Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

pekerjaan pencinta alam

Author : Admin Adventure

Article Date : 04/08/2022

Article Category : Tips

Lo merasa sebagai pencinta alam sejati? Pernah berpikir mengubah hobi lo menjadi pundi-pundi rupiah. Caranya cari pekerjaan yang cocok untuk para pencinta alam. Lagipula ada masanya lo pensiun. Walaupun tak sepenuhnya berhenti, misalnya yang dulunya mendaki sebulan sekali lama-lama hanya setahun sekali.

Hal tersebut bisa karena sudah mulai padat aktivitas keseharian, dan masih banyak lagi. Lo sebetulnya bisa mengubah hobi pencinta alam menjadi ladang penghasilan. Pilih saja salah satu pekerjaan yang cocok bagi para pencinta alam di bawah ini.

●  Tour Guide

Image source: shutterstock.com/chameleonseye

Mau setiap hari traveling tapi juga sekaligus dapat penghasilan? Silahkan menjadi seorang tour guide atau pemandu wisata. Jika lo mendalami profesi ini secara lebih serius, percayalah dapat mendatangkan keuntungan besar. Apalagi kalau lo sudah naik tingkat menjadi pemandu wisata internasional. Bayarannya pakai dollar, bukan rupiah lagi.

Baca juga : Jangan Ngaku Pencinta Alam Kalau Gak Tahu 5 Istilah Camping Ini!

Jangan lo kira pekerjaan ini hanya bisa mendapatkan uang saja. Menjadi tour guide pun memberikan kesempatan lo untuk menjalin relasi lebih luas. Coba lo pikir saat bekerja sebagai tour guide otomatis lo bertemu dengan banyak orang bukan? Baik itu klien, vendor, bahkan warga sekitar tempat wisata.

●  Pemandu Gunung

Image source: shutterstock.com/Rawpixel

Sebetulnya jenis profesi ini juga tidak jauh beda dengan tour guide tadi. Walaupun di Indonesia masih cukup jarang orang mendalami pekerjaan ini. Rata-rata hanya pemandu gunung lokal yang sekaligus merangkap sebagai porter.

Padahal, porter dan pemandu gunung itu berbeda. Kalau pemandu gunung, orangnya harus paham tentang teknik-teknik khusus pendakian di medan medan gunung. Bukan hanya itu, seorang pemandu gunung perlu mempunyai wawasan tentang gunung sesuai keinginan klien.

●  Dive Master

Image source: unsplash.com/@malekbeeprod

Ada lagi kok pekerjaan yang cocok untuk para pencinta alam yaitu menjadi Dive Master. Nama lainnya adalah pemandu selam. Jika lo mau mendalami profesi ini ada hal-hal penting yang harus lo tahu. Lo perlu mengurus sertifikat instruktur yang tak mudah mendapatkannya. Bukan hanya butuh waktu saja, namun juga biaya yang tak sedikit.

Tapi hasilnya tentu akan sangat memuaskan. Lo bisa mencari dulu sekolah selam dengan rentang harga yang berbeda-beda. Pastikan sekolah selam yang lo pilih sudah mengantongi akreditasi PADI atau Profesional Association of Diving Instruction. Akreditasi lain yang bisa jadi bahan pertimbangan lo memilih sekolah selam yang tepat adalah dari POSSI atau Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia.

●  Konservasionis

Image source: shutterstock.com/Sunti

Apa lo suka berpetualang sekaligus belajar dan meneliti sesuatu? Lo bisa mendalami profesi sebagai seorang konservasionis. Tugas utama dari profesi ini adalah untuk melakukan konservasi, pelestarian, serta perlindungan fauna maupun flora.

Baca juga : Air Terjun Ini Dianggap Paling Berbahaya di Dunia, Ada Apa?

Biasanya, konservasionis akan bekerja di bawah naungan BKSDA Kementerian Lingkungan Hidup. Jika lo kurang suka bekerja di pemerintahan, silahkan coba melamar di organisasi bidang pelestarian alam seperti WWF, Greenpeace, dan masih banyak lagi. Syaratnya ilmu-ilmu seperti Biologi, Geografi, kehutanan harus lo pahami dengan baik.

●  Travel Journalist

Profesi lain adalah lo bisa jadi seorang jurnalis travel. Ini adalah jenis pekerjaan impian setiap orang. Bukan hanya mendapatkan jalan-jalan gratis, tapi lo juga akan menerima bayaran hingga tulisan lo bakal sangat populer.

Caranya sangat mudah, lo bisa memulainya dengan menulis blog tentang pengalaman atau kisah perjalanan ke suatu tempat. Rangkai kata-kata semenarik mungkin dan yang tak kalah penting adalah lo harus rajin datang ke tempat-tempat menarik.

Itu dia tadi beberapa pekerjaan yang cocok untuk para pencinta alam. Sudah adakah yang cukup menarik perhatian lo? Pelan-pelan rintis sedari muda, sehingga menjadi kebiasaan ke depannya.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Hiking #Beginner

Source:https://www.indosurvival.com/2019/09/pekerjaan-yang-cocok-untuk-pecinta-alam.html

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips

4 Tips Sukses Merintis Bisnis Coffee Shop di Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Tentang Rules of 3, Prinsip Dasar Bertahan Hidup di Alam Bebas

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Cara Membuat Api Tanpa Korek Api

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Rekomendasi Oleh-Oleh Bukan Makanan yang Khas dari Jepang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Larangan yang Wajib Lo Tahu Saat Menginap di Hotel

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Hindari Kesalahan Ini Saat Pertama Kali Camping Ya, Superfriends!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Tips Memilih Celana Mendaki yang Bagus, Gak Boleh Asal!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Cara Membuat Tenda Darurat dengan Jas Hujan Jenis Poncho Paling Mudah

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Panduan Anti Bingung Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Teknik Menentukan Arah Tanpa Kompas Paling Efektif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /