Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Pengertian Musik Pop yang Terus Berkembang

Author : Admin Music

Article Date : 22/11/2021

Article Category : Super Buzz

Dalam perkembangan industri musik, kehadiran musik pop jadi salah satu pergerakan yang cukup besar. Dalam pengertian musik pop secara umum, genre musik ini tidak mengenal batas atau latar belakang pendengar. Sehingga musik pop bisa dengan mudah diterima oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun, apakah pengertian musik pop hanya sesederhana itu? Mari cari tahu lebih dalam terkait pengertian musik pop dan perkembangannya, terutama di Indonesia, Superfriends.

Beberapa pengamat musik meyakini bahwa pengertian musik pop dimulai dari perkembangan genre tersebut di kawasan Amerika Serikat dan Inggris pada pertengahan tahun 1950-an. Pada masa itu, pengertian musik pop dilihat dari berhasilnya sebuah karya masuk ke dalam daftar tangga lagu populer. Karya dari genre musik rock, soul, hingga R&B yang berhasil populer berkat menduduki posisi teratas dalam tangga lagu di negara masing-masing disebut dengan karya musik pop. Meskipun begitu, lambat laun pengertian musik pop pun berkembang dengan sendirinya. 

Pengertian musik pop

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam masa perkembangan awalnya bahkan hingga saat ini, pengertian musik pop secara komposisi musik masih meminjam elemen-elemen dari berbagai macam genre. Sebut saja elemen musik rock, urban, dance, latin, dan country bisa terdengar secara jelas maupun samar di dalam aransemen musik pop. 

David dan Stephen Millward pernah mengungkapkan sebuah definisi dari pengertian musik pop. menurut David dan Stephen Millward, pengertian musik pop perlu dibedakan dari istilah musik populer atau genre jazz dan juga folk. Selain itu, Menurut Pete Seeger, pengertian musik pop adalah musik profesional yang memiliki acuan pada musik rakyat dan juga memiliki kesinambungan terhadap seni. Dengan kata lain, perkembangan pengertian musik pop sendiri didasari oleh hal-hal yang tengah terjadi di masyarakat dalam suatu kawasan tersendiri. Bisa saja musik pop di Amerika Serikat punya karakteristik yang berbeda dengan pengertian musik pop di Brazil misalnya. 

Sejarah musik pop dunia

Dalam sejarahnya, pengertian musik pop dimulai dari berkembangnya musik ragtime di Amerika Serikat. Musik ragtime merupakan sebuah genre musik di Amerika Serikat yang dipengaruhi oleh campuran budaya dan tradisi dari Afrika, Amerika, serta sentuhan musik klasik dari Eropa. Karakter musik ini dapat terdengar dari perubahan tempo yang dinamis dalam sebuah karya lagu serta hadirnya sinkopasi yang menjadi jembatan dari perubahan tempo yang dinamis tersebut. Pengertian musik pop pun terus mengalami pengembangan dari waktu ke waktu. Perkembangan ini dibarengi dengan perkembangan teknologi yang membuat musik pop jadi mudah didengarkan oleh banyak orang.

Musik pop yang dinilai sebagai genre musik baru ini pun dianggap sebagai sebuah pergerakan untuk mendobrak batasan-batasan yang sebelumnya ada di dalam industri musik, Superfriends. Menurut beberapa pengamat musik, musisi yang berhasil membuat dobrakan dalam mengembangkan pengertian musik pop ini di antara lainnya datang dari daratan Eropa, yaitu The Beatles, The Rolling Stones, serta ABBA. Keberhasilan ketiga musisi tersebut dalam mendobrak dan mengubah pengertian musik pop pun dinilai berhasil karena karya-karya yang dilahirkan mampu bertahan dalam waktu yang lama hingga berganti zaman pun. 

Masuk ke era 1960-an, The Beatles yang masih aktif bermusik mulai berhasil menginspirasi berbagai macam musisi untuk mengaburkan batas-batas dalam bermusiknya. Di antaranya pun muncul pengertian musik pop berbeda dari musisi internasional lainnya, seperti kehadiran Frankie Avalon, Bob Dylan, Marvin Gaye, dan Aretha Franklin. Beberapa musisi tersebut tetap membuat karya berlandaskan akar musik yang mereka mengerti. Namun di perjalanannya, para musisi pop tersebut pun bisa mengombinasikan karakter musik yang mereka punya dengan berbagai elemen lainnya.

Pengertian musik pop dunia pun semakin berkembang pesat ketika memasuki era 70-an. Dalam era tersebut mulai bermunculan sejumlah musisi yang mencampurkan aliran pop dengan elemen musik disko dan juga rock. Musisi tersebut di antaranya adalah Earth Wind and Fire, Donna Summer, Elton John, Rod Stewart, serta Billy Joel. 

Pada tahun 1980-an, Michael Jackson dan Madonna muncul sebagai idola baru, bahkan kedua musisi tersebut berhasil menyabet predikat sebagai the king and queen of pop. pengertian musik pop yang dibawa oleh keduanya pun semakin memiliki elemen musik yang padu dengan menghadirkan kolaborasi karya bersama musisi dari genre lainnya. Pada pertengahan tahun 1990-an, genre musik pop punk muncul sebagai aliran baru yang menjembatani musik punk dan pop. pergerakan tersebut digawangi oleh Green Day, The Offspring, serta Blink 182. Di ranah musik yang lain, kehadiran musik pop pun mendapatkan kombinasi lainnya dengan R&B, melalui kehadiran Mariah Carey dan juga TLC.

Perkembangan musik pop Indonesia

Untuk perkembangan musik pop di Indonesia sendiri, pergerakan tersebut muncul ketika Koes Plus di era 1960-an hingga 1970-an. Salah satu band legendaris Tanah Air tersebut mulai mengadopsi berbagai elemen musik dunia untuk menghadirkan identitas baru dalam pengertian musik pop Indonesia. Koes Plus berhasil memberikan jembatan dari pengertian musik pop mancanegara dengan elemen musik tradisional khas Tanah Air yang lekat dengan elemen musik melayu dan juga keroncong. Karya-karya Koes Plus yang fenomenal, unik, dan mudah dicerna oleh pendengar secara nasional pun berhasil menyabet banyak penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kelompok musik paling berpengaruh di Indonesia. Setelah Koes Plus, pengertian musik pop Indonesia pun mengalami perkembangan yang cukup pesat juga. Perkembangan tersebut mulai terasa ketika Mercy’s, Panber’s, serta D’Lloyd muncul ke permukaan dengan karya-karya ikonis mereka. 

 

Image courtesy of sklyareek / Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Pop #musik pop #The Beatles #The Rolling Stones #perkembangan musik pop #pengertian musik pop

0 Comments

Comment
Other Related Article
Green Day Sumbang Lagu Baru untuk Film Komedi

Green Day Sumbang Lagu Baru untuk Film Komedi

05 December 2021

Super Buzz

Slipknot Rilis Single Pembuka Era Baru dalam Bermusik

Slipknot Rilis Single Pembuka Era Baru . . . .

05 December 2021

Super Buzz

Deretan Lagu untuk Ayah Terbaik, Bisa Didengar Saat Rindu

Deretan Lagu untuk Ayah Terbaik, Bisa . . . .

04 December 2021

Super Buzz

BAPAK, Proyek Khusus Eksplorasi Musik dan Eksperimentasi

BAPAK, Proyek Khusus Eksplorasi Musik dan . . . .

04 December 2021

Super Buzz

Silk Sonic Umumkan Album Baru An Evening With Silk Sonic

Silk Sonic Umumkan Album Baru An . . . .

04 December 2021

Super Buzz

Brandon Boyd Umumkan Single Solo Barunya, Pocket Knife

Brandon Boyd Umumkan Single Solo Barunya, . . . .

04 December 2021

Super Buzz

Single Ketiga Melodramatsi dari Sega Bodega

Single Ketiga Melodramatsi dari Sega Bodega

03 December 2021

Super Buzz

Sisi Lain Lorde Diungkap Lewat “Fallen Fruit”

Sisi Lain Lorde Diungkap Lewat “Fallen Fruit”

03 December 2021

Super Buzz

“Hilang Kendali”, Dark Pop Sinematis ala Riani Sovana

“Hilang Kendali”, Dark Pop Sinematis ala . . . .

03 December 2021

Super Buzz

alt-J Kembali dengan Single Baru yang Emosional, Get Better

alt-J Kembali dengan Single Baru yang . . . .

03 December 2021

Super Buzz

1 /