Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Pentingnya Paham Pengertian Artikulasi dalam Bernyanyi

Author : Admin Music

Article Date : 27/09/2021

Article Category : Super Buzz

Baik kalian yang kini tengah menjalani profesi sebagai penyanyi atau penikmat musik secara umum, pasti kalian sering mendengar kata “artikulasi”. Namun, kira-kira apa pengertian artikulasi itu? Selain itu, di antara kalian tentu memahami apa yang dimaksud dari pengertian artikulasi secara umum. Namun, apa bedanya dengan musik?

Bagi yang belum paham mengenai pengertian artikulasi, mari kenal apa itu artikulasi secara umum. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian artikulasi adalah metode pelafalan atau pengucapan kata yang terjadi melalui adanya perubahan rongga dan ruang yang di dalam saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa. Bisa dibilang pengertian artikulasi ini adalah suatu teknik dalam memproduksi suara melalui mulut agar bisa terdengar secara jelas untuk pemahaman komunikasi.

Dalam pengertian artikulasi, dijelaskan juga bahwa area artikulasi ini meliputi bagian bibir hingga pita suara di tubuh manusia. Bagian bibir hingga pita suara tersebut berperan untuk memproduksi fonem dari getaran pita suara serta perubahan posisi lidah di dalam mulut. Jadi, artikulasi ini tidak sekadar penting bagi penyanyi saja. Untuk kalian yang suka berbicara di depan umum, artikulasi yang baik sangat dibutuhkan juga, Superfriends.

Untuk urusan bermusik, artikulasi sangat dibutuhkan agar para pendengar bisa mengetahui lirik atau cerita yang disampaikan oleh vokalis atau penyanyi. Perlu kalian pahami Superfriends, bahwa pengertian artikulasi yang baik bagi penyanyi tidak hanya datang dari kemampuan untuk dapat meraih nada tinggi atau memiliki teknik vokal yang di atas rata-rata saja. Aspek fisik bagi seorang penyanyi atau vokalis juga cukup memengaruhi kualitas artikulasi yang disampaikan.

Agar seorang penyanyi dapat memiliki pengertian artikulasi yang baik, postur tubuh jadi salah satu faktor yang cukup mendukung dan bermanfaat. Dalam bernyanyi, dianjurkan para penyanyai atau vokalis untuk selalu terbiasa dalam posisi badan yang tegap. Tegap bukan berarti berada dalam kondisi nervous, ya Superfriends. Tetap harus bisa merasa rileks. 

Berlatih artikulasi secara otodidak

Agar bisa memproduksi pengertian artikulasi yang jelas untuk disampaikan, kalian juga bisa membiasakan diri dengan cara latihan. Artikulasi yang baik cukup mendapatkan pengaruh dari keadaan fisik yang baik juga. Berikut adalah cara latihan artikulasi yang bisa kalian coba secara mandiri.

Jaga postur tubuh tegap

Sikap tegap yang baik ini bermanfaat untuk membantu sirkulasi udara di dalam tubuh. Sebagaimana yang kalian ketahui, bahwa baik bernyanyi maupun berbicara, mengeluarkan suara dalam pengertian artikulasi memerlukan sirkulasi udara yang baik pula. Dalam pengertian artikulasi, posisi tegap ini bisa dilakukan sebagai bagian latihan untuk memperjelas diksi saat bernyanyi. Saat melakukan latihan ini, pastikan kepala kalian berada dalam posisi tegak dengan pandangan mata lurus ke depan. Luruskan tulang punggung. Pastikan tidak bungkuk. Lalu busungkan dada serta perhatikan pijakan kaki yang mantap dan agak sedikit renggang lurus dengan bahu.

Perhatikan bentuk dan posisi mulut

Selanjutnya, dalam memaknai pengertian artikulasi dengan baik, penting bagi kalian untuk memerhatikan posisi mulut saat latihan. Saat bernyanyi atau berbicara, demi mendapatkan artikulasi yang jelas, pastikan posisi dan bentuk mulut harus terbuka secara tepat. Hal ini dibutuhkan agar udara bisa keluar masuk dengan mudah ke dalam dan dari rongga mulut. Proporsi udara yang sesuai akan membantu kalian dalam menghasilkan suara atau vokal yang lebih jernih dan jelas. Jangan paksakan untuk membentuk posisi mulut jika dirasa sulit. Lakukan secara perlahan dan biasakan untuk melakukan senam muka agar otot di sekitar muka lebih rileks dan mempermudah proses latihan kalian, Superfriends.

Vokalisis

Sebagai penyanyi atau vokalis, alangkah baiknya jika kalian melakukan latihan vokal dasar serta latihan artikulasi dalam waktu yang bersamaan. Dalam pengertian artikulasi, ada latihan vokalisis yang bisa kalian coba. Latihan vokalisis ini dilakukan agar kalian bisa membunyikan suara huruf menjadi huruf yang hidup dan jelas terdengar apa yang disampaikan. Seperti melafalkan A, I, U, E, O. Penting bagi seorang penyanyi atau vokalis untuk melakukan latihan vokalisis dalam meningkatkan pengertian artikulasi. Latihan ini bertujuan untuk membuat pelafalan atau pengucapan huruf vokal dan konsonan jadi lebih jelas dan merdu saat dinyanyikan. Tentu saja latihan ini juga perlu diikuti dengan latihan teknik vokal lainnya.

Lip trill

Lip trill secara umum merupakan salah satu teknik vokal yang memfokuskan pada bagian bibir dan pergerakan mulut kalian. Dengan bentuk bibir dan mulut yang lebih elastis, diharapkan juga akan membantu kalian untuk bisa mengeluarkan artikulasi dengan baik. Lip trill adalah teknik latihan vokal yang mengharuskan kalian menggetarkan bibir secara konstan. Tujuan utama dari teknik latihan vokal ini adalah agar mulut dapat menyesuaikan karakteristik suara yang dikeluarkan oleh pita suara, sehingga kalian bisa meminimalisasi adanya suara yang cempreng serta mengurangi risiko rusaknya pita suara akibat bernyanyi. Teknik latihan vokal ini akan mengajarkan kalian untuk menghasilkan suara dari bagian depan rongga mulut. Jadi, kalian bisa menjaga kesehatan pita saura dan menggunakannya secara lebih efisien. 

Untuk mempelajari teknik latihan vokal ini, pertama kalian perlu menarik napas panjang sembari menutup mulut. Lalu mulai getarkan bibir dengan cara membuang napas secara perlahan melalui celah-celah bibir. Mungkin dalam percobaan pertama kalian masih belum bisa menggetarkan bibir secara konstan. Namun, hal tersebut wajar terjadi. Latihan vokal dengan teknik ini memang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk melakukan latihan vokal satu ini secara rutin setiap hari. 

 

Image courtesy of Fotokita / Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#tips #pengertian artikulasi #artikulasi #artikulasi vokal #vokal #latihan vokal #olah vokal #penyanyi #vokalis

0 Comments

Comment
Other Related Article
Mr. Jarwo Lepas Single Kedua Rama dan Shinta untuk Album Solo

Mr. Jarwo Lepas Single Kedua Rama . . . .

22 October 2021

Super Buzz

Lagu Semangat dari Ranah Musik Rock untuk Playlist Harian

Lagu Semangat dari Ranah Musik Rock . . . .

22 October 2021

Super Buzz

One Ok Rock Rilis Film Dokumenter di Netflix ‘Flip a Coin’

One Ok Rock Rilis Film Dokumenter . . . .

22 October 2021

Super Buzz

Holy City Rollers Rilis Ulang Album Debut ‘First Chapter of Allordia’

Holy City Rollers Rilis Ulang Album . . . .

22 October 2021

Super Buzz

James Blake dan Tiga Rangkaian Penuh Makna

James Blake dan Tiga Rangkaian Penuh Makna

21 October 2021

Super Buzz

Cradle Of Filth Kembali Sebar Teror Lewat Single Baru

Cradle Of Filth Kembali Sebar Teror . . . .

21 October 2021

Super Buzz

Travis Scott Ungkap Pentingnya Komunikasi Lewat Album Baru

Travis Scott Ungkap Pentingnya Komunikasi Lewat . . . .

21 October 2021

Super Buzz

Band Bali, Milledenials, Merilis Debut EP '5 Stages of Doomed Romance'

Band Bali, Milledenials, Merilis Debut EP . . . .

20 October 2021

Super Buzz

Sambut Album Kesembilan, Biffy Clyro Rilis Lagu 'A Hunger In Your Hunt'

Sambut Album Kesembilan, Biffy Clyro Rilis . . . .

20 October 2021

Super Buzz

Kanye West Kenang Mendiang Ibunya di Video Klip 'Donda Chant'

Kanye West Kenang Mendiang Ibunya di . . . .

20 October 2021

Super Buzz

1 /