Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Rumpies, Grup Musik Beranggotakan 5 Diva Musik Legendaris

Author : Admin Music

Article Date : 17/05/2022

Article Category : Super Buzz

Indonesia memiliki sejumlah penyanyi perempuan berbakat yang namanya bahkan sudah tidak asing lagi. Terutama para penyanyi legendaris. Lalu, apa jadinya jika beberapa penyanyi perempuan legendaris ini bersatu menjadi sebuah grup musik? Tak perlu ragu lagi untuk mengatakan; “wow!”

Ya, belum lama ini, muncul kabar bahwa lima orang penyanyi perempuan legendaris Indonesia bersatu ke dalam sebuah grup musik bernama Rumpies. Diva-diva musik tanah air ini mengumumkan bergabungnya mereka ke dalam Rumpies pada 21 April 2022 lalu. Mereka adalah Vina Panduwinata, Trie Utami, Ita Purnamasari, Memes, dan Yuni Shara.

Setelah bergabung, tak perlu berlama-lama lagi, mereka langsung menetaskan sebuah single yang legendaris juga berjudul Sinaran. Seperti diketahui, Sinaran merupakan lagu pop yang cukup melegenda di Indonesia semenjak dipopulerkan oleh penyanyi pop Malaysia, Sheila Majid. Lagu ini dirilis pada tahun 1986 silam. Tetapi, kenapa mereka memilih lagu Sinaran sebagai lagu pembuka grup tersebut?

Mbak Iie, sapaan akrab Trie Utami, menuturkan, pilihan lagu tersebut berdasarkan rundingan para personel Rumpies. Kelimanya sepikiran untuk langsung memboyong lagu ciptaan Azlan Abu Hassan dan Johan Nawawi ini ke dapur rekaman. Vina atau Mama Ina, kata Iie, juga mengabarkan berita gembira ini ke Sheila Majid di negeri seberang.

“Itu rembukan ibu-ibu. Ya, namanya juga Rumpies jadi ini hasil rumpiannya, Sinaran lucu juga ya. Ini lagu kita jaman dulu,” ujar Iie, mengenai ihwal rencana lagu teranyar Rumpies.

Menariknya, Rumpies menggaet Laleilmanino sebagai produser musik di single ini. Trio produser musik dengan personil Anindyo Baskoro (RAN) serta Arya Aditya Ramadhya dan Ilman Ibrahim (Maliq & D’Essentials) dipandang sebagai grup musik tanah air lainnya yang cocok untuk menggarap single tersebut. 

Awalnnya Ilman merasa “terbebani” sekaligus tertantang dengan proyek baru yang disodorkan tersebut. “Sudah banyak orang mengenal lagu ini. Mulai dari awal lini bass sampai ketukan drumnya itu semua sudah seperti tertanam bahwa lagu tersebut adalah Sinaran. Jadi buat kami, lagu ini lumayan ‘beban’,” tuturnya.

Ilman menambahkan: “Salah satu hal yang bakal muncul ketika lagu ini dirilis nanti adalah banyak orang yang akan membandingkan dengan versi aslinya. Tapi, kami yakin bisa mengaransemen Sinaran untuk Rumpies dengan hasil yang baik.”

Menimbang hal yang cukup berat ini, penggarapan lagu Ini lantas menjadi ‘pekerjaan rumah’ yang cukup berat buat Laleilmanino selain juga lagu ini bakal diisi oleh suara-suara biduanita fenomenal tanah air. 

Siasat pun dibuat, Laleilmanino menyodorkan dua versi hasil aransemen mereka yang dikerjakan di Organic Records ini. Alhasil, Rumpies memilih aransemen Sinaran dengan tempo cepat. Mereka meyakini aransemen ini lebih segar sekaligus dapat mengajak pendengar untuk berdansa bersama tembang ini selain untuk bernostalgia.

“Kita bikin aransemen yang lebih modern, tapi tidak meninggalkan sisi vintage-nya. Kita ingin penikmat aransemen baru ini untuk berjoget dengan iringan ala disko klasik. Tak sekadar aransemen biasa, satu dua notasi baru ditambahkan untuk menyegarkan single ini sekaligus sebagai penanda ada Laleilmanino di sana. “Ini adalah new part karena kita butuh sesuatu yang fresh dan kemudian ditambahkan pada akhir lagu,” jelas Ilman.

Setelah mendengar hasil aransemen untuk lagu Sinaran versi baru yang lebih segar secara komplit, Trie Utami pun salut atas kerja keras Laleilmanino. Mbak Iie mengatakan, “Aransemen terasa lebih baru. Karena yang mengerjakan adalah anak-anak jaman sekarang, jadi mereka merepresentasikan ‘diskonya’ mereka. Saya percaya bahwa musik itu lintas generasi.”

Sinaran versi Rumpies, lanjut Iie, merupakan sebuah karya musik yang komplit. Meski telah 36 tahun berlalu sejak kali pertama lagu ini mengudara di berbagai radio maupun toko-toko kaset di Indonesia, Sinaran adalah contoh nyata bahwa sebuah karya mampu menembus batas usia. “Karya tidak dibatasi usia. Dunia tidak pernah mengatakan itu,” tegasnya.

Flashback sendikit, Sebagai nama grup, Rumpies sendiri sebetulnya sudah eksis sejak akhir era 1980-an dan awal 1990-an. Grup vokal perempuan ini dulu digawangi oleh empat orang penyanyi, yaitu Vina Panduwinata, Malyda, Trie Utami, dan Atiek CB. Grup ini awalnya memang didirikan hanya untuk intermezzo, namun nyatanya lagu mereka, Nurlela meledak menjadi hit single di tahun 1986 dan sukses menyabet BASF Award di tahun 1990 untuk kategori “Album Terlaris Pop Kreatif.”

Kini dengan formasi baru, Sinaran adalah single ketiga dari grup vokal Rumpies. Sebelumnya mereka merilis single Ibu dan Kasih Putih. Single Kasih Putih sempat meraih penghargaan AMI Awards tahun lalu untuk kategori “Karya Produksi Grup Vokal Terbaik.”

Jadi, buat kalian yang belum sempat mendengar hit klasik pop Indonesia sekaligus aransemen karya teranyar dari Laleilmanino? Silakan dengarkan sekarang.

Image source: Pop Hari Ini

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Pop #Rumpies #Trie Utami #Yuni Shara #Sinaran #vina panduwinata #diva

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /