Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

pendaki Gunung Everest

Author : Admin Adventure

Article Date : 22/10/2021

Article Category : News

Puncak tertinggi di dunia ini memang terkenal sebagai gunung dengan jalur pendakian yang sangat sulit ditaklukan, Superfriends. Meskipun begitu, ada sejumlah pendaki yang punya rekor fantastis di Gunung Everest ini, lho. Berikut ulasan selengkapnya!

Para pendaki Gunung Everest pasti selalu bertambah banyak setiap tahunnya. Keinginan untuk mencapai puncak gunung tertinggi di dunia bisa dibilang menjadi mimpi bagi banyak orang dari berbagai penjuru bumi, Superfriends.

Ekstremnya jalur pendakian tentu nggak menyurutkan semangat para pendaki buat menjelajahi jalur menuju puncak paling tinggi di dunia ini. Bahkan, beberapa di antaranya sukses menorehkan rekor fantastis, lho.

Sebagai pemacu dan motivasi, lo bisa simak beberapa pendaki yang punya rekor fantastis di Gunung Everest berikut ini, Superfriends!

Tenzing Norgay dan Sir Edmund Hillary, Pendaki Pertama di Puncak Everest

Image source: PHOTOGRAPH BY AP

Pendaki yang punya rekor fantastis di Gunung Everest yang pertama yaitu siapa lagi kalau bukan Tenzing Norgay dan Edmund Hillary. Yup, kedua pendaki legendaris ini adalah dua orang manusia pertama yang berhasil menginjakkan kaki di puncak Everest, Superfriends.

Dalam istilah yang lebih umum, Tenzing Norgay dan Edmund Hillary disebut juga sebagai summiter first ascent Everest. Peristiwa pencapaian puncak Everest untuk yang pertamakalinya ini terjadi pada tahun 1953 bulan Mei tanggal 29.

Edmund Hillary dan Tenzing Norgay sendiri saat itu merupakan anggota ekspedisi Inggris yang diketuai oleh John Hunt. Peristiwa first ascent Everest oleh Norgay dan Hillary ini adalah salah satu peristiwa paling monumental dalam sejarah mountaineering dunia.

Willi Unsoeld dan Tom Hornbein, Pendaki Pertama Traversing di Everest

Image source: akasakaoutdoor.co.id

Gunung dengan tinggi hampir mencapai 9.000 meter ini, tentu benar-benar menjadi medan petualangan paling menantang di dunia, Superfriends. Ada cukup banyak jenis petualangan yang dilakukan dalam mendaki gunung Everest. 

Salah satu bentuk petualangan tersebut yaitu dengan cara traversing alias pendakian lintas. Pendakian traversing pertama di Everest terjadi pada tahun 1963 dan dilakukan oleh dua orang pendaki Amerika bernama Tom Hornbein dan Willi Unsoeld. 

Keduanya melakukan pendakian melalui sisi barat daya dan turun melalui jalur selatan. Ini adalah pendakian pertama yang terjadi di Everest dengan cara traversing, Superfriends.

Reinhold Messner dan Peter Habeler, Pendaki Pertama di Puncak Everest Tanpa Tabung Oksigen

Image source: akasakaoutdoor.co.id

Berdasarkan penelitian sekitar tahun 1970-an, puncak Everest hampir mustahil dipijak manusia biasa tanpa menggunakan tambahan oksigen melalui tabung yang dibawa oleh pendaki. 

Bahkan, dunia medis mengatakan bahwa nggak akan mungkin ada manusia yang bisa bertahan di atas ketinggian 8.000 meter tanpa tabung oksigen, lho. Akan tetapi, semua asumsi ini kemudian dipatahkan oleh Reinhold Messner dari Italia dan Peter Habeler dari Austria, Superfriends.

Pasalnya, mereka berhasil mencapai puncak gunung Everest tanpa menggunakan tabung oksigen pada tahun 1978. Bahkan beberapa tahun kemudian, Reinhold Messner menggandakan pencapaian itu dengan kembali mendaki Everest tanpa tabung oksigen secara solo hiking, lho.

Wang Fuzhou dan Tim, Pendaki Pertama di Puncak Everest Lewat Sisi Utara

Ada dua rute yang paling umum dalam pendakian gunung Everest, yakni rute utara melalui sisi Tibet dan rute selatan melalui sisi Nepal. Pendakian puncak yang dilakukan oleh Tenzing Norgay dan Edmund Hillary itu dari sisi Nepal. Nah, Wang Fuzhou dari China adalah pendaki yang kemudian mencapai puncak gunung tertinggi itu melalui sisi utara untuk yang pertama kalinya.

Kalau pendaki gunung Everest pertama asal Indonesia adalah Clara Sumarwati, maka Wang Fuzhou ini adalah pendaki pertama asal China yang mencapai puncak Everest. Menariknya adalah; bahwa rute yang digunakan oleh Clara Sumarwati dan timnya pada tahun 1996, merupakan rute yang dirintis oleh Wang Fuzhou dan ekspedisinya pada tahun 1960, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Hiking #Beginner #Extreme

Source:https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/10-pendaki-gunung-everest-dengan-rekor-sebagai-yang-pertama-di-dunia

0 Comments

Comment
Other Related Article
larangan minum air

Negara Melarang Keras Minum Air dari Alam Bebas

30 November 2021

News

Istilah camping

Jangan Ngaku Pencinta Alam Kalau Gak . . . .

27 November 2021

News

Tawangmangu

Tawangmangu Dijadikan Destinasi Wisata Kesehatan Indonesia . . . .

18 November 2021

News

negara bebas visa

Referensi Negara Bebas Visa Bagi Pemegang . . . .

17 November 2021

News

porter gunung

Sekilas Fakta Tentang Porter Gunung, Penyelamat . . . .

14 November 2021

News

Gunung Bromo

Gunung Bromo Dikabarkan Akan Buat Jembatan . . . .

14 November 2021

News

ekowisata

Masih Banyak yang Salah Kaprah, Ini . . . .

13 November 2021

News

perbedaan vila, cottage, dan bungalow

Ternyata Ini Perbedaan Vila, Cottage, dan . . . .

12 November 2021

News

golongan darah

Golongan Darah Ternyata Berpengaruh Pada Pilihan . . . .

10 November 2021

News

Gunung Merbabu

Mulai Uji Coba, Gunung Merbabu Buka . . . .

07 November 2021

News

1 /