Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

super rap battle hog 2019

Author :

Article Date : 25/10/2019

Article Category : Super Buzz

Sebagai sebuah culture, hip-hop itu memang sangat kaya. Banyak sekali subkultur baru yang lahir darinya. Contoh saja breakdance, atau graffiti. Namun, tentu salah satu hal paling menarik yang pernah muncul dari hip-hop adalah rap itu sendiri!

Nah, dalam “rap” sendiri, banyak sekali varian penampilannya. Ada yang ditulis dulu kemudian dilantangkan di atas beat, atau disautkan secara mendadak melalui improvisasi. Hal itu biasanya disebut sebagai freestyle rap.

Menariknya, freestyle sendiri tidak berhenti sampai di sana. Dewasa ini, tentu kita semua sudah pernah dengar dengan istilah rap battle, bukan?

Rap battle adalah pertarungan antara dua MC yang mengadu rima. Biasanya, para MC berlomba mengolok-olok lawannya melalui rima yang secara spontan ia muntahkan.

Kali ini, SUPERMUSIC akan mencoba untuk menjelaskan kalian tentang sejarah dari rap battle!

***

Tidak mudah melacak sejarah rap battle karena keberadaannya kerap terjadi di jalanan dan bukan di atas panggung atau sorotan kamera. Perkiraanya, rap battle ikut tumbuh dan berkembang bersama hip-hop, sudah mulai eksis pada era 70-an akhir hingga 80-an.

Mungkin, gambaran umum yang bisa di dapat adalah adegan paling ikonik dari film 8 Mile (2002) yang diperankan rapper kawakan, Eminem. Rabbit—yang ia perankan—adalah rapper jalanan asal Detroit, AS. Rap battle menjadi salah satu bakatnya, juga pelampiasannya.

Namun, menoleh ke realita maka salah satu “peristiwa” paling awal yang cukup signifikan terkait perkembangannya itu sempat terjadi di New York pada tahun 1981.

Kala itu, rapper Busy Bee Starski sedang tampil live membawakan set-nya untuk perayaan Natal. Terkenal melalui rimanya yang tak jarang menyematkan unsur komedik, ia juga menyelipkan ejekan terhadap Kool Moe Dee—rapper anggota kru Treacherous Three.

Ternyata, Kool Moe Dee sebagai sasaran hinaan terstruktur Busy Bee di atas panggung berada di tempat dan tengah menyimak penampilannya. Alhasil, dengan geram ia menjajah panggung dan meluncurkan freestyle apik. Di atas panggung itu, rap battle pun terjadi.

Semenjak itu, mulai banyak bermunculan rap battle yang bermunculan dari kalangan rapper tersorot, dan bukan lagi para MC bawah tanah. Diss track mulai hadir sebagai medium saling tantang-menantang, yang selalu mendapatkan respon panas dari publik.

Namun perkembangan diss track, atau sengketa rap yang diluncurkan via rekaman, tidak dapat memusnahkan rap battle ala freestyle dari muka bumi. Bukti nyatanya adalah Eminem, yang mulai terkenal sebagai rapper berkat kompetisi rap di tahun 2002.

Contoh yang lebih anyar adalah Kendrick Lamar—atau K-Dot—yang “lahir” dari sirkuit serupa. Lamar berhasil mengejutkan pengiat hip-hop kala namanya muncul sebagai dalam kompetisi rap battle tahun 2009, yang kemudian mendongkrak statusnya hingga menjadi rapper mega-bintang seperti sekarang.

Intinya, rap battle adalah produk dari street culture. Mereka berkembang dengan posisi yang dekat oleh para pegiatnya, dimainkan di berbagai celah-celah gedung, atau taman kota, atau lapangan basket umum.

Hingga sekarang, mereka masih ada dan masih berjalan, bahkan masih berkembang secara pesat!

***

Ngomong-ngomong soal rap battle, kompetisi, street culture, dan lainnya itu. Kita punya hajatan menarik buat kalian yang jago rap battle, nih! Apa hajatannya? Jangan lupa datang ke HobbyGround 2019, tanggal 2-3 November di Plaza Barat Senayan, Jakarta Selatan!

Festival hobi dan komunitas yang dijalankan oleh Kaskus ini turut serta menarik Supermusic untuk berkolaborasi. Nah, di sana kita akan menghadirkan zona “Super Street” untuk menyajikan banyak banget keseruan street culture di HobbyGround 2019 besok!

Di zona Super Street akan digelar kompetisi rap battle yakni Super Rap Battle Competition. Buat kalian yang merasa up to the challenge, jangan pikir dua kali dan langsung aja dateng!

Selain hadiah yang keren-keren, para juri yang menilai juga tidak kalah keren, kok! Kompetisi ini akan dikawal oleh nama-nama pakem dalam rap lokal macam Tuan Tigabelas, Laze, dan Ben Utomo! Selain berlomba, kalian mungkin bisa dapet ilmu-ilmu jitu dari mereka, kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Sampai bertemu di Plaza Barat Senayan, tanggal 2-3 November besok!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#rap #Hip Hop #hobbyground #hobbyground 2019 #street culture #Eminem #Kendrick Lamar #super rap battle #super street

0 Comments

Comment
Other Related Article
Album Kedua Big Red Machine yang Kayak dengan Kolaborasi

Album Kedua Big Red Machine yang . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan Patah Hati

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik Indonesia

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon Mono”

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh Emosi untuk Album Keempat

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh . . . .

21 September 2021

Super Buzz

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk Playlist Penyemangat

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo ‘Ngopi Dulu Lah’

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk Rayakan Album Debut Mereka

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan Band Indie Lokal

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

19 September 2021

Super Buzz

1 /