Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Oki - @anakdolan: Cisadon Bogor Sebagai Ciri Khas Kopi Luwak Liar dan Singgahan Anak Motor Trail.

Author :

Article Date : 27/05/2019

Article Category : Expert Corner

Kata siapa hidup di Ibu kota gak bisa kemana-mana bro?  Ada nih sedikit cerita tentang perjalanan gue ke Cisadon. Indonesia punya satu tempat yang dikenal dengan sebutan kota hujan, inilah kota Bogor.

Memang dikenal memiliki curah hujan yang cukup tinggi dengan udara  yang dingin. Untuk kamu yang berada di sekitaran ibukota atau kota Jakarta dan ingin traveling namu terbatas dengan waktu yang singkat  kamu bisa menjadikan kota Bogor sebagai tempat destinasi explore wisata yang baik.

Seperti salah satu lokasi wisata alam paling the best yang pernah  saya kunjungi "Cisadon" Desa di antara bebukitan, yang merupakan bagian dari wilayah Bogor ini cocok buat kita liburan di akhir pekan  dan tidak jauh dari ibukota khususnya Jakarta. Cisadon bisa menjadi salah satu destinasi yang cocok untuk hiking atau motor trail.

Oki - @anakdolan: Cisadon Bogor Sebagai Ciri Khas Kopi Luwak Liar dan Singgahan Anak Motor Trail. credit: anakdolan's doc

Perjalanan ke cisadon kali ini gue berkesempatan bareng dengan komunitas motor trail, kampung yang terdiri dari 6 KK ini memang  menyuguhkan keindahan dan ketenangan alam, dan kampung Cisadon yang sulit diakses menggunakan kendaraan motor biasa atau mobil membuat desa ini hanya bisa dijangkau naik motor trail atau berjalan menuju  desa ini.

Sampai di Desa ini gue pun di suguhin dengan keindahan alam yang masih sejuk dan keramahan warga setempat. Gak hanya itu aja bro! setelah sampai di Desa ini dengan capeknya perjalanan menuju tempat  ini, gue langsung diajak mencicipi kopi luwak asli Cisadon yang terkenal dengan sebutan kopi luwak liar Cisadon dan di buat langsung oleh warga setempat.

Oki - @anakdolan: Cisadon Bogor Sebagai Ciri Khas Kopi Luwak Liar dan Singgahan Anak Motor Trail. credit: anakdolan's doc

Tidak pikir lama, gue sruput kopi ini dan kopi ini benar-benar enak layaknya kopi luwak yang di jual di kedai-kedai kopi shop ternama.

Awalnya gue sempat gak percaya, karena gue tahunya kopi itu sudah dalam bentuk bubuk, sedangkan rasa gue tidak mudah mengidentifikasi itu adalah kopi luwak yang sebenarnya atau bukan. Sampai akhirnya gue ditunjukan kopi yang masih green beans dan ternyata benar itu adalah kopi dari kotoran binatang luwak.

Oki - @anakdolan: Cisadon Bogor Sebagai Ciri Khas Kopi Luwak Liar dan Singgahan Anak Motor Trail. credit: anakdolan's doc

Kopi luwak liar yang di proses langsung dari petani kopi Cisadon ini berasal dari luwak liar yang memakan kopi-kopi terbaik di perkebunan kopi Cisadon. Kopi luwak liar  ini masih terbilang baru beberapa tahun yang lalu, awalnya feses luwak ini dianggap hama, karena kopi yang di feses akan tumbuh dan menjadi penggangu di sekitar pohon kopi dewasa.

Seletah banyak masukan dari para tamu (offroader) waktu itu, akhirnya ada salah satu petani pak farid dan Nurdin yang mencoba memproses kopi luwak ini untuk di buat kopi. Sistem proses nya masih tradisional. mereka menjemur kopi di alam bebas, lalu meng-sangrai menggunakan tungku kayu, sehingga kopi ini juga terkena aroma kayu bakar saat meng-sangrai. Tetapi rasa tradisional pedalaman kopi akan terasa di aroma kopi luwak liar Cisadon ini.

Oki - @anakdolan: Cisadon Bogor Sebagai Ciri Khas Kopi Luwak Liar dan Singgahan Anak Motor Trail. credit: anakdolan's doc

Nah gak hanya kopi luwak liar yang enak  dan pemandangan nya yang bagus, Cisadon adalah surganya para offroader motor trail dan pecinta kopi, karena di sini tersedia warung kopi kecil yang menjadi tempat singah atau makan ngopi dan istirahat nya para bikers trail sebelum melanjutkan ke jalur trail berikutnya.

Selain adrenalin yang terpacu untuk mencapai desa ini, juga kenikmatan kopi luwak asli yang dibuat secara alami dan kearifan lokal yang tidak ditemukan di kota-kota  besar. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang membutuhkan referensi tempat wisata keren yang gak jauh dari ibukota. Selamat mencoba ke sini ya bro!.

Nama Abrianto biasa dipangil (Oki) - Pemilik akun Instagram @anakdolan dan web : www.anakdolan.com

Hobi Traveling dan Photography atau  (Travel Journalism) Saya dilahirkan di Jombang Jawa Timur, tanggal 05 Oktober 1987. 13 tahun merantau di Jakarta sampai sekarang  dan sekarang berkerja di Perusahaan  swasta.

Suka traveling sudah dari 8 tahun yang lalu,  dan lebih menyukai perjalanan yang tak terduga atau Unexpected Journey. Mempunya cita –cita bisa keliling Indonesia untuk mengenal kembali SOSIAL dan BUDAYA Dan mengajar photography di plosok –plosok dan tempat baru #PhotographyMasukDESA.

Email anakdolan@gmailcom

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #eksplorasi-kopi #Extreme #solo-backpacker #solo-traveling #trail-bike

0 Comments

Comment
Other Related Article
KMPA GANESHA ITB: MENAPAKI DINDING TERJAL TINORING

KMPA GANESHA ITB: MENAPAKI DINDING TERJAL TINORING

01 November 2019

Expert Corner

Julian 'Jejelogy' Johan: Jenis-jenis Offroad di Indonesia

Julian 'Jejelogy' Johan: Jenis-jenis Offroad di . . . .

02 October 2019

Expert Corner

Satria Vijie: Bermain Skateboard di Luar Negeri, Mimpi yang Menjadi Kenyataan

Satria Vijie: Bermain Skateboard di Luar . . . .

19 September 2019

Expert Corner

Anak Dolan: Kuliner Extreme Kripik Belalang Goreng Khas Gunung Kidul

Anak Dolan: Kuliner Extreme Kripik Belalang . . . .

29 July 2019

Expert Corner

Janatan Ginting: Berlari Menjadi Gaya Hidup Sehat, Kenapa Ngga?

Janatan Ginting: Berlari Menjadi Gaya Hidup . . . .

22 July 2019

Expert Corner

Satria Vijie: Tak Pernah Terbayangkan Akan Bermain Skateboard di Atas Kapal Fery

Satria Vijie: Tak Pernah Terbayangkan Akan . . . .

15 July 2019

Expert Corner

Satria Vijie: Bermain Skateboard di Tempat Yang Tak Lazim Sangatlah Menegangkan

Satria Vijie: Bermain Skateboard di Tempat . . . .

31 May 2019

Expert Corner

Asteriska: PENGALAMAN DI TENGAH KONFLIK SAAT TRAVELLING

Asteriska: PENGALAMAN DI TENGAH KONFLIK SAAT . . . .

03 May 2019

Expert Corner

Janatan Ginting: Kenapa sih mendaki Gunung Argopuro?

Janatan Ginting: Kenapa sih mendaki Gunung . . . .

23 April 2019

Expert Corner

Asteriska: MAKNA HIDUP, MUSIK, DAN TRAVELLING

Asteriska: MAKNA HIDUP, MUSIK, DAN TRAVELLING

14 December 2018

Expert Corner

1 /