Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Wakeskating

Author : Admin Adventure

Article Date : 05/10/2021

Article Category : Extreme Action

Udah pernah dengar olahraga air Wakeskating? Kalau dari namanya, pasti mengingatkan lo dengan wakeboarding dan wakesurfing. Namun, olahraga air yang menantang ini relatif baru dan unik, Superfriends.

Salah satu cara terbaik buat mendefinisikan olahraga ini adalah dengan melihat kesamaannya dengan olahraga lain. Yup, kalau lo lihat lebih teliti, wakeskating seperti bermain skateboard di atas air. Olahraga yang sebenarnya udah ada sejak tahun 1980-an ini udah berkembang menjadi olahraga yang menarik perhatian banyak penggemar di seluruh dunia.

Latihannya pun didasarkan pada pengembangan kemampuan buat melakukan trik di papan, mirip dengan gaya skateboard jalanan. Buat melakukan ini, lo memerlukan papan yang disesuaikan dengan tubuh lo, yang seiring waktu telah ditingkatkan agar lebih bisa bermanuver.

Bisa dibilang, wakeskating merupakan kombinasi dari wakeboarding dan skateboarding. Banyak praktisinya yang berasal dari salah satu dari dua kategori tersebut sebagai hasil dari penguasaan keterampilan yang udah diperoleh dan memasuki disiplin baru.

Meski terlihat sama seperti wakeboarding, namun ada perbedaan utamanya yaitu penggunaan tali. Dalam wakeskating, tali tersebut nggak digunakan. Jadi pengendaranya harus mengembangkan keterampilan tambahan buat memegang papan.

Olahraga yang terus berkembang ini bahkan udah punya banyak penggemar di seluruh dunia, baik itu yang menekuninya secara profesional atau hanya sekadar buat bersenang-senang aja.

Lo penasaran mau nyobain juga? Tapi sebelumnya, lo harus pahami dulu beberapa elemen-elemen penting dalam wakeskating.

Apa yang dibutuhkan untuk Wakeskating?

Image source: euroweeklynews.com

Aksesori serta peralatan untuk latihan diperlukan buat kinerja, pelaksanaan, hingga keamanan yang baik di papan. Dan tentunya, papan inilah yang menjadi peralatan pertama dan terpenting.

Papan yang digunakan buat wakeskating biasanya terbuat dari kayu atau dari beberapa komposit ringan, permukaannya memiliki bahan anti slip, biasanya karet, yang berfungsi buat memberikan pegangan lebih. Ukuran papan sendiri bakal disesuaikan dengan berat pengendara dan bisa dibilang berada di antara skateboard dan wakeboard.

Papan wakeskate juga nggak punya tali, jadi pengendara nggak melekat padanya. Nah, buat meningkatkan daya rekat, harus menggunakan sepatu yang memungkinkan lo buat tetap menempel pada papan dan bisa melepasnya sesuka hati. Sepatunya pun bukan sepatu biasa, melainkan yang terbuat dari bahan anti air atau cepat kering, serta yang mencegah akumulasi air di bagian dalam.

Gimana cara memilih papan Wakeskate?

Image source: plymouthminn.blogspot.com

Dengan ukuran mulai dari 39” hingga 45” saat memilih papan, pengendara harus melihat bobot mereka dulu. Karena biasanya mereka udah punya keterampilan dan pengalaman, mereka pasti bisa memilih papan yang ngasih kebebasan bergerak atau stabilitas paling besar.

Desain dari papan wakeskate juga terus ditingkatkan, jadi model baru dengan fitur yang ditingkatkan bakal terus muncul di pasaran. Biasanya ada tiga model dasar:

Continuous rocker, yang terdiri dari permukaan melengkung yang halus, dan memungkinkan lo mengembangkan kecepatan tapi juga naik lebih tinggi.

Three-stage rocker, permukaannya memiliki tiga sudut yang memungkinkan lo buat memvariasikan ketinggian lepas landas dari air serta dampak saat jatuh, meluncur pun jadi lebih lancar.

Hybrid rocker, yang dihasilkan dari campuran dua sebelumnya dengan tepi lembut di beberapa bagian dan yang lebih menonjol di bagian lain. Komposisi ini membuatkan jadi lebih gampang buat mencapai trik dan menciptakan efek yang lebih besar.

Trik bermain Wakeskating

Image source: unsplash.com/@lime517

Di luar papan, yang menciptakan kesamaan terbesar antara wakeskate dan skateboard adalah trik atau manuver yang bisa dilakukan di papan.

Trik yang paling populer dan terkenal buat pengendara adalah: Backside Flip, Flip 360, atau Backside Spin dengan inspirasi yang jelas dari skateboard dan dengan tantangan berada di air lalu ditarik speedboat dengan kecepatan tinggi.

Manuver-manuver tersebut bisa meningkatkan kompleksitas seiring bertambahnya pengalaman. Kompleksitas sendiri diberikan oleh ketinggian lompatan, sudut papan, dan kecepatan.

Kalau lo nyari adrenalin murni, cara terbaik buat mengenal setiap teknik wakeskate adalah dengan mengambil papan dan mencobanya sebanyak yang diperlukan. Gimana, berani buat mencobanya, Superfriends?

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Beginner #Extreme

Source:https://www.simplewake.net/wakeboard/what-is-wakeskate-and-what-does-it-consist-of/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Extreme Action

Tentang Highlining, Olahraga Ekstrem yang Menantang Maut

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Tantangan Berat Gowes Sepeda dalam Kondisi Hujan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Atraksi Wisata Ekstrem yang Bisa Dilakukan di Wilayah Perairan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Tentang Zipline yang Populer di Kalangan Penggemar Olahraga Ekstrem

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Profil dan Cerita Tentang Chris Sharma Legenda Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

5 Makanan Paling Ekstrem di Dunia, Berani Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Mengenal Bushcraft, Aktivitas Outdoor yang Beda dengan Survival

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

5 Jalur Pendakian Gunung Salak Favorit Pendaki Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Info Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting, Pemula Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Penyebab Pendaki Tersesat Saat Naik Gunung, Perhatikan!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /