Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Sail GP

Author : Admin Adventure

Article Date : 17/09/2021

Article Category : Extreme Action

Kalau ajang balapan kendaraan yang ada di darat udah terlalu membosankan buat lo, mungkin lo tertarik buat mengenal SailGP, Superfriends. Balapan perahu layar satu ini bakal bikin lo tercengang, karena disebut ekstrem layaknya Formula 1.

Lo sendiri udah pernah dengar SailGP, belum? SailGP merupakan balapan yang memacu adrenalin ketika delapan tim saling berhadapan di tempat-tempat ikonik di seluruh dunia buat memperebutkan hadiah senilai $1 juta, Superfriends. Balapan ini dikenal dengan pembalap yang mengendarai kapalnya yang terbang dengan kecepatan menakutkan.

Kalau lo mendengar namanya, mungkin bakal teringat sama MotoGP, bukan? Berdasarkan Formula 1 atau MotoGP, seri baru ini mencoba untuk menghilangkan reputasi berlayar sebagai olahraga orang kaya yang kolot dan membosankan. Sebaliknya, ajang balapan ini justru mengejar audiens yang lebih muda menggunakan formula yang sama seperti olahraga ekstrem lainnya: cepat, eksplosif, berbahaya, dan juga disiarkan di televisi.

Lantas, seperti apa sih olahraga ekstrem balap perahu layar satu ini? Langsung aja nih simak ulasannya!

Cara Kerja Kejuaraan SailGP

Image source: sailgp.com

Kejuaraan SailGP terdiri dari delapan event, yang berlangsung di seluruh dunia sepanjang musim, dengan setiap event terdiri dari beberapa balapan. Event ini berlangsung selama dua hari, dengan enam balapan dijadwalkan buat setiap Sail Grand Prix; lima balapan armada dan The Final.

Lima balapan armada melibatkan delapan tim, dengan poin diberikan kepada masing-masing tim terkait dengan posisi finish mereka. Perlombaan SailGP masing-masing berlangsung sekitar 15 menit. Papan peringkat diatur setelah setiap balapan terpisah buat menentukan peringkat acara, berdasarkan berapa banyak poin yang udah diberikan setiap tim di setiap balapan.

Perlombaan terakhir dari setiap event SailGP adalah The Final – perlombaan di mana tiga tim dengan peringkat tertinggi di papan peringkat acara berhadapan buat dinobatkan sebagai juara acara. Kalau ada skor seri buat lolos ke Final, perahu bakal diberi peringkat dalam urutan tempat finish mereka di balapan terakhir.

Perlombaan terakhir di event terakhir musim ini adalah Grand Final – ini adalah perlombaan di mana tim dengan peringkat tertinggi di papan peringkat musim saling berhadapan buat dinobatkan sebagai juara SailGP dan memenangkan hadiah sebedar $1 juta, Superfriends.

Pada Agustus lalu, SailGP udah menyelesaikan seri keempat dari delapan event di Aarhus, Denmark, dengan juara tahun lalu yakni Australia, tetap berada di puncak klasemen seri. Tim lokal Denmark memenangkan balapan pertama.

Sistem Penilaian SailGP

Image source: sailgp.com

Sistem penilaian SailGP juga sangat sederhana, dengan poin diberikan buat balapan dan event yang keduanya bekerja buat memahkotai Juara SailGP.

Di setiap event SailGP, ada lima balapan armada sebelum final winner-takes-all menentukan juara acara tertentu. Papan peringkat acara menjumlahkan semua poin yang telah dicetak tim sepanjang acara, dengan tiga tim yang berada di peringkat tertinggi di akhir dari lima balapan armada yang memenuhi syarat buat The Final.

Poin diberikan kepada setiap tim berdasarkan posisi akhir mereka di masing-masing dari lima balapan. Jika berada di peringkat 1 maka poinnya 8, peringkat 2 poinnya 7, peringkat 3 poinnya 6, dan seterusnya hingga peringkat 8 dengan poin 1.

Poin yang dimenangkan di semua lima balapan dijumlahkan buat dipasang dalam papan peringkat acara, yang berarti kalau tim yang sama memenangkan semua lima balapan, mereka bakal mengakhiri dengan 40 poin.

Sedangkan skor dalam kejuaraan, setelah Final selesai, pemenangnya dinyatakan sebagai juara event. Tim ini diberikan 10 poin di Papan Peringkat Kejuaraan. Tempat kedua di The Final diberikan 9 poin di papan peringkat, dan tempat ketiga diberikan 8 poin.

Tim yang nggak lolos ke The Final kemudian diberikan poin terkait dengan peringkat mereka, tempat keempat diberikan 7 poin, kelima diberikan 6 poin, dan seterusnya.

Poin-poin ini ditambahkan bersamaan saat musim berjalan, jadi kalau tim yang sama memenangkan semua delapan event dalam satu musim, maka mereka mengakhiri musim dengan 80 poin di Papan Peringkat Kejuaraan. Dengan tim berperingkat tertinggi di akhir musim lolos ke Grand Final.

Pemenang Grand Final inilah yang dinobatkan sebagai juara SailGP Championship, dan perahu lain di Grand Final bakal dikasih peringkat di Season Championship sesuai dengan tempat finish mereka di Grand Final.

Gimana menurut lo, Superfriends? Balap perahu ekstrem satu ini ekstrem banget, kan?

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Extreme #Beginner #Wilderness #Trending

Source:https://sailgp.com/general/sailgp-overview/ https://robbreport.com/motors/marine/sailgp-extreme-sport-sailing-1234632063/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Extreme Action

Tentang Highlining, Olahraga Ekstrem yang Menantang Maut

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Tantangan Berat Gowes Sepeda dalam Kondisi Hujan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Atraksi Wisata Ekstrem yang Bisa Dilakukan di Wilayah Perairan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Tentang Zipline yang Populer di Kalangan Penggemar Olahraga Ekstrem

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Profil dan Cerita Tentang Chris Sharma Legenda Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

5 Makanan Paling Ekstrem di Dunia, Berani Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Mengenal Bushcraft, Aktivitas Outdoor yang Beda dengan Survival

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

5 Jalur Pendakian Gunung Salak Favorit Pendaki Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Info Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting, Pemula Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Penyebab Pendaki Tersesat Saat Naik Gunung, Perhatikan!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /