Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

gunung tertinggi di Amerika Serikat

Author : Admin Adventure

Article Date : 14/10/2021

Article Category : Wilderness

Kalau ditanya di mana gunung tertinggi di Amerika Serikat, jawabannya udah pasti Denali. Gunung yang sebelumnya dikenal sebagai Gunung McKinley ini terletak di dekat pusat Pegunungan Alaska. Faktanya, sebagian besar gunung tertinggi di Amerika Serikat terletak di Alaska dan ditandai dengan puncak es dan lingkungan glasial.

Tapi, itu bukan berarti bahwa pegunungan lain di Amerika Serikat nggak memiliki beberapa puncak tinggi yang layak. Meskipun mungkin nggak terlalu mengesankan seperti Denali (6.190 mdpl), gunung tertinggi di 48 negara bagian, ada Gunung Whitney di California yang berdiri di ketinggian 4.421 meter.

Nggak hanya itu, masih ada gunung-gunung tertinggi di Amerika Serikat lainnya yang mesti lo kenali lebih dalam, Superfriends. Langsung aja cari tau selengkapnya!

1. Gunung Denali 

Image source: Peter_Nile/iStock.com

Dikenal sebagai Gunung McKinley (sebelum 2015), Denali juga telah melihat berbagai pengukuran sejak akhir 1800-an. Untuk meluruskan, tim ekspedisi survei tingkat lanjut berangkat pada tahun 2015 dengan peralatan GPS dan model geoid terbaru, menentukan ketinggian baru 6.190 meter, yang menjadi pengukuran paling diterima secara luas saat ini.

Denali terletak di dalam Denali Biosphere Reserve dan Taman Nasional di selatan tengah Alaska, di dalam bioma hutan boreal utara yang dikenal sebagai tempat tinggal seenggaknya 39 mamalia, termasuk beruang grizzly, serigala abu-abu, dan rusa. Menurut ringkasan pendakian gunung Taman Nasional, 732 pendaki dari AS dan 494 pendaki dari negara internasional mendapat izin mendaki Denali pada 2019.

2. Gunung Saint Elias 

Image source: shutterstock.com/Bruce Gardner

Gunung tertinggi kedua di AS ini berada pada ketinggian 5.488 meter di perbatasan Yukon dan Alaska di dalam Taman Nasional dan Cagar Alam Wrangell-St. Elias, Situs Warisan Dunia UNESCO yang diakui. Taman ini juga menjadi taman nasional terbesar di Amerika Serikat, mencakup lebih dari 13 juta hektar, ukuran yang sama dengan Taman Nasional Yellowstone, Taman Nasional Yosemite, dan gabungan negara Swiss.

Pendakian pertama di Gunung Saint Elias telah diselesaikan pada tahun 1897 oleh tim yang dipimpin Duke of Abruzzi, tetapi akhir-akhir ini, gunung ini banyak digunakan buat bermain ski, karena memiliki salah satu jalur ski terpanjang di dunia.

3. Gunung Foraker 

Image source: shutterstock.com/AlaskaHDV

Terletak di tengah Pegunungan Alaska, Gunung Foraker setinggi 5.303 meter menjadi puncak tertinggi ketiga di Amerika Serikat. Gunung ini pertama kali didaki pada Agustus 1934 dan namanya diberikan oleh mantan letnan AS dan senator AS dari Ohio, Joseph B Foraker.

Gunung yang dilindungi oleh Taman Nasional dan Cagar Alam Denali ini masih kurang terkenal dibanding tetangganya, Denali. Bahkan pada tahun 2019, baru ada empat perempuan yang mencoba mendaki Foraker. Selain itu, gunung ini juga menyediakan habitat penting bagi satwa liar dan tumbuhan di kawasan tersebut.

4. Gunung Bona 

Image source: en.wikipedia.org

Gunung Bona di Alaska timur membentang setinggi 5.005 meter dan merupakan bagian dari Pegunungan Saint Elias. Stratovolcano ini diyakini memiliki letusan gunung berapi terakhir pada 847 M dan sekarang menjadi rumah bagi hamparan gletser dan ladang es yang luas.

Gunung ini juga menyediakan sumber es yang penting bagi Gletser Klutlan, yang mengalir ke Wilayah Yukon Kanada, dan sistem Gletser Russell di dekatnya. Karena hampir seluruhnya tertutup es, pendakian di Gunung Bona pun masih jarang terjadi.

5. Gunung Blackburn 

Image source: en.wikipedia.org

Juga terletak di dalam Taman Nasional Wrangell-St. Elias di Alaska, Gunung Blackburn adalah puncak tertinggi kelima setinggi 4.995 meter di Amerika Serikat dan merupakan puncak tertinggi di Pegunungan Wrangell Alaska.

Pada tahun 1912, George Handy dan Dora Keen mendaki sisi timurnya, menyelesaikan pendakian bersejarah tanpa pemandu. Puncak timur gunung ini nggak melihat pendaki lain sampai hampir 70 tahun kemudian, ketika Gerry Roach melakukan pendakian kedua pada tahun 1977.

Karena gunung ini sangat dekat dengan Teluk Alaska, maka sering mengalami beberapa cuaca terburuk di Amerika Utara; kombinasi dari badai yang sering terjadi, kesulitan untuk diakses, dan lokasinya yang terpencil telah menghasilkan kurang dari 50 upaya puncak selama 30 tahun terakhir.

Nah, itu tadi beberapa gunung tertinggi di Amerika Serikat. Kira-kira kalau disuruh pilih satu buat didaki, lo mau mendaki yang mana, Superfriends?

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Beginner #Hiking #Extreme

Source:https://www.treehugger.com/tallest-mountains-in-the-united-states-5184962

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /