Taman Nasional . . . .

28 November 2021

Extreme Action

Olahraga ekstrem

Gak Cuma Menantang Maut, Olahraga Ekstrem . . . .

25 November 2021

Extreme Action

aktivitas ekstrem

Terkenal Ekstrem, 5 Aktivitas Ini Justru . . . .

25 November 2021

Extreme Action

List Petualangan Seru

Ini List Petualangan Seru yang Bisa . . . .

23 November 2021

Extreme Action

Gunung Sindoro

Aturan dan Jalur Pendakian yang Wajib . . . .

23 November 2021

Extreme Action

Ranu Kumbolo

Etika yang Wajib Ditaati Saat Camping . . . .

17 November 2021

Extreme Action

trail running

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Trail Running

17 November 2021

Extreme Action

Aretes

Sering Jadi Hambatan Tersendiri, Ini Cara . . . .

16 November 2021

Extreme Action

keuntungan aktivitas mendaki

Keuntungan Aktivitas Mendaki Gunung Buat Kesehatan . . . .

15 November 2021

Extreme Action

1 /