Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Menilik Sejarah dan Perkembangan Musik Country

Author : Admin Music

Article Date : 24/09/2021

Article Category : Super Buzz

Koboi, Amerika Serikat, harmonika, suara berat, jadi aspek yang kental dan paling umum diidentifikasikan dalam musik country. Namun, apa sejarah dan perkembangan yang menjadi latar belakang musik country bisa dikenal luas dan kental dengan unsur-unsur tadi.

Musik country adalah campuran dari unsur-unsur musik seperti blues, musik gereja seperti Southern Gospel, dan bentuk musik folk Amerika dari pegunungan Appalachia. . Akarnya yang dipopulerkan berasal dari Amerika Serikat Selatan dan Barat Daya pada awal 1920-an.

Penyebaran musik country nyatanya tidak lepas dari peran para imigran di awal abad 19. Diawali oleh kelompok-kelompok imigran yang berasal dari berbagai daerah di Eropa seperti Irlandia, Britannia, Jerman, hingga Spanyol. Kelompok imigran ini banyak tersebar di wilayah Texas, disana mereka menyatu dengan orang-orang mexico-amerika dan para penduduk asli Amerika Serikat.

Saat itu Texas dikenal sebagai wilayah yang terkenal dengan pada rumput yang subur. Kondisi itu membuat banyak penggembala ternak yang datang ke Texas. Ha, itu pula yang membuat Texas terkenal sebagai wilayah cowboy (koboi).

Baca juga: Steven Tyler: Musik Country Telah Mendarah Daging Sejak Lama

Namun, pada awal kemunculannya, musik country tidak lantas identik dengan koboi. Terdapat beberapa fase perkembangan musik country yang tercatat dalam sejarah. Setiap fase itu melahirkan generasi musik country masing-masing.

Tercatat rekaman musik country secara komersial pertama hadir pada 1922. Musik country semakin dikenal setelah John Carson dengan permainan biola ala countrynya pada albumnya yang berjudul “Little Log Cabin in The Land” yang diproduksi oleh Okeh Records pada 1923. Setelah itu banyak rekaman musik country lain seperti album 'Old Familiar Tunes' di 1924.

Tak ketinggalan juga dengan grup Carter Family yang selama 17 tahun berturut-turut sejak tahun 1927 merekam 300 lagu balada Old-time, lagu tradisional, musik country, dan hymne gospel yang merupakan peninggalan budaya dari amerika serikat bagian tenggara dan menjadi sejarah musik country di sana.

Di tahun 1930-1940-an sejarah musik country berlanjut, lagu-lagu country sering direkam dan kemudian menjadi populer berkat diputar di beberapa film hollywood. Bob Wills adalah salah satu musisi country yang bermain di film hollywood. Dia memainkan musik country yang sedikit dipadukan dengan musik jazz, dan dikenal dengan western swing.

Di tahun 1939-1945 sejarah musik country berkembang, musik country yang disebut country boogie muncul, lagu yang populer adalah “Freight Train Boogie” dari Delmore brothers. Lagu ini dianggap sebagai bagian dari evolusi musik country dan blues menuju terbentuknya Rockabilly.

Di pertengahan tahun 1950 sampai awal tahun 1960-an, sejarah musik country berlanjut sampai lahirnya irama yang dikenal dengan “Nashville Sound” mengubah musik country menjadi industri jutaan dollar, ini karena rama musik ini berasal dari industri rekaman nashville, Tennessee. 

Musisi country yang tergolong ke dalam genre nashville sound seperti Patsy Cline, Jim Reeves, Floyd Cramer dan kemudian Tammy Wynette serta Charlie Rich. Sejarah musik country berlanjut di tahun 1956, tahun ini bisa disebut dengan tahunnya rockabilly untuk musik country.

Seiring berkembangnya zaman dan industri musik, musik country pun melebur menjadi beberapa sub-genre seperti country pop. Tak cuma itu, ada pula sub-genre country rock.

Di era 1990an, musik country semakin berkembang dengan hadirnya musisi-musisi yang sukses secara global seperti Garth Brooks. Tak cuma musisi pria, musisi perempuan yang mengusung musik country juga turut punya andil memperluas ekspansi musik country. Di antaranya seperti Reba McEntire, Patty Loveless, Faith Hill, Martina McBride, Deana Carter, LeAnn Rimes, Mindy McCready, Lorrie Morgan, Shania Twain, dan Mary Chapin Carpenter.

Eksistensi musik country yang masih terus bertahan hingga kini, juga disebabkan oleh peran dari Taylor Swift sebagai musisi country tersukses di era 2000an akhir hingga 2010an. Swift pertama kali dikenal luas pada tahun 2006 ketika single debutnya, "Tim McGraw," dirilis ketika Swift baru berusia 16 tahun. Pada tahun 2006, Swift merilis album studio debut self-titled-nya, yang menghabiskan 275 minggu di Billboard 200, salah satu album studio terlama.

Musik country kini telah menyesuaikan dengan perkembangan zaman untuk terus eksis di industri musik. Para musisi yang bergerak di genre ini pun mafhum harus bisa beradaptasi.

Meski pakaian koboi, sepatu bot koboi, dan topi koboi terus menjadi mode bagi seniman country, musik country telah berkembang tanpa meninggalkan identitas asli mereka.

 

Image source: shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Pop #Country #taylor swift #garth brooks #musik country

0 Comments

Comment
Other Related Article
Bangkutaman Rilis Album Ketiga Setelah Penantian Lama

Bangkutaman Rilis Album Ketiga Setelah Penantian . . . .

15 October 2021

Super Buzz

Placebo Rilis Single Baru setelah 5 Tahun Lamanya

Placebo Rilis Single Baru setelah 5 Tahun Lamanya

15 October 2021

Super Buzz

5 Teknik Bernyanyi yang Bantu Jaga Vokal Tetap Prima

5 Teknik Bernyanyi yang Bantu Jaga . . . .

15 October 2021

Super Buzz

“Same Shoes, No Company” Lanjutan Langkah BAP Menyambut Album Baru

“Same Shoes, No Company” Lanjutan Langkah . . . .

14 October 2021

Super Buzz

Ada Paul Pogba di Panggung Burna Boy

Ada Paul Pogba di Panggung Burna Boy

14 October 2021

Super Buzz

Inilah 5 Lagu Rock yang Terinspirasi Film Horor

Inilah 5 Lagu Rock yang Terinspirasi Film Horor

14 October 2021

Super Buzz

Weird Genius Kembali Hadirkan Kolaborasi Internasional

Weird Genius Kembali Hadirkan Kolaborasi Internasional . . . .

13 October 2021

Super Buzz

Eddie Vedder Ungkap Penghormatan Lewat “Long Way”

Eddie Vedder Ungkap Penghormatan Lewat “Long . . . .

13 October 2021

Super Buzz

Ikuti Cara Belajar Kunci Gitar yang Mudah Ini!

Ikuti Cara Belajar Kunci Gitar yang Mudah Ini!

13 October 2021

Super Buzz

Ramengvrl Bungkam Komentar Negatif Soal Penampilan di Single ‘I’m Ugly’

Ramengvrl Bungkam Komentar Negatif Soal Penampilan . . . .

12 October 2021

Super Buzz

1 /