Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Mengenal Death Metal Lewat 5 Band Ini

Author : Admin Music

Article Date : 25/01/2022

Article Category : Super Buzz

Sebagai salah satu gelombang musik cadas, death metal merupakan salah satu genre yang cukup terkenal di seluruh dunia. Genre yang mulai berkembang di tahun 1980-an ini punya karakteristik permainan musik yang unik, bahkan bisa dibilang rumit. Hal ini didasari oleh permainan gitar yang down tune, ketukan drum yang terbilang janggal, serta variasi teknik growl dalam vokal. 

Meksipun dikenal dengan karakteristik permainannya, kehadiran ketukan drum dan variasi teknik growl tersebut hadir karena perkembangan para musisi death metal untuk menjadi pembeda daripada yang lain. Obituary merupakan salah satu band death metal yang muncul di awal perkembangannya. Teknik permainan gitar down tune death metal mulai semakin populer berkat kehadiran mereka. Namun, masih belum ada teknik drum blast beat yang cukup identik dengan death metal saat ini.

Perkembangan teknik drum pada death metal pun mulai berkembang ketika Suffocation dan Cannibal Corpse mulai mengimplementasi blast beat ke dalam karya mereka. Hingga saat ini, ketiga teknik nan rumit tersebut jadi karakteristik yang melekat di dalam karya death metal. Meskipun begitu, band death metal lainnya juga punya karakteristik sendiri yang tidak selalu mengaplikasikan pakem bermusik tersebut secara terus menerus.

Terkait komposisinya sendiri, karya-karya musik death metal terdengar lebih agresif. Komposisi gitar terdengar penuh dan menjadi melodi yang menyelimuti instrumentalisasi lainnya. Keharmonisan antara instrumen bisa dibilang jadi salah satu hal juga yang identik dengan permainan musik death metal. Dari banyaknya perkembangan yang ada pada death metal, genre musik cadas ini pun mulai memiliki sub genre di dalamnya.

Sub genre dari death metal ini yang cukup dikenal adalah technical death metal, melodic death metal, hingga brutal death metal. Ketiga sub genre yang populer tersebut secara garis besar masih menghadirkan elemen yang mempopulerkan death metal. Namun dengan sedikit pengembangan atau modifikasi.

Bagi kalian yang ingin mencoba untuk mengenal lebih dalam dengan death metal, berikut adalah beberapa rekomendasi band untuk kalian dengarkan, Superfriends.

  1. Cannibal Corpse

    Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, Cannibal Corpse merupakan salah satu band death metal yang berhasil mempopulerkan genre tersebut dengan komposisi permainan yang khas. Oleh karena itu, karya-karya dari band death metal satu ini bisa jadi pilihan untuk kalian dengarkan. Terutama bagi yang ingin mencoba mengenal musik death metal secara luas.

    Karakteristik musik death metal dari Cannibal Corpse ini sudah mulai terbentuk semenjak pertama kali merek memperkenalkan album Eaten Back To Life di tahun 1990. Sepanjang kariernya hingga tahun 2021, karakteristik musik death metal yang diusung oleh Cannibal Corpse ini masih terusung dengan konsisten. Ciri khas yang terjaga dengan baik tersebut berhasil mempreservasi eksistensi Cannibal Corpse sebagai salah satu band death metal ikonis.

  2. Death

    Berbicara mengenai band yang masuk ke dalam gelombang pertama mempopulerkan death metal, Death adalah salah satu di antaranya aja. Beberapa pihak di industri musik dunia pun menilai bahwa album mereka, Scream Bloody Gore yang rilis pada tahun 1987 merupakan sebuah album death metal pertama yang diakui dunia.

    Sebagai salah satu band yang mempopulerkan death metal di gelombang pertama, Death cukup memiliki perjalanan karier yang pasang surut. Tercatat ada 2 periode yang membuat band death metal ini berhenti berkarya. Pertama adalah di tahun 1996 dan yang terakhir di tahun 2001. Keputusan Death untuk menutup karier mereka di tahun 2001 adalah sebagai bentuk penghormatan kepada Chuck Schuldiner, selaku pendiri Death yang tutup usia. Meskipun begitu, karya-karya Death masih jadi inspirasi di kalangan musisi death metal hingga saat ini. 

  3. Obituary

    Dikenal sebagai pencetus gelombang pertama dari death metal, karya-karya dari Obituary tidak bisa kalian lepaskan untuk memahami musik death metal secara mendalam. Selain itu, Obituary juga dinilai sebagai salah satu band yang sukses untuk tetap berkarya di ranah death metal hingga saat ini.

    Tercatat ada 10 album yang telah dirilis sepanjang karier band death metal asal AMerika Serikat satu ini. Karya terakhir mereka adalah album berjudul Obituary yang rilis pada tahun 2017 lalu. Hal tersebut membuktikan bahwa meskipun dipandang sebagai band death metal senior, Obituary masih punya semangat yang membara dalam berkarya di era modern dengan ikut serta mengembangkan karakteristik musik death metal ala mereka.

  4. DeadSquad

    Di Tanah Air sendiri, death metal juga merupakan genre yang cukup populer. Bahkan punya barisan massa yang kuat. Faktor tersebut salah satunya hadir berkat popularitas DeadSquad sebagai band death metal ikonis di Indonesia. Karya dari band death metal Indonesia satu ini juga sudah cukup dikenal di ranah mancanegara. 

    Di akhir tahun 2021 lalu, DeadSquad pun sempat membocorkan rencana terbarunya untuk mempersiapkan album baru dalam waktu dekat. Sambil menunggu hal baru yang ditawarkan oleh band death metal satu ini, tentu kalian bisa mendengarkan karya-karya terdahulu mereka sebagai rekomendasi lagu death metal referensi kalian, Superfriends.

  5. Carnivored

    Berasal dari Pamulang, Carnivored merupakan salah satu band death metal Indonesia yang cukup sering jadi buah bibir. Band death metal satu ini baru saja merilis sebuah album di tahun 2021 yang dianggap sebagai sebuah dobrakan baru di genre death metal. Album berjudul Labirin dari Carnivored punya komposisi permainan gitar poliritmik yang rumit namun terdengar cukup elegan.

Image courtesy of Cannibal Corpse

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Metal #Death Metal #Obituary #Carnivored #DEADSQUAD #Cannibal Corpse #Death #rekomendasi

0 Comments

Comment
Other Related Article
Don Broco Lepas Single Baru Fingernails dan Umumkan Konser

Don Broco Lepas Single Baru Fingernails . . . .

17 May 2022

Super Buzz

Rumpies, Grup Musik Beranggotakan 5 Diva Musik Legendaris

Rumpies, Grup Musik Beranggotakan 5 Diva . . . .

17 May 2022

Super Buzz

Ketahui Pengertian, Unsur-unsur, Cara Membaca Partitur

Ketahui Pengertian, Unsur-unsur, Cara Membaca Partitur . . . .

16 May 2022

Super Buzz

The Jansen Kembali dengan Album Ketiga, Banal Semakin Binal

The Jansen Kembali dengan Album Ketiga, . . . .

16 May 2022

Super Buzz

YUNGBLUD Kolabs dengan WILLOW di Single Baru Memories

YUNGBLUD Kolabs dengan WILLOW di Single . . . .

16 May 2022

Super Buzz

Arcade Fire Merilis Album Baru Bertajuk WE

Arcade Fire Merilis Album Baru Bertajuk WE

15 May 2022

Super Buzz

Malevolence Lepas Video Musik Baru Still Waters Run Deep

Malevolence Lepas Video Musik Baru Still . . . .

15 May 2022

Super Buzz

Fahem, Solois Asal Malang yang Tawarkan Pembeda di Lagunya

Fahem, Solois Asal Malang yang Tawarkan . . . .

15 May 2022

Super Buzz

Sachiko Mengemas Lagu dengan Mempelajari Emosi Diri Sendiri

Sachiko Mengemas Lagu dengan Mempelajari Emosi . . . .

14 May 2022

Super Buzz

Reality Club Gubah Puisi Fathia Izzati Jadi Lagu Cinta

Reality Club Gubah Puisi Fathia Izzati . . . .

14 May 2022

Super Buzz

1 /