Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

pablo cikaso

Author :

Article Date : 13/03/2020

Article Category : Super Buzz

Kenal dengan Raka Suryakusumah? Mungkin tidak begitu banyak yang tahu nama itu, tapi beda kasusnya jika kita berbicara monikernya, Pablo Cikaso. Bagi mereka yang kerap bergelut dalam segitiga bermuda-nya shitposting lokal di jagad maya, atau yang sudah resmi menetap jadi warga(net) negara meme +62, pasti sudah tidak aneh dengan nama Pablo Cikaso.

Di internet, sosoknya sudah cukup tersohor; semi-artis, katakanlah. Berawal dari shitposting video-video humor, petualangan internetnya turun ke jalan musik, yang dikokohkan dengan akun YouTube Pablo Cikaso.

Ketimbang jualan narkoba seperti Pablo-nya Amerika Latin yang notorious itu, ia menjual--bahkan mengobral tawa: komedi via gubahan musik yang tidak terlalu memperdulikan batasan-batasan kaku. Uniknya, resep yang ia bawa ke dapur bukan sekedar humor saja, tapi musikalitas yang brilian, yang tidak patut dicandakan begitu saja. Itu, dan kearifan lokal yang membuatnya sangat relateable

Tapi, apa boleh buat? Mau dibecandakan? Tidak ada salahnya juga. Dalam musik Pablo Cikaso, "lucu" dan "keren" itu beda tipis; atau bahkan, berlaku sejajar dan menjadi satu kesatuan yang kompak.

Lagi pula, ini Pablo Cikaso. Mengutip artikel Linimasa.com, penulis Roysayur sempat mewawancarainya seputar nama itu. "Pablo? Saya menyukai pelukis abstrak itu. Terkadang dia ekspresionis, juga surealis, tapi kita lebih mengenalnya dengan aliran kubisme. Cikaso? Karena saya dulu ngekos di sana," jawabnya. Cukup menggambarkan, bukan?

Untuk itu, SUPERMUSIC sudah menyiapkan lima essentials mix karya Pablo Cikaso. Musiknya beredar di radar vaporwave; menggocek dengan disko, city pop, lo-fi, dan lain sebagainya. Targetnya? Bisa apa saja. Selami tanpa ekspektasi biar bisa merasakan the full "Pablo Cikaso" experience!

1. "Hoo Heyyaa He (Uchill)" Tame Impala x Tuyul dan Mba Yul Remix

"What if Kevin (Parker) was Punjabi?" tulis deskripsi video lagu ini di YouTube. Mau dikatakan apa lagi? Lagu ini jadi pembuka yang tepat untuk meruntut essentials mix Pablo Cikaso, dan pertanyaan yang dia lontarkan itu jadi pembadanan diksi yang paling pas mengemas lagu ini. Hati-hati ngavvavvang; tapi jangan panik, karena Mba Yuli siap menolong (?).

2."Bersandar [Pop Kota 1989]"

Menurut kami, White Shoes and the Couples Company masuk kategori "band yang paling susah dibenci" dalam kancah musik lokal. Bagaimana tidak? Musik bernuansa lawas, mendayu halus dan silir menyejuk, lengkap dengan lirik puitis, dan para personel yang piawai dalam tiap instrumennya. Mudahnya, "Bersandar" jadi contoh yang baik untuk menjelaskan musik mereka. Tapi ditelinga Pablo, lebih baik lagi kalau disentil dengan kocokan disco gemerlap neon Tokyo 80-an. Jadinya? Sama-sama mampu bikin nyender.

3."Konservatif" (Pablo Cikaso 80's Version)

Siapa pahlawan indie kalian? Banyak yang akan langsung bilang The Adams. Wajar, mereka memang sehebat itu. Mungkin itu juga yang ada dibenak Pablo Cikaso kala menggarap salah satu lagu timeless dari unit power pop asal Jakarta ini. "Konservatif" yang berunsur progresivitas french disco/house ala Daft Punk, adalah "Konservatif" yang keluar dari oven nostalgia Pablo Cikaso. Tidak percaya? Dengarkan sendiri: Colorful, cheerful, dan tentunya, jadul.

4."Drive Safe" (Disko 1980)

Tanpa perlu tahu Pablo Cikaso, mungkin kalian sudah tahu remix lagu ini. Track dari rapper kelahiran Indonesia, Rich Brian ini didaur ulang oleh Pablo dan berhasil viral. Sekarang, ia menjadi unggahan dengan views terbanyak di akun YouTube-nya. DNA orkes disko ala The Salsoul Orchestra yang ada di outro versi aslinya, yang hadir dari strings section yang sedap, diangkat oleh Pablo lalu ditebar merata meliputi keutuhan durasi remix-nya. Hasil akhir? Drive Fresh!

5."Matahari Menyinari" [OST. Crayon Sinchan]

Menutup daftar ini, layaknya kita menginjak rem. Sit back and relax selagi menikmati kedamaian masa kecil yang hadir dari mendengarkan lagu Sinchan yang ikonik. Pablo menyulap lagu "hari minggu pagi" ini menjadi sebuah nomor ambient elektronik yang sejuk dan mendamaikan hati. "Semacam musiknya Isao Tomita," katanya di Linimasa.com. Jangan iri sama monyet yang ada di klipnya, ya.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#pablo cikaso #Remix #meme #the adams #rich brian #Tame Impala #white shoes and the couples company #Indonesia #produser #raka suryakusumah

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /