Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Ramengvrl Bungkam Komentar Negatif Soal Penampilan di Single ‘I’m Ugly’

Author : Admin Music

Article Date : 12/10/2021

Article Category : Super Buzz

Materi terbaru dari Ramengvrl akhirnya hadir di 2021. Rapper Indonesia dan salah satu tokoh hip hop terkemuka di Asia Tenggara masa kini itu merilis single baru berjudul 'I'm Ugly'.

Hadir pada 10 September oleh Asiatic Records melalui Warner Music Asia, lagu ini hadir dengan nada yang catchy dan memiliki makna mendalam. "I'm Ugly" hadir dengan perpaduan sempurna gaya yang unik dan irama musik yang cukup mudah untuk diingat.

Melalui tembang barunya ini, Ramengvrl mencoba mengkritik tentang pandangan orang-orang. Ia mengangkat cerita tentang dirinya yang mendapatkan komentar tak enak menyoal penampilannya. Dengan kepercayaan diri dan segala talenta yang dimilikinya, Ramengvrl ini membuktikan bahwa dirinya bisa berkembang dan sukses.

Menurut Ramengvrl, lagu ini dibuat untuk mendiamkan orang-orang yang suka menjatuhkan dan mengatakan orang lain jelek atau tidak memenuhi standar masyarakat.

"Lagu ini tentang menutup mulut orang-orang yang suka menjatuhkan kita dengan mengatakan bahwa kita jelek atau tidak memenuhi standar (kecantikan) di masyarakat," ujarnya.

"Percayalah, jika kamu berhasil dan sukses melalui usahamu sendiri, maka kamu tidak jelek. Bahkan, saya lebih suka dibilang jelek sambil menenteng tas Prada daripada menjadi cantik tapi berhutang di sana-sini. Nggak banget. Lagu ini kupersembahkan untuk semua 'Ugly b*tches' di luar sana, yang mungkin tidak memenuhi standar 'kecantikan' masyarakat, tetapi percaya diri, dan terus berkarya hingga sukses," tegas sosok bernama asli Putri Estiani ini.

Ramengvrl juga menyertakan video musik untuk lagu barunya ini. Dalam video klipnya diperlihatkan proses panjang pengeditan kampanye kecantikan yang merusak mental. Video klip menggambarkan Ramengvrl yang mengubah dirinya secara signifikan demi bisa memenuhi 'standar' kecantikan yang diterima masyarakat. Video klip “I’m Ugly” dibintangi oleh banyak selebriti Asia yang membantu menghidupkan visi Ramengvrl.

Termasuk hadir di video klip itu rapper Korea Queen WA$ABII, rapper Thailand, Tsunari, dan artis elektronik Singapura, Jasmine Sokko. Video klip ini mengkritik obsesi yang tidak sehat demi mencapai standar kecantikan masyarakat yang dapat menyebabkan hilangnya identitas seseorang. Selain itu, obsesi tersebut juga dinilai memberikan tekanan jiwa demi mencapai penampilan yang sempurna dengan menjalani operasi ekstrem.

"Saya mengajak beberapa teman yang berpenampilan keren namun tetap memperlihatkan jati dirinya secara nyata, mereka memberikan kecantikan dan juga selera humor. Saya ingin orang mengerti bahwa jika ada yang mengatakan kamu jelek atau mereka mengomentari tubuhmu, wajahmu atau apa pun itu, abaikan mereka," jelas Ramengvrl.

"Karena lihatlah kami! Kami selalu menerima komentar-komentar tidak enak seperti itu tetapi pada kenyataannya kami terus menghasilkan uang, dan tetap keren. Ketika mendapat komentar seperti itu, kami cukup menertawakannya dan lanjut bersenang-senang. Standar kecantikan masyarakat itu tidak penting," ungkapnya.

Adapun, lagu baru Ramengvrl diproduseri oleh ROMderful (TOBi, Duckwrth, Jean Deaux), beatmaker asal Inggris yang kini tinggal di Korea. "I'm Ugly" hadir dengan paduan musik hip-hop ala Inggris, dengan nada piano yang suram dan efek synth intergalaksi dengan ketukan keras.

Sebelum merilis single 'I'm Ugly', Ramengvrl sebelumnya terlibat dalam beberapa proyek kolaborasi di 2021. Terbaru adalah kolaborasinya dengan dua penyanyi wanita Indonesia, Danilla dan Marion Jola.

Ketiganya melepas ingle berjudul 'Don't Touch Me' pada Juni lalu. Dalam kolaborasi lintas genre itu, mereka mengangkat tentang pemberdayaan perempuan (women empowerment) sekaligus mengangkat isu-isu ketimpangan gender yang membuat mereka merasa marah.

Sebagai tiga perempuan yang berkecimpung di dunia musik, mereka juga melancarkan kritik terhadap stereotip yang dilekatkan pada perempuan dalam lagunya.

"Coba saja dengarkan dan baca liriknya, mereka berbicara tentang women empowerment, suatu issue yang sangat dekat dengan kehidupan mereka bertiga sebagai perempuan. Ada tiga cerita kemarahan dari mereka masing-masing sebagai penegasan dari isi pesan yang ingin disampaikan," tulis keterangan pers mereka.

Sebelumnya, pada Februari lalu, Ramengvrl hadir dalam single penyanyi asal Thailand, Pyra, bersama dengan rapper asal Jepang, Yayoi Daimon. Ketiganya merilis single berjudul Yellow Fever. Pyra, Ramengvrl, dan Yayoi mengusung tema yang unik dengan menyoroti isu sosial berkenaan dengan masyarakat di Asia.

Baca juga: Fakta Menarik Ramengvrl, Rapper Indonesia yang Mendunia

Di lagu 'Yellow Fever', Ramengvrl, Pyra, dan Yayoi Daimon tampak mengekspresikan rasa muak terhadap stereotip yang kerap disematkan pada orang Asia, terutama kepada kalangan perempuan.

Tema seperti ini bukan hal baru bagi PYRA, ia dikenal sebagai musisi yang kerap menggunakan musimnya sebagai medium untuk mengkritik atau menyampaikan pesan seputar keadilan sosial, perubahan iklim, feminisme, hingga kesehatan mental.

Nah, melalui Yellow Fever ini, Pyra menyoroti peran gender konvensional yang hari ini sudah tak relevan, ketidaksetaraan ras, dan juga perampasan budaya. Melalui single ini, Pyra mengangkat para wanita Asia melalui kreativitasnya.

Sementara itu, meski baru melejit dan mulai semakin dikenal pada 2020, perjalanan Ramengvrl dalam bermusim ternyata sudah dimulai sejak jauh-jauh hari. Tepatnya pada 2013, ketika dirinya sedang mengalami stres akibat skripsi dan masalah personal.

Dari sederet masalah yang timbul, Ramengvrl menjadikan musik, khususnya rap, sebagai medium untuk mengekspresikan dirinya. Dalam wawancaranya kepada Vice Indonesia, Ramengvrl menjelaskan awal mula ketertarikannya terhadap dunia musik hip hop.

 

Image source: Instagram/Ramengvrl

ARTICLE TERKINI

Tags:

#ramengvrl #Rap #rapper # rapper indonesia #single baru #Hip Hop

0 Comments

Comment
Other Related Article
Mr. Jarwo Lepas Single Kedua Rama dan Shinta untuk Album Solo

Mr. Jarwo Lepas Single Kedua Rama . . . .

22 October 2021

Super Buzz

Lagu Semangat dari Ranah Musik Rock untuk Playlist Harian

Lagu Semangat dari Ranah Musik Rock . . . .

22 October 2021

Super Buzz

One Ok Rock Rilis Film Dokumenter di Netflix ‘Flip a Coin’

One Ok Rock Rilis Film Dokumenter . . . .

22 October 2021

Super Buzz

Holy City Rollers Rilis Ulang Album Debut ‘First Chapter of Allordia’

Holy City Rollers Rilis Ulang Album . . . .

22 October 2021

Super Buzz

James Blake dan Tiga Rangkaian Penuh Makna

James Blake dan Tiga Rangkaian Penuh Makna

21 October 2021

Super Buzz

Cradle Of Filth Kembali Sebar Teror Lewat Single Baru

Cradle Of Filth Kembali Sebar Teror . . . .

21 October 2021

Super Buzz

Travis Scott Ungkap Pentingnya Komunikasi Lewat Album Baru

Travis Scott Ungkap Pentingnya Komunikasi Lewat . . . .

21 October 2021

Super Buzz

Band Bali, Milledenials, Merilis Debut EP '5 Stages of Doomed Romance'

Band Bali, Milledenials, Merilis Debut EP . . . .

20 October 2021

Super Buzz

Sambut Album Kesembilan, Biffy Clyro Rilis Lagu 'A Hunger In Your Hunt'

Sambut Album Kesembilan, Biffy Clyro Rilis . . . .

20 October 2021

Super Buzz

Kanye West Kenang Mendiang Ibunya di Video Klip 'Donda Chant'

Kanye West Kenang Mendiang Ibunya di . . . .

20 October 2021

Super Buzz

1 /