Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Buku Musik Indonesia

Author :

Article Date : 14/05/2020

Article Category : Super Buzz

Di masa karantina seperti sekarang ini, tentu banyak di antara kalian yang terus berpikir bagaimana cara menghabiskan waktu agar tidak bosan berdiam di rumah saja. Beberapa kegiatan yang berhubungan dengan musik, seperti mendengarkan album-album favorit, memainkan alat musik, hingga menyaksikan penampilan band-band ternama di kanal-kanal streaming, tentu sudah dilakukan ya?

Nah, salah satu kegiatan yang juga tidak boleh terlewat adalah membaca. Selain sebagai salah satu ragam aktivitas agar pikiran tidak terlalu jenuh ketika banyak tekanan melanda di masa pandemi seperti ini, beberapa penelitian juga menampilkan fakta-fakta menarik tentang membaca buku.

Dalam salah satu penelitiannya, Yale School of Public Health mengatakan bahwa membaca buku dengan rajin setiap hari sangat penting di usia dewasa, karena dapat meningkatkan kekuatan otak. Jika dilakukan seumur hidup, keterampilan membaca dapat mendukung fungsi otak untuk tetap sehat.

Kemudian dalam sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh American Academy of Neurology, membaca buku mampu melatih daya ingat dan konsentrasi seseorang. Apabila dilakkan secara rutin, otak manusia distimulasi untuk terbiasa mengolah pikiran dan memori, serta fokus terhadap suatu hal selama kurun waktu tertentu.

Kali ini, SUPERMUSIC mencoba memberikan rekomendasi beberapa buku bagi kalian yang gemar membaca dan tertarik dengan berbagai hal yang terjadi di kancah musik dalam negeri. Check this out! 

1. Jurnalisme Musik dan Selingkar Wilayahnya (2018, Kepustakaan Populer Gramedia)

Sebuah penuturan panjang lebar tentang perkembangan jurnalisme musik di Indonesia. Penulis Idhar Resmadi mengulas perlahan mulai dari era Hindia-Belanda, hingga ke masa keruntuhan media-media cetak di periode tahun 2015-2018. Salah satu hal paling menarik dari buku ini adalah bagaimana penulis tidak mencoba memaksa pembacanya untuk melihat musik sebagai bisnis semata.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Alhamdulilah. Setelah buku pertama terbit pada tahun 2008 dan buku kedua terbit pada tahun 2013, akhirnya buku ketiga saya terbit juga di penghujung tahun 2018. Entah kenapa, kalau dihitung-hitung kayak siklus 5 tahunan. Saya tahu, ini harus diubah. Mudah-mudahan saya bisa lebih produktif membuat buku dalam 2 tahunan. Oh iya, akhirnya buku "Jurnalisme Musik dan Selingkar Wilayahnya" terbit juga. Isinya tentang banyak hal, tentu saja berkaitan dengan media dan jurnalisme. Buku ini hanya berupa pemikiran-pemikiran saya mengenai dunia yang telah saya hidupi lebih dari satu dekade ini. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih terutama kepada @penerbitkpg yang sudah mau menerbitkan buku "idealis" ini hahaha. Saya juga ingin berterima kasih kepada @1807____ sebagai editor, @kuyasunda yang menjadi ilustrator buat cover buku ini (Keren pisan kuy!), kemudian kepada @elevationrecs yang bersedia menulis kata pengantar. Dan tak lupa kepada panutan saya sekaligus suhu-suhu di bidang jurnalisme musik @adibhidayat @wenzrawk @ardyan_m.e @nuranwibisono @tghwcksn @wahyuacum @denny_ramdhan yang bersedia menulis endorsement untuk buku ini. Ini adalah sumbangsih saya pada pemikiran media dan jurnalisme. Btw, akan segera ada di Toko Buku Gramedia mulai Senin 17 Desember 2018. Yihaaa.. Semoga bermanfaat! #idharrez #idharresmadi #buku #writerslyfe #penulis #jurnalismemusik

A post shared by idhar resmadi (@idharrez) on

2. Kata Dochi - Sebuah Memori (2020, Bukune)

Kumpulan kisah menarik dari perjalanan hidup seorang Dochi Sadega. Pemain bas satu ini memang dikenal dengan lika-liku dalam karir bermusiknya bersama Pee Wee Gaskins. Buku ini memuat beragam fragmen, dari pemikiran-pemikiran unik hingga trivia yang belum banyak diketahui tentang Dochi Sadega.

3. MusikJakarta (2020, Binatang Press)

Kolaborasi Felix Dass dan John Navid menghasilkan sebuah karya literasi yang mendokumentasikan spirit dari para pejuang industri musik di kota Jakarta. Rangkaian wawancara panjang menggali sisi sentimentil dan prinsipil dari para subyek pilihannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Besok Sabtu, 29 Februari 2020, #JurnalMusikJakarta akan dirilis oleh @binatangpress. Kami didukung sepenuhnya oleh @aksarakemang. Ada banyak hal terjadi; besok ada diskusi buku yang dimoderatori oleh @aleantipony, pertunjukan musik bersama @iramapantaiselatan, @sisiliavirgana dan @cita__rum lalu ada eksebisi arsip belakang layar yang akan dipajang seminggu penuh di Aksara, hingga 8 Maret 2020. Buku karya saya dan @unclejohn ini isinya wawancara delapan orang musik di #Jakarta. Wawancara panjang yang kebanyakan menggali sisi prinsip subyeknya. Dirancang berkesinambungan. Yah, besok ditunggu kehadirannya di Aksara Kemang. Diskusi mulai 16.30. Pertunjukan mulai 18.30. Gratis. Oh, ada edisi eksklusif buku dan kaset mixtape yang saya buat khusus dan karya-karya baru dari delapan artis ciamik dari kota ini. Edisi buku dan kaset mixtape hanya tersedia 50 pcs.

A post shared by Felix Dass (@felixdass) on

4. The Jadugar: 15 Tahun Mengobrak-abrik Video Musik Indonesia (2020, Gramedia)

Duo Henry Foundation dan Anggun Priambodo sempat menjadi primadona lewat karya-karya visual yang mereka hasilkan. The Jadugar, kolektif pembuat video klip yang dirikan oleh keduanya, melahirkan banyak klip yang kemudian dikenang karena estetika, karakter serta pendekat yang eksploratif pula eksentrik. Buku ini akan menjadi kilas balik romantisme musik Indonesia pada medio 2000-an melalui kacamata The Jadugar.

5. Flip Da Skrip: Kumpulan Catatan Rap Nerd Dalam Satu Dekade (2018, Elevation Books)

Mengenal hip-hop melalui sudut pandang seseorang yang begitu gila terhadap apa yang dicintainya, music junkie yang selalu menyediakan tempat bagi musik untuk mengambil peran di berbagai fase hidupnya. Herry 'Ucok' Sutresna membagikan sederet catatan tenang musik hip-hop pilihannya dengan sangat detil. Tidak melulu yang favorit, ragam kekecewaan sampai sumpah serapah juga dimuat di sini.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#buku musik #buku musik indonesia #idhar resmadi #dochi sadega #felix dass #john navid #The Jadugar #ucok 'homicide'

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /