Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

hutan bawah laut

Author : Admin Adventure

Article Date : 16/10/2021

Article Category : Wilderness

Kalau biasanya lo bisa melihat hutan yang berada di daratan, lo juga bisa melihat hutan yang ada di bawah laut, Superfriends. Ternyata, hutan bawah laut bisa ditemukan di seluruh dunia. Istilah ini sendiri mencakup beberapa jenis hutan, tapi umumnya menggambarkan hutan dengan sisa-sisa pohon yang udah tenggelam karena naiknya permukaan laut dan dilestarikan karena suhu air yang dingin.

Jenis hutan ini sering terbentuk ketika bendungan didirikan di sungai, yang menyebabkan air kembali ke atas dan membuat danau di atas hutan yang udah terbentuk. Tapi, nggak semua hutan bawah laut ini mati. Beberapa bahkan melibatkan pohon cemara atau bakau, yang memiliki akar khusus yang memungkinkan mereka menghirup udara dan bertahan hidup saat terendam.

Hutan bawah laut ini menjadi lokasi yang menarik apapun jenisnya. Hutan yang udah lama mati bisa jadi pelajaran sejarah yang berharga, sementara hutan yang masih hidup bisa mendukung satwa liar yang unik dan juga bermanfaat bagi lingkungan.

Mau menjelajahi hutan bawah laut, Superfriends? Sebelumnya, lo bisa melihat dulu gimana penampakan menakjubkan dari hutan bawah laut di seluruh dunia berikut ini.

1. The Underwater Forest (Alabama, AS)

Image source: pxhere.com

Hutan bawah laut kuno yang penuh dengan kehidupan air ini terletak di lepas pantai Alabama, Amerika Serikat. Para ilmuwan menemukan hutan cemara setinggi 18 meter di bawah air di Teluk Meksiko setelah gelombang raksasa yang dihasilkan dari Badai Ivan tahun 2004 mengungkapnya. Para peneliti percaya kalau hutan udah terkubur di bawah sedimen Teluk selama berabad-abad.

Di bawah permukaan, kehidupan air ini tumbuh subur. Ribuan pohon masih berakar di sana, menjadikannya habitat unik dan peluang mencari makan bagi hewan air, termasuk udang mantis, kepiting, anemone, dan sejumlah spesies ikan.

2. Great African Seaforest (Afrika Selatan)

Image source: seachangeproject.com

Hutan rumput laut yang rimbun ini pernah dipamerkan dalam film dokumenter Netflix yakni My Octopus Teacher, yang mengikuti seorang penyelam saat ia mengembangkan ikatan unik dengan gurita yang menyambutnya ke dunia bawah lautnya.

Great African Seaforest menjadi satu-satunya hutan rumput laut bambu raksasa di dunia. Lokasi ini membentang dari pantai Cape Town ke Namibia (jarak lebih dari 965 km) dan merupakan situs penemuan bukti arkeologi seni dan sains tertua. Di bawahnya terdapat kehidupan laut yang kaya, karena menjadi rumah bagi sekitar 14.000 spesies tumbuhan dan hewan yang berbeda.

3. Clear Lake (Oregon)

Image source: bendbranches.com

Aliran lava dari Pegunungan Cascade membendung Sungai McKenzie Oregon sekitar 3.000 tahun yang lalu, melestarikan hutan asli daerah itu dan menciptakan Clear Lake. Ketika para penjelajah yang mencari rute melintasi Pegunungan Cascade menemukan danau yang dingin dan jernih pada tahun 1859, mereka nggak menyadari bahwa seluruh ekosistem terletak tepat di bawah permukaan.

Danau yang berada di ketinggian lebih dari 914 meter ini memiliki suhu yang mendekati titik beku sepanjang tahun. Meski suhunya dingin, banyak penyelam yang datang ke Clear Lake di Hutan Nasional Willamette buat berenang melalui hutan cekung kuno yang menjadi rumah bagi berbagai tumbuhan dan hewan menarik.

4. Lake Kaindy (Kazakhstan)

Image source: adventurous-travels.com

Danau sepanjang 396 meter ini terletak sekitar 2.011 meter di atas permukaan laut di Taman Nasional Danau Kolsay, Kazakhstan. Gempa bumi Kebin 1911 memicu tanah longsor batu kapur besar, yang menyebabkan bendungan alami dan membentuk Danau Kaindy ini. Suhu air yang dingin membantunya melestarikan hutan di bawah permukaan.

Dengan warna air yang biru kehijauan cerah, tempat ini ditumbuhi batang-batang pohon yang tinggi dan tipis. Pohon-pohon dari spesies Picea schrenkiana, menjadi pohon cemara asli pegunungan Tien Shan dan biasanya disebut sebagai cemara Shrenk atau cemara Asia. Batang yang seperti tusuk gigi di atas permukaan air ini tampak tandus.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Wilderness #Beginner #Extreme

Source:https://www.treehugger.com/underwater-forests-around-the-world-5186543

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /