Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

Proses Pendewasaan Basboi di Album Debut ‘Adulting For Dummies’

Author : Admin Music

Article Date : 12/07/2021

Article Category : Super Buzz

Setelah hadir meramaikan industri musik Indonesia, Basboi akhirnya memiliki album debut. Album debut yang diberi tajuk Adulting For Dummies ini merupakan karya Basboi yang sudah digarap sejak tahun 2020.

Setelah merilis single demi single, video musik, dan berbagai proyek kolaborasi, Basboi kini semakin afdol sebagai seorang musisi dengan album perdananya. Album pertama Basboi ini merupakan catatan dari perjalanan hidupnya dalam proses menjadi dewasa, mencari jati diri, dan tujuannya.

Melalui Dominion Records, sang rapper melepas album Adulting For Dummies pada 18 Juni lalu. “Metode baru menikmati album musik. Buku panduan saya untuk diri saya yang bodoh. Semoga buku panduan ini dapat membantu dan bermanfaat,” kata Basboi di Instagram.

Album debut ini sekaligus menyusul EP pertama kali yang dilepas Basboi pada 2019 lalu bertajuk Fresh Graduate. Basboi menyebut penggarapan EP Fresh Graduate merupakan fase perkembangan menjadi rapper yang kemudian dituangkan lebih lanjut dalam album debutnya.

EP ini hadir setelah Basboi merampungkan kuliahnya di Bandung dan menjadi tanda bahwa dirinya siap menapakkan langkah baru dan angkat kaki ke Jakarta. Basboi meramunya sebagai wadah bagi cerita kesehariannya dalam mengemban pendidikan selama tahun terakhirnya.

Mulai dari menjiwai perasaan bebas yang hinggap di dalam dirinya, jatuh cinta dan patah hati, bersenang dengan teman-temannya, hingga rasa nyeri ketika sadar bahwa semua itu akan berakhir ketika lulus nantinya.

“Ketika saya merilis 'Fresh Graduate', saya masih seperti yang saya sebut sebagai 'fase pengembangan saya'. Saya masih mencari tahu karakter MC saya dan gaya rap saya dan keseluruhan EP pada dasarnya adalah mixtape. Satu-satunya tujuan saya saat itu adalah untuk membuat diri saya dikenal di luar sana. Ketika mengerjakan Adulting For Dummies, sata telah menemukan ingin menjadi rapper seperti apa yang saya inginkan," kata Basboi kepada NME.

‘Adulting For Dummies’ adalah album hip-hop dan rap dengan konsep naratif tunggal: “realitas masa dewasa". “Begitu saya bertambah tua, yang bisa saya lihat hanyalah kekurangan saya dan tidak ada yang lain,” jelasnya.

Selain hadir nomor-nomor baru, Adulting For Dummies juga menampilkan beberapa kolaborasi Basboi dengan sesama musisi Indonesia termasuk di antaranya A. Nayaka, Mouzect, Mohammed Kamga, dan Matter Mos. Album ini juga berisi versi remaster dari single 2020 'Make Me Proud' serta 'Happy Birthday'.

'Adulting For Dummies' menghadirkan satu single jagoan berjudul 'Bismillah'. Diketahui single ini terinspirasi dari musik gospel barat. Rilisan lengkap juga tiba setelah Basboi merilis 'Ching' untuk menandai bulan puasa Ramadhan. Konsep religi yang hadir dalam lagu Ching milik Basboi ini sebetulnya dikemas secara sederhana dan unik.

Baca juga: Basboi Resmi Merilis Single Religi Berjudul “Ching”

Kemasan atau konsep tersebut dipilih karena aspek visual yang disajikan pada video klip lagu Ching ini memang dekat dengan budaya masyarakat Indonesia di bulan Ramadhan. Basboi memasukkan parodi-parodi iklan khas di bulan puasa ke dalam video klip Ching ini untuk sedikit menghadirkan kesan ringan dari pesan yang coba diungkap dan dibawakan oleh Basboi pada liriknya.

Perjalanan karier Basboi di tahun 2021 ini cukup terbilang mengesankan. Ching merupakan single kedua yang dirilis Basboi untuk proyek solonya setelah merilis Come Over (I’m In Tresno) pada bulan Februari lalu. Sedangkan, untuk proyek kolaborasi, pada 14 Maret lalu, BAP atau Kareem Soenharjo mengumumkan bahwa dirinya baru saja merampungkan proyek kolaborasi bersama Basboi. Kolaborasi antara BAP dan rapper muda asal Medan yang kini menetap di Jakarta ini lahir dalam bentuk maxi single berjudul Songs To Begal To.

Awal tahun ini, ia juga tampil di lagu baru produser HNATA dan Justin Adijanto, 'Roller Coaster'. Kehadiran Basboi tentunya memberikan warna berbeda sekaligus memberikan cakupan pasar yang lebih luas bagi musik HNATA. Sebagai sahabat dan penggemar karya satu sama lain, HNATA merasa inilah saat yang tepat untuk berkolaborasi karena lagunya sendiri terasa membutuhkan vokal Basboi dan kemampuannya dalam menulis lirik bahasa Inggris-Indonesia yang sangat nyentrik. 

Adapun, Basboi memulai kariernya sebagai seorang rapper di Bandung. Di awal kariernya, Basboi merilis trek berjudul Cozy', 'Dying Breed', 'Night Drive' yang dilepas secara berkala antara 2017 dan 2018.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#basboi #Rap #rapper # rapper indonesia #Hip Hop #album debut # berita musik lokal

0 Comments

Comment
Other Related Article
Album Kedua Big Red Machine yang Kayak dengan Kolaborasi

Album Kedua Big Red Machine yang . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan Patah Hati

Lewat Album Debut, Gangga Ajak Merayakan . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik Indonesia

Doggyhouse Records: dari Shaggydog untuk Musik . . . .

22 September 2021

Super Buzz

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon Mono”

Luapkan Gelisah, Boston Manor Rilis “Carbon . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh Emosi untuk Album Keempat

Ed Sheeran Rilis Single Baru Penuh . . . .

21 September 2021

Super Buzz

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk Playlist Penyemangat

5 Lagu Terbaik Pemenang Grammy untuk . . . .

21 September 2021

Super Buzz

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo ‘Ngopi Dulu Lah’

Heruwa Vokalis Shaggydog Rilis Single Solo . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk Rayakan Album Debut Mereka

Dry Cleaning Lepas Double Single untuk . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan Band Indie Lokal

Lagu Sedih Indonesia dari Musisi dan . . . .

20 September 2021

Super Buzz

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

Jangar Tebar Penawar Rindu Lewat “Rijang”

19 September 2021

Super Buzz

1 /