Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Mau Pilih Roda Buat Papan Skate Lo? Simak 3 Tips Ini Dulu!

Author : Admin Challenge

Article Date : 02/09/2021

Article Category : Urban Sport

Sebelumnya, Super Challenge pernah bahas soal Trucks papan skate lo nih, Superfriends. Lo masih inget kan bagian axle dari trucks itu tempat masang roda papan skate lo? Kalau nggak ada rodanya, papan skate lo nggak bisa meluncur, dong. Buat bikin deck sama trucks jadi skateboard, lo bakal butuh 4 roda. Roda yang lo pasang di papan juga nggak boleh sembarangan dan bukan roda sembarangan. Ada spesifikasi khusus dan tipe roda yang berbeda yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan. Teknologinya juga beragam dan bisa jadi faktor yang memengaruhi performa skating lo. Well, let’s talk about it!

Hal pertama yang harus lo tau soal roda skateboard itu bahannya. Bahan yang umum dipakai buat roda skateboard itu namanya urethane dan setiap brand biasanya punya karakteristik masing-masing. Mostly, brand roda skateboard berlomba-lomba bikin roda yang paling kuat, lembut, dan bisa berputar tanpa banyak gesekan. Tujuannya supaya lo bisa meluncur cepat dan mengurangi risiko flat spots, Superfriends. Flat spots itu bagian yang terkikis karena gesekan atau benturan, sampai mengubah bentuk roda lo dan jadi nggak bisa berputar sempurna. Selain flat spots, lo juga harus tau roda itu ada core-nya apa nggak. Core itu ring plastik yang ada di bagian dalam roda. Biasanya bahannya lebih keras dari roda, agar bisa melindungi roda skateboard dari tekanan bearing dan axle. Lo harus perhatiin dua hal ini untuk tau roda lo masih layak pakai atau nggak, Superfriends.

Sekarang masuk ke faktor apa aja yang harus jadi pertimbangan lo ketika milih roda. Lo harus ukuran roda dan tingkat kekerasannya sesuai kebutuhan dan kebiasaan skating lo!

Untuk ukuran roda, umumnya lo punya pilihan dari diameter paling kecil di 50mm dan paling besar di 125mm. Semakin kecil diameter roda, semakin cepat akselerasi lo, tapi semakin rendah top speed lo. Biasanya diameter kecil 50-53 dipakai sama skater yang suka street skating, diameter sedang 53-56 umum dipakai sama skater yang duka main di skatepark atau vert skating, sedangkan diameter besar 56 ke atas biasanya dipakai untuk longboard dan cruising. Untuk menentukan diameter roda yang lo pilih, pertimbangkan juga ukuran trucksnya, Superfriends. Kalau trucks lo rendah, lo nggak bisa pakai roda diameter besar karena nanti jarak roda sama deck lo terlalu dekat. Kalau lo mau pakai roda diameter besar tapi trucks lo rendah, gunakan riser atau shock pads yang biasanya tersedia di toko skate. Dua komponen itu bisa menambah ketinggian tanpa harus ganti trucks, Superfriends.

Selain diameter, lebar roda juga harus lo pilih mau basic atau slim. Bedanya ada di contact patch, atau bagian roda yang bakal bersentuhan sama tanah. Kalau basic, lebar contact patchnya 18-20mm. Kalau slim contact patchnya 15-17mm. Pengaruh lebar contact patch ini adalah friksi atau gesekan roda lo dengan tanah. Semakin kecil contact patch, semakin sedikit gesekan jadi lo bisa melakukan trik kayak powerslide dengan lebih mudah. Biasanya roda slim digunakan sama profesional skater buat technical skating yang banyak melibatkan trik. Untuk pemula, disarankan pakai ukuran basic dulu aja.

Terakhir ada ukuran untuk seberapa keras roda lo. Cara mengukurnya itu pakai alat yang namanya durometer. Ada dua skala di durometer, skala A dan B. skala A parameternya mulai di 75A sampai 100A. Di atas 100A, skalanya masuk ke B mulai dari 81B. Misal 101A itu sama dengan 81B dan seterusnya. Kenapa ini penting buat lo tau? Roda dengan tingkat kekerasan rendah kayak 78A itu lebih punya grip dan lebih bisa beradaptasi sama medan yang nggak rata. Jadi, cocok buat lo yang suka cruising, apalagi kalau lo bikin video cruising atau longboarding. Roda dengan tingkat kekerasan tinggi kayak 83B itu akselerasinya cepat banget dan lo bisa bener-bener ngebut. Roda ini biasanya dipakai profesional untuk vert dan kompetisi. Buat skating sehari-hari roda dengan kekerasan medium kayak 95A jadi yang paling cocok karena ini bisa lo pakai buat street skating dan main di skatepark dengan nyaman selama medannya cenderung rata.

Coba cek lagi papan skate lo sambil ikutin panduan di atas, Superfriends. Rodanya sudah pas sesuai kebutuhan lo atau belum?

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Urban Sport

Source:https://www.skatedeluxe.com/blog/en/wiki/skateboarding/skateboard-wiki/wheels/

1 Comments

Comment
Agung Sutrisno

Agung Sutrisno

14/09/2021 at 05:42 AM

ukurannya harus pas
Other Related Article
image article
Urban Sport

Terjun Belajar Bareng Komunitas Parkour Jakarta

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

‘Gerakan Kebikean’ Kurang Bike Apalagi, sih?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

50-50 Grind 89 Meter, Emang Boleh Se-Balance ini?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Solusi Skateboard Patah yang Bukan Lagi Masalah versi Matto Masello

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Extreme Pogo, Urban Sport Unik Anti Mainstream

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

2 Film Tentang Sepeda Biar Semangat Gowes Lo Gak Kendor!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Hal Krusial Memilih Sadel Sepeda yang Nyaman dan Tepat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Lincah Meluncur dengan Carve Motor, Skateboard Modif yang Super Abis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Daya Tarik Gedung Parkir Mal Kuningan City jadi Trek Menantang Para Cyclist

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Urban Sport

Gara-gara Video Ini, Fingerboard Bisa Ngetren Kayak Sekarang!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /