Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

tips road trip Jakarta-Jogja

Author : Admin Adventure

Article Date : 23/01/2022

Article Category : Tips

Tips Jakarta-Jogja ini tentu wajib banget lo pahami sebelum tancap gas, Superfriends. Pasalnya, ada banyak banget yang harus dipersiapkan dan diperhatikan untuk melakukan perjalanan dari Ibu Kota menuju Kota Sultan yang penuh dengan pesona!

Yup, hadirnya tol Trans-Jawa bisa dibilang memang berdampak pada meningkatnya animo masyarakat untuk melakukan perjalanan darat dengan kendaraan pribadi alias road trip. Dan, Yogyakarta tentu menjadi salah satu tujuan favorit warga Ibu Kota, karena punya banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi, Superfriends.

Apalagi di masa pandemi, kebanyakan orang lebih memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi karena khawatir akan keamanan dan kesehatan kalau menggunakan kendaraan umum. Meski ruas tol Trans-Jawa belum tersambung langsung ke Jogja, hal ini tentu nggak menyurutkan minat para traveler Ibu Kota untuk road trip ke Kota Gudeg.

Tapi sebelum berangkat sebaiknya simak dulu beberapa tips road trip Jakarta-Jogja berikut ini ya, Superfriends!

Pastikan kendaraan dan fisik dalam keadaan prima

Image source: unsplash.com/@natalie_rhea

Sebelum melakukan road trip, cek selalu kondisi mesin dan ban kendaraan Lo. Pastikan kendaraan dalam keadaan prima untuk menempuh jarak yang jauh. Selain itu, pastikan juga kondisi fisik Lo sehat dan bugar supaya kuat berkendara ratusan kilometer.

Agar perjalanan lebih lancar, sebaiknya isi penuh bahan bakar kendaraan Lo sebelum berangkat.

Berangkat di pagi hari

Image source: unsplash.com/@gagemed

Usahakan untuk memulai perjalanan di pagi hari agar Lo terhindar dari kemacetan. Apabila berangkat subuh, Lo berkesempatan menikmati pemlongan matahari terbit dan panorama yang indah di sepanjang jalan. Perjalanan siang hari juga memberi lebih banyak fleksibilitas dalam mengatur waktu untuk istirahat ataupun singgah di obyek-obyek wisata yang dilalui.

Istirahat Minimal Setiap Interval 3 jam

Image source: unsplash.com/@natalie_rhea

Setelah berkendara selama sekitar 3 jam, berhentilah di tempat istirahat atau rest area selama 10 - 15 menit untuk meregangkan tubuh atau sekedar buang air. Terdapat beberapa titik rest area yang sebaiknya lo singgahi, Superfriends:

1. Rest Area KM 57 ruas tol Jakarta - Cikampek. Jika Lo melewati jalan tol layang Sheikh Mohammed Bin Zayed, kemungkinan Lo perlu berhenti di rest area ini untuk buang air kecil atau beristirahat sebentar. Rest Area ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, sehingga Lo dapat menyegarkan diri sebelum melanjutkan perjalanan.

2. Rest Area KM 164 B ruas tol Cikopo - Palimanan. Ruas tol yang sering disebut Cipali ini dikenal rawan kecelakaan karena medannya yang datar dan lurus. Agar Lo terhindar dari rasa kantuk, ada baiknya untuk beristirahat sebentar di rest area ini.

3. Rest Area Pendopo KM 456 A ruas tol Semarang - Solo. Perjalanan Lo ke Jogja hanya memerlukan waktu sekitar 1 - 2 jam. Namun, sempatkan waktu untuk singgah sejenak di tempat istirahat yang disebut sebagai rest area terbaik di Indonesia ini. Rest area ini terletak di kawasan Salatiga yang sejuk, sehingga sangat cocok disinggahi untuk makan siang atau bersantai sejenak. Di rest area ini, Lo juga dapat menyeberangi jalan tol lewat Sky Bridge.

4. Rest Area KM 260 B Brebes Heritage ruas tol Pejagan - Pemalang. Lo akan melewati rest area ini di perjalanan pulang ke Jakarta. Rest area ini merupakan bangunan bekas Pabrik Gula Banjaratma yang didirikan pada tahun 1908. Di sini, Lo dapat mengamati arsitektur pabrik yang dibangun dan beroperasi pada masa kolonial. Lo juga dapat mencicipi telur asin yang merupakan makanan khas Brebes, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Beginner #Extreme

Source:https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/mau-road-trip-dari-jakarta-ke-jogja-simak-tips-dan-itinerary-nya/110157

0 Comments

Comment
Other Related Article
franchise

Lebih Dekat dan Pahami Cara Kelola . . . .

16 May 2022

Tips

merintis bisnis

3 Ide Cari Modal Praktis buat Merintis Bisnis

15 May 2022

Tips

waktu penerbangan terbaik

Alasan Pagi Hari Menjadi Waktu Penerbangan Terbaik

14 May 2022

Tips

koper

4 Tips Memilih Koper yang Benar . . . .

14 May 2022

Tips

jet lag

Ternyata Ini Penyebab dan Cara Ampuh . . . .

13 May 2022

Tips

Gunung Nglanggeran

Tips Mendaki Gunung Nglanggeran Bagi Pemula, . . . .

12 May 2022

Tips

India

5 Tips Traveling di India Agar . . . .

12 May 2022

Tips

Mendaki gunung

Perhatikan, Hindari 5 Hal Ini Saat Mendaki Gunung!

12 May 2022

Tips

wakeboarding

5 Tips Wakeboarding Aman dan Menyenangkan . . . .

12 May 2022

Tips

Hiu

Hanya dengan Sendok Bisa Deteksi Keberadaan . . . .

12 May 2022

Tips

1 /