Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Memahami Apa Itu Intro

Author : Admin Music

Article Date : 25/11/2021

Article Category : Super Buzz

Baik kalian yang gemar menikmati musik atau menjalani kehidupan sebagai musisi, tentu mengenal tentang struktur lagu secara garis besar. Di dalam struktur lagu biasanya kalian akan menemukan intro, verse, bridge, chorus, reff, interlude, modulasi, ending, coda, dan outro. Namun tidak semua dari struktur tersebut harus teraplikasi di dalam sebuah komposisi lagu. Sebelum membahas lebih jauh mengenai struktur lagu, mari mengenal tentang apa itu intro? 

Apa itu intro

Ketika mendengar lagu, terutama lagu-lagu di ranah populer, kalian biasa mendengar bagian pembuka yang juga disebut dengan intro. Dalam memahami apa itu intro, secara istilah intro merupakan singkatan dari introduction atau pengelanan. Bisa dipahami jika apa itu intro berarti berperan untuk membuka dan memberi pengenalan tentang warna lagu yang disuguhkan oleh para musisi melalui lagunya. Dengan memahami apa itu intro, kemungkinan besar kalian akan mudah menebak tema atau nuansa apa yang ingin diutarakan oleh sang musisi. Kalian bisa mengetahui sebuah lagu akan jadi lagu yang ceria maupun melankolis dengan memahami apa itu intro.

Secara mendalam, dalam memahami apa itu intro, bagian awal dari lagu tersebut juga punya fungsi lain terutama bagi sang musisi. Intro biasanya dijadikan sebagai pintu utama bagi musisi, terutama vokalis untuk mempersiapkan diri sebelum mulai bernyanyi. Dengan kata lain, apa itu intro menjelaskan bahwa bagian pembuka tersebut juga berperan untuk mengatur ritme yang dibutuhkan dalam komposisi lagu sehingga menghadirkan kesan yang harmonis. 

Dalam merumuskan apa itu intro, bagian awal ini biasanya diambil dari bagian verse atau reff. Penggunaan bagian tersebut dalam menjelaskan apa itu intro ini digunakan sebagai jembatan agar musik dan vokal bisa masuk ke dalam lagu secara lebih halus. Namun tidak jarang juga intro sebuah lagu mengambil komposisi nada yang berbeda dari apa yang ditawarkan dari komposisi lagu keseluruhan. Sebagai penikmat musik maupun musisi tentu kalian memahami perannya yang cukup besar. Intro bisa jadi penentu untuk sebuah lagu bisa dikenal secara langsung atau tidak.

Lagu dengan intro ikonis

Setelah memahami apa itu intro, mari mengenal beberapa lagu dengan intro yang ikonis. Dalam perkembangan musik, setiap generasi biasanya memiliki kumpulan daftar lagu dengan komposisi intro yang ikonis yang cukup bertahan sampai generasi berikutnya. Ini adalah beberapa lagu yang bisa kalian dengarkan sekaligus menjadi materi untuk mempelajari apa itu intro.

  1. Sweet Child O’ Mine - Guns N Roses

    Jika kalian tengah mencoba mempelajari apa itu intro dan mengapa intro itu punya peran yang kuat dalam sebuah lagu, mungkin lagu Sweet Child O’ Mine dari Guns N Roses bisa jadi pilihan untuk kalian bedah. Lagu yang pertama kali diperkenalkan oleh Guns N Roses di tahun 1990-an ini masih cukup populer untuk didengarkan hingga saat ini. Bahkan bagian intro melodi gitar yang khas dari lagu tersebut kerap kali jadi acuan dari para pemain gitar untuk melatih kecepatan serta ketepatan jari. Jadi tidak hanya bisa memahami apa itu intro dan juga perannya, kalian juga bisa meningkatkan skill dengan membedah lagu rock ikonis ini.

  2. Tentang Seseorang - Anda

    Gegap gempita film Ada Apa Dengan Cinta tidak hanya berhasil menarik perhatian dan semangat para pelaku perfilman di Indonesia saja. Album soundtrack dari film tersebut juga cukup berhasil menarik minat banyak orang baik penikmat musik maupun musisi untuk ikut terlibat dalam pembuatan soundtrack hingga saat ini. Salah satu lagu yang menjadi soundtrack di dalamnya pun hadir dengan intro yang ikonis. Lagu tersebut merupakan Tentang Seseorang dari Anda. Bermodalkan gitar dengan teknik yang sederhana, nyatanya lagu ini berhasil menjadi salah satu lagu dengan intro yang ikonis. Pasalnya di balik permainan intro yang sederhana, langsung disambut dengan beat musik yang berbeda dan mengajak pendengarnya untuk menyanyi bersama. Dengan komposisi awal lagu yang menarik, kalian bisa coba dengarkan secara seksama dalam memahami apa itu intro lewat lagu ini.

  3. Welcome To The Black Parade - My Chemical Romance

    Di tahun 2000-an, hadir juga sebuah lagu dengan intro yang ikonis. Menggunakan piano dengan durasi intro yang tidak terlalu panjang, lagu Welcome To The Black Parade dari My Chemical Romance ini berhasil menghadirkan suasana yang kelam sekaligus agresif bagi pendengarnya. Dengan komposisi intro yang simpel, lagu ini mudah dikenali hingga saat ini. Bahkan beberapa tahun ke belakang, lagu dari My Chemical Romance ini juga kerap di putar di berbagai acara emo revival yang langsung membuat suasana meriah bagi mereka yang mendengarkan intronya. Jika kalian tengah memahami apa itu intro, tidak bisa dipungkiri lagu satu ini jadi pilihan yang tepat untuk dipelajari lebih dalam.

  4. In The End - Linkin Park

    Perpaduan musik cadas dan elektronik memang bukan hal yang umum lagi di awal tahun 2000-an. Namun, Linkin Park jadi salah satu kelompok musisi yang dapat memadukan hal tersebut dengan selaras untuk membuat lagu-lagu yang ikonis. Dalam memahami apa itu intro, kalian tentu mengetahui bahwa banyak dari lagu Linkin Park yang punya bagian awal yang ikonis. Salah satunya adalah In The End. Komposisi intro yang diramu oleh Linkin Park ini cukup terdengar emosional dan melankolis untuk sebuah musik cadas. Selain itu, vokal Chester Bennington yang halus sebagai pembuka dan disambut dengan rima rap dari Mike Shinoda membuat lagu ini punya bagian awal atau intro yang tidak mudah untuk dilupakan oleh para pendengarnya.

 

Image courtesy of PrinceOfLove / Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#apa itu intro #intro lagu #intro ikonis #anda #Linkin Park #My Chemical Romance # Guns N Roses

0 Comments

Comment
Other Related Article
8 Struktur Lagu yang Umum Digunakan dalam Bermusik

8 Struktur Lagu yang Umum Digunakan dalam Bermusik

27 November 2021

Super Buzz

Lil Uzi Vert Hadirkan Single Bernuansa Seram

Lil Uzi Vert Hadirkan Single Bernuansa Seram

27 November 2021

Super Buzz

SeteruSunyi dan Tuan Tigabelas Suguhkan Karya Penuh Makna

SeteruSunyi dan Tuan Tigabelas Suguhkan Karya . . . .

27 November 2021

Super Buzz

Rammstein Perkenalkan Lagu Baru di Luar Angkasa

Rammstein Perkenalkan Lagu Baru di Luar Angkasa

27 November 2021

Super Buzz

A$AP Rocky Rilis Single Baru Sandman untuk Beri Penghormatan

A$AP Rocky Rilis Single Baru Sandman . . . .

26 November 2021

Super Buzz

EDM adalah Genre Musik yang Sering Disalahpahami, Kenapa?

EDM adalah Genre Musik yang Sering . . . .

26 November 2021

Super Buzz

Alicia Keys Ungkap Rincian Double Album Barunya KEYS

Alicia Keys Ungkap Rincian Double Album . . . .

26 November 2021

Super Buzz

Voice Of Baceprot Siap Bertandang Ke Eropa

Voice Of Baceprot Siap Bertandang Ke Eropa

25 November 2021

Super Buzz

Sean Paul dan Sia Kembali Berkolaborasi

Sean Paul dan Sia Kembali Berkolaborasi

25 November 2021

Super Buzz

Metronomy Umumkan Album Baru Small World dan Single Utama

Metronomy Umumkan Album Baru Small World . . . .

24 November 2021

Super Buzz

1 /