Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Pentingnya Paham Pengertian Artikulasi dalam Bernyanyi

Author : Admin Music

Article Date : 27/09/2021

Article Category : Super Buzz

Baik kalian yang kini tengah menjalani profesi sebagai penyanyi atau penikmat musik secara umum, pasti kalian sering mendengar kata “artikulasi”. Namun, kira-kira apa pengertian artikulasi itu? Selain itu, di antara kalian tentu memahami apa yang dimaksud dari pengertian artikulasi secara umum. Namun, apa bedanya dengan musik?

Bagi yang belum paham mengenai pengertian artikulasi, mari kenal apa itu artikulasi secara umum. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian artikulasi adalah metode pelafalan atau pengucapan kata yang terjadi melalui adanya perubahan rongga dan ruang yang di dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa. Bisa dibilang pengertian artikulasi ini adalah suatu teknik dalam memproduksi suara melalui mulut agar bisa terdengar secara jelas untuk pemahaman komunikasi.

Dalam pengertian artikulasi, dijelaskan juga bahwa area artikulasi ini meliputi bagian bibir hingga pita suara di tubuh manusia. Bagian bibir hingga pita suara tersebut berperan untuk memproduksi fonem dari getaran pita suara serta perubahan posisi lidah di dalam mulut. Jadi, artikulasi ini tidak sekadar penting bagi penyanyi saja. Untuk kalian yang suka berbicara di depan umum, artikulasi yang baik sangat dibutuhkan juga, Superfriends.

Untuk urusan bermusik, artikulasi sangat dibutuhkan agar para pendengar bisa mengetahui lirik atau cerita yang disampaikan oleh vokalis atau penyanyi. Perlu kalian pahami Superfriends, bahwa pengertian artikulasi yang baik bagi penyanyi tidak hanya datang dari kemampuan untuk dapat meraih nada tinggi atau memiliki teknik vokal yang di atas rata-rata saja. Aspek fisik bagi seorang penyanyi atau vokalis juga cukup memengaruhi kualitas artikulasi yang disampaikan.

Agar seorang penyanyi dapat memiliki pengertian artikulasi yang baik, postur tubuh jadi salah satu faktor yang cukup mendukung dan bermanfaat. Dalam bernyanyi, dianjurkan para penyanyai atau vokalis untuk selalu terbiasa dalam posisi badan yang tegap. Tegap bukan berarti berada dalam kondisi nervous, ya Superfriends. Tetap harus bisa merasa rileks. 

Berlatih artikulasi secara otodidak

Agar bisa memproduksi pengertian artikulasi yang jelas untuk disampaikan, kalian juga bisa membiasakan diri dengan cara latihan. Artikulasi yang baik cukup mendapatkan pengaruh dari keadaan fisik yang baik juga. Berikut adalah cara latihan artikulasi yang bisa kalian coba secara mandiri.

Jaga postur tubuh tegap

Sikap tegap yang baik ini bermanfaat untuk membantu sirkulasi udara di dalam tubuh. Sebagaimana yang kalian ketahui, bahwa baik bernyanyi maupun berbicara, mengeluarkan suara dalam pengertian artikulasi memerlukan sirkulasi udara yang baik pula. Dalam pengertian artikulasi, posisi tegap ini bisa dilakukan sebagai bagian latihan untuk memperjelas diksi saat bernyanyi. Saat melakukan latihan ini, pastikan kepala kalian berada dalam posisi tegak dengan pandangan mata lurus ke depan. Luruskan tulang punggung. Pastikan tidak bungkuk. Lalu busungkan dada serta perhatikan pijakan kaki yang mantap dan agak sedikit renggang lurus dengan bahu.

Perhatikan bentuk dan posisi mulut

Selanjutnya, dalam memaknai pengertian artikulasi dengan baik, penting bagi kalian untuk memerhatikan posisi mulut saat latihan. Saat bernyanyi atau berbicara, demi mendapatkan artikulasi yang jelas, pastikan posisi dan bentuk mulut harus terbuka secara tepat. Hal ini dibutuhkan agar udara bisa keluar masuk dengan mudah ke dalam dan dari rongga mulut. Proporsi udara yang sesuai akan membantu kalian dalam menghasilkan suara atau vokal yang lebih jernih dan jelas. Jangan paksakan untuk membentuk posisi mulut jika dirasa sulit. Lakukan secara perlahan dan biasakan untuk melakukan senam muka agar otot di sekitar muka lebih rileks dan mempermudah proses latihan kalian, Superfriends.

Vokalisis

Sebagai penyanyi atau vokalis, alangkah baiknya jika kalian melakukan latihan vokal dasar serta latihan artikulasi dalam waktu yang bersamaan. Dalam pengertian artikulasi, ada latihan vokalisis yang bisa kalian coba. Latihan vokalisis ini dilakukan agar kalian bisa membunyikan suara huruf menjadi huruf yang hidup dan jelas terdengar apa yang disampaikan. Seperti melafalkan A, I, U, E, O. Penting bagi seorang penyanyi atau vokalis untuk melakukan latihan vokalisis dalam meningkatkan pengertian artikulasi. Latihan ini bertujuan untuk membuat pelafalan atau pengucapan huruf vokal dan konsonan jadi lebih jelas dan merdu saat dinyanyikan. Tentu saja latihan ini juga perlu diikuti dengan latihan teknik vokal lainnya.

Lip trill

Lip trill secara umum merupakan salah satu teknik vokal yang memfokuskan pada bagian bibir dan pergerakan mulut kalian. Dengan bentuk bibir dan mulut yang lebih elastis, diharapkan juga akan membantu kalian untuk bisa mengeluarkan artikulasi dengan baik. Lip trill adalah teknik latihan vokal yang mengharuskan kalian menggetarkan bibir secara konstan. Tujuan utama dari teknik latihan vokal ini adalah agar mulut dapat menyesuaikan karakteristik suara yang dikeluarkan oleh pita suara, sehingga kalian bisa meminimalisasi adanya suara yang cempreng serta mengurangi risiko rusaknya pita suara akibat bernyanyi. Teknik latihan vokal ini akan mengajarkan kalian untuk menghasilkan suara dari bagian depan rongga mulut. Jadi, kalian bisa menjaga kesehatan pita saura dan menggunakannya secara lebih efisien. 

Untuk mempelajari teknik latihan vokal ini, pertama kalian perlu menarik napas panjang sembari menutup mulut. Lalu mulai getarkan bibir dengan cara membuang napas secara perlahan melalui celah-celah bibir. Mungkin dalam percobaan pertama kalian masih belum bisa menggetarkan bibir secara konstan. Namun, hal tersebut wajar terjadi. Latihan vokal dengan teknik ini memang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk melakukan latihan vokal satu ini secara rutin setiap hari. 

 

Image courtesy of Fotokita / Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#tips #pengertian artikulasi #artikulasi #artikulasi vokal #vokal #latihan vokal #olah vokal #penyanyi #vokalis

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /