Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Membuat dan Memutar Musik Apapun dengan Zoom R8

Author : Admin Music

Article Date : 29/07/2021

Article Category : Tips & Gears

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah bahas tentang kegunaan Zoom R8 secara praktis. Bahasan kali ini adalah mencermati lebih dalam Zoom R8 secara teknis serta fitur-fitur penting yang tidak terlalu dibahas dalam artikel sebelumnya.

Tidak seperti banyak perekam multitrack digital yang berdiri sendiri, Zoom R8 dirancang untuk bekerja sendiri tetapi juga sebagai pelengkap sistem DAW berbasis komputer. Unit ini sangat kecil dan ringan, tetapi dikemas dengan fitur-fitur seperti slider level individu untuk kedelapan trek ditambah master fader, tombol putar/mute/rekam multi-fungsi, kontrol transportasi, jog wheel, tombol kursor, 24-/48- volt phantom power untuk mikrofon yang membutuhkannya, dua jack input XLR/1/4-inci kombo, jack output stereo 1/4-inci, output headphone, dan banyak lagi.

R8 bisa merekam hingga dua track secara bersamaan dan menyediakan maksimal delapan track. Audio direkam ke kartu SDHC yang dapat dilepas (hingga 32GB) dalam format WAV pada resolusi 16-bit/44.1kHz atau 24-bit/48kHz. Jika dihitung durasi, satu jam audio stereo 24-bit/48KHZ akan mengambil memori sekitar 1 gb. Unit ini juga berfungsi sebagai audio interface dengan dua-input dan dua-output USB 2.0 berkecepatan tinggi dan dapat dihubungkan ke komputer melalui USB. Fungsi lainnya adalah sebagai pengontrol untuk perangkat lunak DAW, seperti Cubase LE5, yang biasanya dibundel dengan R8.

Sobat juga dapat menggunakan fungsi sampler untuk dengan mudah untuk membuat backing track, iringan, dan track fondasi lainnya yang memiliki kualitas suara tinggi. Fitur-fitur ini dapat digunakan untuk membuat berbagai macam musik, dari lagu demo hingga rekaman yang diproduksi. Bagian sampler menyediakan delapan pad untuk memuat hingga delapan sampel, termasuk suara drum yang disediakan pada kartu SD 2GB yang disertakan.

Seperti yang sebelumnya digambarkan, daya dapat diperoleh dari empat baterai AA, atau melalui kabel USB dan adaptor listrik. Mengingat bahwa ukuran R8 ini lebih kecil dari kertas A4 dan ketebalannya tidak lebih dari roti lapis, maka R8 sangat mudah dibawa, bahkan harusnya cukup mudah dimasukan ke dalam tas punggung. Bahan bodinya cukup kokoh dan pasti tahan terhadap benturan keras, asal tidak dilemparkan secara sengaja dari lantai dua pasti kuat sih.

Ini mungkin kecil, tetapi Zoom R8 dikemas penuh dengan opsi perekaman. Sepasang soket kombo memberi pilihan untuk menghubungkan mikrofon apa pun yang dimiliki (bahkan mikrofon kondensor), atau langsung. Ditambah lagi ada sepasang mikrofon bawaan di dalamnya, jadi Anda tidak perlu membawa perlengkapan tambahan apa pun untuk merekam di R8. Jika mecari efek, R8 juga memiliki lebih dari 140 efek gaya studio bawaan yang dapat Anda gunakan untuk menyempurnakan suara. Yang terbaik dari semuanya, bahkan dengan banyak pilihan perekaman, R8 masih sangat mudah digunakan!

R8 ini juga adalah alat pengambilan sampel sekaligus memiliki 472 preset ritme yang dapat diedit, disimpan dan diatur untuk membuat backing track. Preset dan suara drum yang diputar oleh sequencer tergantung pada kit yang dipilih. Sobat bisa memilih kit-kit seperti basic, studio, live, rock, pop, funk, jazz, acoustic, techno, atau urban.

Yang paling signifikan adalah bahwa tidak ada track khusus untuk sequencer atau sampler, sehingga setiap loop atau pola individu harus ditetapkan ke tracknya sendiri-sendiri atau dioperasikan menggunakan pad. Masalah dengan pengaturan ini adalah jika sejumlah pola digunakan, maka delapan trek akan terasa tidak cukup. Oleh karena itu jika melakukan hal ini sebisa mungkin track nya disiapkan terlebih dahulu agar bisa waktu lebih efisien. Untuk keperluan band yang memerlukan track tambahan, R8 menyediakan 8-channel playback, sehingga band sobat bisa cukup leluasa memutar backing vokal, gitar, bass dan lain-lain yang tentunya sebelumnya telah direkam. 

Jika disimpulkan sebenarnya R8 bukan tanpa kekurangannya, tetapi bagi musisi yang baru pertama kali terjun ke teknologi musik, alat ini berpotensi menjadi pembelian yang cukup bagus. Fitur sequencer dan sampler memungkinkan para musisi pemula yang tertarik pada hip-hop, musik dansa, dan berbagai macam elektronik lainnya untuk meniru teknik produksi dasar yang mereka dengar. Sedangkan fasilitas rekaman akan membantu musisi pemula pada keajaiban multi tracking dan mixing dengan cara yang paling mudah. Jadi temukan kelebihan dan kepraktisan alat ini dengan mencobanya sendiri di toko-toko musik di Kota sobat ya. Selamat berburu…!!!

 

Image source: Soundonsound

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Agung Hellfrog

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips & Gears

Valeton GP 200: Temukan Rekan Panggung Ideal Kalian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: Schecter Rilis Deretan Gitar Ramah Kantong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: Flamma Fx100 Multi Efek di Bawah Rp3 Juta, Haruskah Dibeli?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: Perlukah Gitar Khusus untuk Bermain Metal?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Tips Memilih Gitar Elektrik yang Cocok Bagi Pemula

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Rekomendasi 4 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: 3 Pedal Buffer Terbaik untuk Gitar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: Masa Depan Multi Efek di Tangan Zoom G6

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: 5 PEDAL GITAR MURAH YANG PATUT DICOBA

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

ENYA HEXG, SMART AUDIO GUITAR PERTAMA DI DUNIA

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /