Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Saykoji Angkat Kejujuran Lewat “True Colors”

Author : Admin Music

Article Date : 21/02/2022

Article Category : Super Buzz

Cukup aktif menjaga eksistensi dengan tampil di media sosial dan juga merilis beberapa single lepas secara konsisten, nyatanya Saykoji sudah lama tidak merilis sebuah karya rangkuman seperti mini album. Namun, di tahun 2022 ini, akhirnya Saykoji pun berhasil melepas belenggu tersebut dengan memperkenalkan True Colors sebagai mini album terbaru setelah 16 tahun lamanya.

True Colors merupakan rangkuman karya musik baru dari Saykoji yang terakhir kali merilis album Musikhati tahun 2006 silam. Total ada 7 buah lagu yang disuguhkan oleh Saykoji lewat mini album ini. True Colors secara resmi dirilis oleh Saykoji pada 27 Januari 2022 lalu. Untuk merayakan rilisnya mini album tersebut, Saykoji pun merilis single dengan judul yang sama.

Dalam informasi perilisannya, single True Colors dijadikan oleh Saykoji sebagai sebuah ajakan bagi banyak orang untuk bisa menjalani kehidupan dengan kejujuran. Saykoji ingin banyak orang bisa mulai memvalidasi perasaan mereka sendiri tanpa harus menutup diri dengan berpura-pura. Menurut Saykoji lewat lagu barunya, setiap orang berhak merasakan keceriaan yang dilandasi kejujuran tersebut.

Menurutnya dengan datangnya kejujuran, diharapkan para pihak terdekat seperti keluarga dan teman-teman bisa membantu seseorang untuk kembali memijakkan kaki dengan mantap untuk menatap dunia lebih cerah. Untuk menghadirkan keceriaan tersebut, Saykoji juga menambahkan ritme musik funk yang membalut karya hip hop True Colors ini. Elemen musik yang dikomposisi oleh Saykoji hadir untuk bisa mengangkat semangat untuk bisa saling bantu dan bangkit bersama dalam kehidupan sehari-hari di tengah masa pandemi yang melelahkan ini.

Semangat tersebut juga diungkapkan oleh Saykoji melalui penggalan lirik lagu True Colors, "Selalu ada harapan, kita kawan bukan lawan!". Di luar rilisnya single True Colors, Saykoji juga berencana untuk merilis single lainnya yang tergabung di dalam mini album terbarunya. Saykoji telah mempersiapkan perilisan untuk lagu Let U Go, Rider, dan nomor lainnya. Saykoji mencoba untuk bisa konsisten merilis rangkaian single jagoannya dari mini album True Colors ini setiap bulan.

Berbicara mengenai True Colors, selain jadi sebuah judul album dan single penuh makna dari Saykoji, kalimat tersebut mengingatkan kiprah sang rapper pada sebuah festival musik internasional. Pada akhir tahun 2020 lalu, Saykoji hadir sebagai salah satu panelis untuk True Colors Festival yang didakan secara online. True Colors Festival merupakan salah satu festival musik bergengsi asal Jepang.

Dalam kesempatan tersebut, Saykoji bersanding dengan pegiat hip-hop internasional seperti Wheelsmith dari Singapura, Tamura King, trio asal Jepang, dan Jonzi D, praktisi hip-hop dance dan koreografer asal Inggris Raya sebagai moderator acara berjudul “This is Hip-Hop!”. Saykoji bersama para panelis lainnya berbicara tentang stereotip negatif yang melekat pada nama “hip-hop” melalui pengalaman pribadi masing-masing yang mencakup kulturnya di ranah sosial dan perkembangannya di negara masing-masing. 

Kesempatan tersebut memantapkan pengakuan Saykoji sebagai salah satu musisi hip hop yang punya pengaruh di kancah mancanegara. Selama perjalanan kariernya, Saykoji kerap mendapatkan tantangan untuk tetap mengibarkan benderanya di industri musik hip-hop Indonesia. Saykoji pertama kali memulai kariernya sebagai musisi hip hop independen. Ia pernah bercerita perjuangannya ke sana, ke mari menggunakan bus kota untuk dapat tampil dari satu panggung ke panggung lainnya. Hasil jerih payah yang dikeluarkan membuahkan kontrak rekaman bersama label rekaman Blackboard dan EMI. Namun kerja sama antara Saykoji dan kedua perusahaan rekaman tersebut tak berlangsung lama. Ia kembali memilih untuk berkarya melalui jalur independen mulai tahun 2008 hingga kini.

Keluarnya Saykoji dari major label ini berawal dari pergeseran tren musik Tanah Air yang kala itu condong untuk mempopulerkan karya-karya musisi pop melayu. Pergeseran tren musik tersebut, membuat sulit langkah Saykoji untuk kembali menelurkan karya-karya terbarunya kepada audiens yang lebih luas, seusai album kedua yang cukup tenar sebelumnya. 

Kembalinya Saykoji ke jalur independen, tidak serta merta membuat popularitasnya kembali meroket seperti di tahun 2005-2006 silam. Masalah yang terjadi di dalam hidup personal harus membuatnya bekerja lebih ekstra demi menyelesaikan persoalannya satu per satu. Masuk ke tahun 2009, nama Saykoji pun kembali terkenal. Usahanya untuk berdikari akhirnya membuahkan hasil yang didapat berkat tenarnya lagu “Online”. Kepopuleran lagu “Online” bahkan sempat digunakan sebagai materi promosi sebuah brand telekomunikasi yang kembali meningkatkan minat dan atensi para penikmat musik Tanah Air kepada Saykoji hingga hari ini. 

Makna rap dijadikan sebagai medium untuk bercerita. Keyakinan tersebut hingga hari ini masih dipegang sebagai sebuah pedoman berkarya bagi Saykoji. Setiap karya yang dibuat Saykoji tidak semata-mata hanya untuk mencari popularitas. Baginya, setiap karya yang ditulis memang memiliki maksud untuk menceritakan keluh kesah yang dirinya rasakan. Terlepas karya itu akan viral atau tidak nantinya. Menurut Saykoji, ada kepuasan tersendiri jika dirinya berhasil menceritakan sesuatu melalui rangkaian lirik dan pelafalan rima yang dirinya persiapkan. Apalagi jika para pendengar memahami sampai ke segi konteks dari karyanya. Ia pun menyatakan, agar skena musik hip hop atau rap ini bisa dapat terus bergulir tentunya dibutuhkan dukungan dari hubungan antara pelaku seni dan penikmatnya yang kuat.

Sebagai seorang rapper yang lekat dengan citra extrovert dan mampu mengutarakan pendapatnya di mana saja, ternyata berbanding terbaik dengan kehidupan personal Saykoji. Saykoji mengakui bahwa dirinya merupakan seseorang yang cenderung penyendiri. Ia menganggap musiknya hanya sebagai pemanjangan tangan dari hal-hal yang ingin dirinya utarakan. Baik sifatnya selebrasi atau sebuah kritik. Ia pun menyatakan bahwa para pendengar dan penggemar akan dapat mudah mengenali dirinya dan sudut pandangnya jika menelisik setiap lirik yang dilafalkan pada karya-karyanya.

 

Image courtesy of Saykoji

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hip Hop # saykoji #True Colors #mini album #EP #Rap #Single #Video Klip

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /