Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Retlehs Lepas EP Debutnya yang Penuh Amarah, Satyr’s Satire

Author : Admin Music

Article Date : 18/08/2022

Article Category : Super Buzz

Retlehs telah resmi memperkenalkan EP debutnya yang berjudul Satyr’s Satire pada akhir bulan Juli lalu. Untuk EP debutnya ini, Retlehs berada di dalam payung label rekaman Sinjitos Collective. EP Satyr’s Satire ini adalah bagian awal dari interpretasi Retlehs terhadap konsep klasifikasi dosa dalam ajaran Nasrani yang seringkali dijumpai di berbagai produk budaya pop yang lazim disebut “The 7 Deadly Sins” atau “7 Dosa Mematikan”.

Trio yang dihuni oleh Faizu Salihi (drum), Hariara ‘Hara’ Hosea (bass), dan Erlinda Anatasha (vokal) ini menampilkan banyak kemarahan di EP tersebut dengan pengaruh musik alternatif, shoegaze, dan youthful angst yang bermuatan lima buah trek. Kemarahan itu mereka perihatkan lewat single Blue, yang mewakili dosa atas hawa nafsu (lust).

Sejalan dengan itu, ada juga empat trek lain seperti St. Adella yang mewakili dosa atas iri hati (envy); Kaki dengan penggambaran dosa kesombongan (pride), termasuk juga Matahari yang merangkum cerita dari ketiga single tersebut. Khusus untuk single Matahari, Retlehs juga membawakan versi alternatifnya.

Dalam album mini tersebut, Retlehs menempatkan Blue sebagai focus track-nya. Single ini memuat amarah terhadap kasus kekerasan seksual terhadap anak di institusi keagamaan. Vokalis Anastasha, yang juga menulis lagu Blue ini mengatakan, “Blue mengambil inspirasi dari harrasment yang gue harus go through every single day sebagai cewek.”

EP debut Retlehs ini menginterpretasikan sosok mitologi Yunani, yaitu Satir. Sosok ini digambarkan lewat judul EP tersebut. Dalam mitologi Yunani, Satir adalah manusia setengah kambing sebagai penggambaran manusia yang sering bertingkah merugikan. Lewat EP debut beserta lagu-lagu di dalamnya, Retlehs mengungkapkan bahwa sifat-sifat binatang itulah yang tidak seharusnya dilakukan oleh manusia.

Dalam penggarapannya, Retlehs menyampaikan bahwa trio ini terinspirasi dari karya-karya musisi lain seperti Deftones, Muse, hingga Dave Grohl. Perjalanan trio ini juga masih berlanjut karena trio ini juga tengah mempersiapkan sebuah EP lagi di tahun depan sebagai tindak lanjut dari EP Satyr’s Satire. Simak materi-materi penuh amarah dari Retlehs berikut ini.

Retlehs sendiri terbentuk sejak April 2021. Sebagai grup, mereka telah membawakan deru sonik yang mengawang dan rapuh, berbekal sentuhan alternative indie rock yang solid. Menurut sang bassist, Hara, hal ini berbanding lurus dengan kecenderungan mereka yang selalu ingin menunjukkan kemarahan mereka dan tidak menyukai banyak hal. Mereka pun menyampaikan kemarahan itu dalam bentuk karya musik.

Musikalitas Retlehs dibangun dari para musisi yang berbeda latar belakang serta pengaruh musik. Namun, perbedaan itulah yang menjadikan musik Retlehs lebih tempramen dan kaya warna. Retlehs juga memiliki daya kejut yang jujur dan mereka kerucutkan pada lagu yang mereka ciptakan. Semua terangkum dalam album mini debut mereka tersebut, salah satunya bisa kalian simak di single berjudul Matahari, Superfriends.

Matahari sendiri merupakan perwujudan dari idealisme mereka. Lagu ini, buat mereka, mengandung energi kosmik dengan ritme drum bertenaga punk rock. Judul Matahari diambil dengan pemaknaan anomali bahwa matahari merupakan bintang terang yang menjadi sumber energi kehidupan demi menyinari cahaya kegelapan.

Di balik itu, secara lirik, lagu ini juga mengarah pada tendensi bunuh diri yang terus menggoda Hara sebagai penulisnya. manis pula bernaluri keterasingan campur paranoid. Matahari bicara tentang karma, masa lalu yang menghantui, dan usaha untuk memusnahkan rasa takut pada diri sendiri. Kolektif musik yang satu ini tak lantas berpuas diri. Kemarahan mereka terus bergulir hingga menghadirkan rilisan single berikutnya yang berjudul Kaki. Dua single itulah yang menjadi pondasi bagaimana EP debut Satyr’s Satire dibuat bersama Sinjitos Collective.

Bahkan sebelum single Matahari dan Kaki, Retlehs juga mengeluarkan lagu internal berdurasi 50 detik dengan warna musik hardcore. 

Retlehs berasal dari kata shelter yang diucap terbalik. Itulah kenapa kemudian ketiga anggotanya menjadikan band mereka seolah sebuah rumah atau ruang bernaung, tempat perlindungan, wadah bagi segala macam kegelisahan.

Image source: https://www.instagram.com/st.retlehs/

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Rock #Retlehs #Satyr’s Satire #Matahari #mini album baru #EP

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /