Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

pendaki

Author : Admin Adventure

Article Date : 07/08/2022

Article Category : Tips

Menyaksikan cahaya emas yang mengkilap dari pemandangan matahari terbit di puncak gunung tentu saja menjadi target utama para pendaki. Nggak heran, jika aktivitas mendaki saat ini menjadi sangat digemari oleh banyak orang.

Disamping itu, mendaki gunung ternyata membutuhkan persiapan fisik, mental dan beberapa perhatian khusus lho, Superfriends. Kalau lo masih baru mau mencoba aktivitas ekstrem ini, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal penting yang wajib diperhatikan pendaki pemula berikut ini!

Ajak Pendaki yang Berpengalaman

Image source: shutterstock.com/dodohawe

Hal penting yang wajib diperhatikan pendaki pemula yang pertama yaitu usahakan ajak pendaki yang berpengalaman. Sebab, lo pasti membutuhkan kehadiran seorang pendaki berpengalaman yang bisa membimbing selama pendakian, Superfriends.

Oleh karena itu, alih-alih melakukan pendakian secara mandiri atau berkelompok sesama pemula, lebih baik ikut serta dalam aktivitas pendakian bersama atau open trip. Dengan begitu, keselamatan lo selama pendakian bisa lebih terjamin, Superfriends.

Persiapkan dengan Matang Fisik dan Mental

Image source: shutterstock.com/vovchuk

Persiapan berikutnya yang perlu diperhatikan bagi pendaki pemula adalah fisik serta mental. Persiapan fisik dilakukan dengan melakukan olahraga sebelum keberangkatan. Lo bisa mencoba untuk membiasakan diri jogging di pagi hari secara rutin, seenggaknya 1 atau 2 bulan sebelum keberangkatan.

Sementara itu, persiapan mental juga nggak kalah penting dibandingkan persiapan fisik. Ketika berada di atas gunung, Lo harus siap menghadapi segala macam kondisi. Selain itu, perjalanan menuju puncak juga sangat berat. Dengan mental yang kuat, lo bisa meneguhkan hati untuk tetap melanjutkan perjalanan sampai ke puncak.

Survey Gunung yang Bakal Dijelajahi

Image source: pexels.com/@donatellotrisolino

Persiapan selanjutnya ketika ingin mendaki untuk pertama kalinya adalah mencari info sebanyak mungkin tentang gunung yang akan didatangi. Perlu diketahui, nggak semua gunung di Indonesia cocok untuk pendaki pemula. Apalagi, beberapa di antaranya memiliki jalur pendakian yang sangat terjal dan berbahaya.

Beberapa gunung dengan jalur pendakian ekstrem yang sebaiknya dihindari oleh pendaki pemula di antaranya adalah; Gunung Leuser, Gunung Raung, Puncak Carstensz, serta Gunung Kerinci. 

Sementara itu, gunung yang cukup ramah untuk pendaki pemula misalnya; Gunung Papandayan, Gunung Andong, Gunung Gede, Gunung Batur, Gunung Panderman, maupun Gunung Penanggungan.

Lengkapi Peralatan Mendaki

Image source: shutterstock.com/Nataliia Liubinetska

Hal penting yang wajib diperhatikan pendaki pemula selanjutnya yaitu lengkapilah peralatan mendaki lo dengan baik, Superfriends. Umumnya, perlengkapan ketika mendaki, terbagi menjadi dua, yaitu perlengkapan pribadi dan kelompok. 

Perlengkapan pribadi menjadi tanggung jawab masing-masing. Sementara itu, perlengkapan kelompok merupakan tanggung jawab bersama. Persiapkanlah semua perlengkapan ini biar rencana pendakian lo bisa berjalan mulus, Superfriends.

Ikuti Prosedur Resmi Mendaki Gunung

Saat mendaki gunung, maka lo wajib melalui jalur resmi dan memperoleh Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (simaksi) untuk mencegah sesuatu yang nggak diinginkan, Superfriends. 

Namun, hal yang terkadang terjadi di lapangan yaitu ada saja sekelompok pendaki yang nekat melakukan pendakian tanpa mendapatkan simaksi.

Alhasil, ketika terjadi suatu hal yang nggak diinginkan, pihak pengelola nggak bisa melakukan penanganan dengan cepat karena keterbatasan informasi, Superfriends. Selain itu, nggak semua gunung di Indonesia bisa bebas dijelajahi.

Pada beberapa jenis gunung, pihak pengelola sengaja memberlakukan sistem kuota. Ketika kuota tersebut terpenuhi, maka pengeluaran izin dihentikan. Ada juga pada momen-momen tertentu ketika pendakian ditutup secara penuh, baik terkait alasan keamanan atau upaya pelestarian ekosistem gunung, Superfriends.

Persiapkan Logistik Sesuai Kebutuhan

Persiapan logistik atau persediaan makanan selama di gunung juga nggak kalah pentingnya. Ketika mempersiapkan logistik, lo harus mempertimbangkan durasi pendakian serta jumlah rombongan. 

Mengenai pemilihan logistik, lo bisa mempertimbangkan untuk membawa makanan yang bisa langsung dikonsumsi. Namun, kalau ingin berkreasi, bisa pula membawa makanan mentah yang dapat dimasak di atas gunung.

Nah, itulah beberapa hal penting yang wajib diperhatikan pendaki pemula. Tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat mendaki gunung ya, Superfriends!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Beginner #Hiking #Extreme

Source:https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/7-hal-penting-yang-harus-dilakukan-oleh-para-pendaki-gunung-pemula

0 Comments