Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Suspension Bridge

Author : Admin Adventure

Article Date : 30/06/2022

Article Category : Places & Gears

Jembatan gantung Situ Gunung terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP), Sukabumi. Keberadaan Suspension Bridge ini pun menjadi viral dan makin populer berkat fotonya yang memukau di media sosial. 

Bahkan, jembatan ini digadang-gadang menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia, bahkan di Asia. Nah, sebelum mencobanya simak dulu hal-hal seru yang ada di Situ Gunung Suspension Bridge lewat ulasan berikut ini.

1. Memiliki panjang mencapai 250 meter dengan pijakan yang dibuat dari kayu besi

Image source: instagram.com/arieofficial_01

Situ Gunung memiliki panjang mencapai 250 meter dengan lebarnya 2 meter. Sedangkan, titik tertinggi dari tanah ke jembatan mencapai 161 meter. Untuk pijakannya, dibuat dari bahan kayu merbau dari Papua. 

Baca juga : Jembatan Paling Ekstrem di Dunia dengan Arsitektur yang Unik

Jenis kayu ini biasa juga disebut kayu besi karena sifatnya memang sangat keras dan berat. Kayu besi tahan sekali terhadap perubahan suhu dan kelembaban. Selain itu, kayu jenis ini pun tahan terhadap pengaruh air laut serta tidak mudah terkena rayap. Selain di Papua, kayu besi juga banyak ditemui di Maluku dan Kalimantan.

2. Perhatikan Do’s and Dont’s saat berada di atas jembatan

Image source: instagram.com/ali_imran_sa

Meskipun sudah terjamin keamanannya, namun lo tetap perlu memerhatikan beberapa hal jika ingin menaiki jembatan gantung ini. Simak arahan dari petugas yang berjaga di sekitar jembatan gantung dan jangan langgar aturannya jika lo ingin menyeberang jembatan dengan aman dan nyaman.

Dalam sekali penyeberangan hanya dibatasi untuk 40 orang saja. Jika sudah dilarang untuk menyeberang karena kapasitas sudah terpenuhi, jangan sampai hal tersebut gak diindahkan. Saat sudah berada di jembatan gantung pun lo gak boleh berlarian dan melompat-lompat.

Jalanlah dengan tenang dan santai sembari mengambil foto. Untuk anak yang berusia di bawah 9 tahun juga wajib didampingi oleh orang dewasa saat melintasi jembatan ini. Ada juga peraturan yang menyebut bahwa pengunjung dilarang untuk melempar benda apa pun ketika berada di jembatan, terutama sampah.

3. Terdapat beberapa atraksi menarik di sekitar jembatan gantung

Image source: instagram.com/reza_safutraa

Setelah selesai menyeberang jembatan, jalanlah sekitar 10 menit dan lo akan sampai di Curug Sawer yang sangat indah dan alami. Beberapa fasilitas pendukung telah tersedia di dekatnya, seperti toilet, mushola, dan kantin. 

Jika ingin berkemah pun bisa lo lakukan di area sekitar Curug Sawer lo, Superfriends. Gak hanya itu, di dekat Situ Gunung Suspension Bridge juga terdapat permainan flying fox, arum jeram, dan perahu.

4. Akses menuju Situ Gunung Suspension Bridge