Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Memahami Pengertian dan Jenis-jenis Alat Musik Kordofon

Author : Admin Music

Article Date : 12/01/2022

Article Category : Super Buzz

Apa itu alat musik kordofon? Alat musik kordofon merupakan alat musik yang sumber bunyinya dari kordofon. Suara yang dihasilkan berasal dari bagian badan alat musik yang diberi senar atau dawai. Biasanya suara alat musik kordofon dihasilkan dari alat musik yang dipetik serta digesek. Beberapa contohnya seperti gitar, harpa, biola, ukulele, dan lain sebagainya.

Alat musik ini juga disebut sebagai alat musik dawai atau senar. Cara memainkan alat musik kordofon ada tiga yakni dipukul (contoh drum) dipetik (gitar) dan digesek (biola). Nah, artikel ini akan membahas beberapa hal tentang alat musik kordofon yang perlu diketahui.

Jenis-jenis Alat Musik Kordofon

Seperti diketahui, alat musik kordofon adalah alat musik menghasilkan suara lewat senar atau dawai. Cara memainkanya bisa dengan dipetik, digesek dan dipukul. Berikut ini adalah jenis-jenis alat musik kordofon:

Gitar

Gitar merupakan alat musik kordofon yang paling banyak dikenal di dunia. Gitar merupakan alat musik dawai yang dimainkan dengan cara dipetik dengan jari dan plektrum. Gitar terdiri bagian pokok dengan bagian leher padat untuk tempat senar berjumlah enam. Bahan pembuat gitar adalah berbagai jenis kayu, sedangkan senarnya dari baja maupun nilon. Untuk gitar modern terbuat dari polikarbonat. Umumnya, gitar terbagi dua jenis yaitu gitar elektrik dan akustik.

Gitar elektrik mulai dikenal tahun 1940-an. Gitar elektrik awalnya memiliki badan berlubang, namun dalam perkembangannya menggunakan body padat. Gitar elektrik bisa hasilkan berbagai efek suara. Hingga kini gitar elektrik masih digunakan untuk musik musik seperti pop, reggae, jazz, rock, punk, metal dan masih banyak lagi.

Bass elektrik

Alat musik kordofon selanjutnya adalah gitar bas elektrik. Bass elektrik merupakan alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar volume. Tampilanya mirip gitar listrik hanya saja lebih besar, lehernya lebih panjang, dan umumnya hanya memiliki empat senar. Dibandingkan gitar biasa, bass elektrik lebih berat bobotnya. Senarnya juga lebih tebal agar kondisi bunyi yang dihasilkan terjaga. Ukuran fretnya juga lebih besar untuk penyesuaian dengan senar. Sampai sekarang ada banyak jenis gitar bas yang dipakai. seperti misalnya cello bass untuk pertunjukan opera.

Biola

Alat musik kordofon berikutnya adalah biola, tentunya karena biola merupakan alat musik berdawai. Biola dimainkan dengan cara digesek menggunakan busur biola. Ada memiliki empat senar biola yang masing masing disetel berbeda. Biola terdiri dari badan, leher, papan jari, jembatan biola, senar. Leher biola dibuat dari kayu maple. Sedangkan leher biola dibuat dari kayu eboni atau lainya. Kayu eboni dipilih lantaran lebih awet kokoh tahan lama dan bagus.

Piano

Selain alat-alat musik kordofon di atas, piano juga termasuk ke dalamnya. Mengapa? Piano memang dimainkan dengan menekan tuts di papan piano, tetapi tiap tuts tersambung ke palu di piano lalu tekan dawai di dalamnya untuk menghasilkan nada. Tiap dawai atau senar memiliki panjang yang beda untuk menghasilkan suara berbeda pula. Piano yang menggunakan dawai umumnya adalah piano akustik yang memakai senar dipukul dawai.

Drum

Drum juga termasuk alat musik kordofon dan masuk dalam jenis instrumen perkusi. Drum terbuat dari kulit binatang atau bahan sintetis. Cara memainkanya dengan cara dipukul memakai stik kayu. Alat musik satu ini sangat populer di seluruh dunia, bahkan termasuk yang tertua di dunia. Ada banyak jenis drum seperti timpani bodhran kendang, bedug, drum tom tom, ashiko, snare drum, bass drum, dan masih banyak lagi. Drum juga dipakai untuk memainkan berbagai musik modern seperti pop, rock, jazz, hingga musik tradisional.

Sitar

Alat musik kordofon lainya adalah sitar yang berasal dari Asia Selatan. Sitar memakai senar atau dawai simpatik dan dawai biasa. Untuk ruang resonansinya memakai ground atau semacam buah yang sudah dikeringkan. Buah ini memiliki rongga di dalamnya sehingga menghasilkan bunyi.

Musik klasik hindustan sering gunakan sitar sejak abad pertengahan. Instrumen kuno dari India ini dipercaya diturunkan dari Veena. Sitar dimodifikasi seorang musisi pengadilan Mughal. Modifikasi penting dilakukan guna sesuaikan selera pelanggan persia. Sitar mulai berkembang sejak abad ke-18 di India.

Ukulele

Ukulele juga termasuk alat musik kordofon seperti halnya gitar. Ukulele berukuran kecil, sekitar 20 inci, dan merupakan alat musik asli Hawaii ditemukan sekitar tahun 1879, Alat musik 'Ukulele' dalam bahasa hawaii artinya 'kutu loncat'. Ukulele memiliki kemiripan dengan gitar, tetapi kedua alat musik tersebut sangat berbeda. Ukulele adalah sebuah gitar yang memiliki ukuran mini atau kecil. Perbedaan lainnya, ukulele memiliki tuning-nya sendiri.

Nah, itulah beberapa jenis alat musik kordofon atau alat musik bersenar atau memiliki dawai. Selain beberapa alat musik tersebut masih banyak jenis alat musik lainya yang masuk kategori kordofon, misalnya alat musik kordofon tradisional seperti kecapi, sampek, sasando, jentreng, hisapi, japen, dan masih banyak lagi.

Image source: Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#alat musik kordofon #berdawai #bass elektrik #bola #Gitar #ukulele #biola

0 Comments

Comment
Other Related Article
Guerilla Toss buka Lembaran Baru di 2022

Guerilla Toss buka Lembaran Baru di 2022

25 January 2022

Super Buzz

Mengenal Death Metal Lewat 5 Band Ini

Mengenal Death Metal Lewat 5 Band Ini

25 January 2022

Super Buzz

Parquet Courts Suguhkan Single Baru di Layar Kaca

Parquet Courts Suguhkan Single Baru di Layar Kaca

25 January 2022

Super Buzz

Mengenal Fungsi Metronome Serta Peran Pentingnya dalam Musik

Mengenal Fungsi Metronome Serta Peran Pentingnya . . . .

24 January 2022

Super Buzz

Down For Life Rilis Single Baru Children Of Eden

Down For Life Rilis Single Baru Children Of Eden

24 January 2022

Super Buzz

Kolaborasi Snoop Dogg dan Heidi Klum untuk Single Terbaru

Kolaborasi Snoop Dogg dan Heidi Klum . . . .

24 January 2022

Super Buzz

Forgotten, Single Cadas Terbaru dari Korn

Forgotten, Single Cadas Terbaru dari Korn

24 January 2022

Super Buzz

Eddie Vedder Mantap Buka Jalan Album Baru

Eddie Vedder Mantap Buka Jalan Album Baru

23 January 2022

Super Buzz

Sambut Album Baru Avril Lavigne di Bulan Februari!

Sambut Album Baru Avril Lavigne di Bulan Februari!

23 January 2022

Super Buzz

Sejarah Terbentuknya Band Bergenre Alternative Rock

Sejarah Terbentuknya Band Bergenre Alternative Rock . . . .

23 January 2022

Super Buzz

1 /