Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Bedanya Wall Climbing dengan Rock Climbing

Author :

Article Date : 07/08/2020

Article Category : Extreme Action

Dua olahraga extreme ini memang sama-sama membutuhkan kondisi fisik dan mental yang prima. Pasalnya, aktivitas wall climbing dan rock climbing pasti memerlukan tenaga yang tidak sedikit serta pengendalian emosi di dalam jiwa yang baik agar berhasil mencapai puncak atau tujuan dari kedua olahraga extreme ini, bro.

Wall climbing dan rock climbing sekilas memang terlihat hampir sama. Tapi, sebenarnya dua olahraga extreme ini sangatlah jelas berbeda. Apa saja perbedaannya? Berikut ini beberapa perbedaan wall climbing dan rock climbing yang harus lo ketahui, bro!

[readalso url=21789]

Medan yang Dipanjat

Image source: unsplash.com/@huchenme

Olahraga extreme rock climbing, atau yang juga dikenal dengan panjat tebing, menggunakan tebing bebatuan yang tinggi dan curam. Medan pemanjatan rock climbing ini berada di alam bebas dan terbentuk secara alami, bro.

Wajar saja, jika tingkat kesulitannya lebih tinggi. Sebab, medan rock climbing ini sangat sulit ditebak, sehingga lebih berbahaya dan perlu teknik khusus untuk menjalaninya. Bebatuan yang labil dan licin biasanya menjadi hambatan yang sering ditemukan para pemanjat tebing atau rock climber.

Beda halnya dengan wall climbing atau panjat dinding. Seperti namanya, wall climbing menggunakan dinding atau papan buatan sebagai medan tantangannya, bro. Papan atau dinding yang dipanjat ini dibuat dengan ketinggian tertentu dan dilengkapi dengan batu-batu penahan atau point sebagai landasan atau tumpuan untuk mencapai puncak tertinggi, bro.

Lokasi Tempat Pemanjatan

Image source:unsplash.com/@joncas89

Perbedaan yang sangat jelas yaitu terletak pada lokasi kedua jenis olahraga ini, bro. Dari segi tempat, olahraga extreme rock climbing ini lokasinya berada di luar ruangan atau outdoor, tepatnya di alam bebas dengan ketinggian dan kondisi alam tertentu. Biasanya, lokasi medan pemanjatan rock climbing memiliki tebing-tebing berkontur bebatuan dan cadas dengan berbagai tingkat kesulitan, bro.

Sedangkan, kalau wall climbing tempatnya bisa dilakukan di dalam dan luar ruangan. Lo bisa menemukan sarana wall climbing di kampus-kampus terdekat, lokasi olahraga, atau tempat-tempat khusus yang menyelenggarakan kegiatan olahraga wall climbing lainnya, bro.

[readalso url=22028]

Peralatan Memanjat

Image source: northernrocks.co.nz

Pada dasarnya, peralatan-peralatan yang digunakan wall climbing dan rock climbing hampir sama. Namun, yang membedakannya adalah peralatan keselamatan untuk rock climbing lebih banyak dan lebih detail. Pasalnya, medan pemanjatan rock climbing juga lebih berat dan sangat sulit ditebak, bro.

Perbedaan lainnya, saat melakukan wall climbing kedua tangan harus dilapisi dengan bubuk anti keringat berjenis magnesium klorida agar tidak basah dan lembap terkena keringat. Dengan kondisi tangan yang kering, lo bisa lebih fokus untuk sampai di puncak dinding.

Sedangkan untuk rock climbing, pemanjat tidak membutuhkan bubuk magnesium klorida melainkan harus menggunakan sarung tangan untuk menghindari luka akibat goresan-goresan tebing yang tajam dan curam, bro.

Persiapan Sebelum Memanjat

Image source: intergameonline.com

Wall climbing atau rock climbing memang membutuhkan stamina dan daya tahan otot tubuh yang kuat. Namun, dalam melakukan kedua olahraga extreme ini persiapan yang diperlukan sedikit berbeda.

Pelaksanaan wall climbing lebih praktis dan bisa dilakukan kapan saja. Yang paling penting, lo harus menyiapkan peralatan yang sesuai standar dan melakukan pemanasan terlebih dahulu, bro.

Sedangkan untuk rock climbing, pemanjat harus mempersiapkan berbagai peralatan dengan detail dan memastikan staminanya dengan sangat matang. Latihan fisik harus dilakukan minimal sebulan sebelum memanjat tebing.

Pendaki rock climbing juga harus melatih semua otot-otot tangan, lengan, punggung, paha, dan kaki, bro. Selain itu, keadaan cuaca dan alam sekitar tebing pendakian juga harus diperhitungkan sebelum memanjat tebing. Semua persiapan tersebut tentu saja agar pelaksanaan rock climbing bisa berjalan aman dan lancar.

So, itulah beberapa perbedaan wall climbing dan rock climbing yang harus lo ketahui. Tertarik untuk mencoba dua olahraga extreme ini? Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat berolahraga extreme ya, bro!

 

Referensi : https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-journal/lima-perbedaan-rock-climbing-dan-wall-climbing

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Extreme #solo-traveling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Extreme Action

Tentang Highlining, Olahraga Ekstrem yang Menantang Maut

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Tantangan Berat Gowes Sepeda dalam Kondisi Hujan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Atraksi Wisata Ekstrem yang Bisa Dilakukan di Wilayah Perairan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Tentang Zipline yang Populer di Kalangan Penggemar Olahraga Ekstrem

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Profil dan Cerita Tentang Chris Sharma Legenda Pendakian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

5 Makanan Paling Ekstrem di Dunia, Berani Coba?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Mengenal Bushcraft, Aktivitas Outdoor yang Beda dengan Survival

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

5 Jalur Pendakian Gunung Salak Favorit Pendaki Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Info Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting, Pemula Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Extreme Action

Penyebab Pendaki Tersesat Saat Naik Gunung, Perhatikan!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /