Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Wakatobi

Author : Admin Adventure

Article Date : 15/05/2022

Article Category : Places & Gears

Nusantara menjadi negara kepulauan yang sangat kaya akan potensi alamnya, Superfriends. Jajaran pulau-pulau dengan pemandangan alam bawah laut yang menawan tentu bakal menarik banget buat dijelajahi.

Kalau lo anak pantai banget, berarti lo wajib banget mampir ke Wakatobi, Superfriends. Tempat ini bahkan mendapat julukan "Caribbean Van Celebes" karena punya pesona yang luar biasa, lho.

Sebagai referensi, sebaiknya pahami dulu segalah tentang pesona Wakatobi berikut ini, Superfriends!

Sekilas Tentang Wakatobi

Image source: instagram.com/maumere.of.flores

Apa yang terlintas dalam benak lo saat mendengar Wakatobi, Superfriends? Sekilas, namanya memang agak mirip kayak nama jepang sih, tapi daerah ini benar ada di Indonesia kok, tepatnya ada di Sulawesi Tenggara.

Sebenarnya, nama Wakatobi berasal dari akronim suku kata terdepan empat pulau utama di kepulauan ini Superfriends, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Meski terdiri dari suku kata terdepan pulau utama, bukan berarti nggak ada pulau selain empat pulau ini, ya!

Beberapa pulau lain diantaranya ada Anano, Tokobao, Lintea Utara, Lintea Selatan, Kampenaune, Hoga, Tolondano, dan masih banyak lagi pulau lainnya Menariknya lagi, masing-masing pulau mempunyai pesonanya sendiri, lho.

Pulau Anano, di pantainya mempunyai penangkaran penyu dan menjadi spot penyu menetaskan telur. Selain itu, di pulau Kaledupa juga ada danau Sombano yang menjadi habitat pohon bakau, pandan, dan anggrek.

Nggak cuma itu, di Tomia juga punya Puncak Kahyangan. Di tempat ini lo bisa menikmati sunrise paling apik di Wakatobi, Superfriends!

Kawasan Taman Nasional Laut Nusantara

Image source: instagram.com/amalhermawan

Sejak tahun 2002, wilayah yang mempunyai luas 1,39 juta hektar ini sudah diresmikan menjadi Taman Nasional, lho. Selain itu, Wakatobi juga menjadi prioritas nasional tertinggi dalam konservasi laut nih, Superfriends. 

Alasannya, tentu karena tempat ini menyimpan keanekaragaman hayati laut yang sangat mempesona. Dengan pesonanya yang sangat menakjubkan, setiap traveler yang datang tentu sangat dilarang untuk merusak ekosistem dan keindahan tempat ini. Jadi jangan buang sampah sembarangan dan merusak terumbu karang di sini, ya!

Punya 50 Titik Penyelaman

Image source: instagram.com/arhycapricon

Selain punya keindahan alam bawah laut dan keragaman biota laut, Wakatobi juga punya banyak banget tempat titik penyelaman, lho. Ada lebih dari 50 titik penyelaman yang bisa lo jelajahi!

Tapi lo nggak perlu bingung, seluruh titik penyelaman Wakatobi menyajikan pemandangan yang sempurna. Bahkan konon, Jacques Cousteau, sutradara sekaligus salah satu pendiri asosiasi penyelam dari Perancis, mengagumi keindahan alam bawah laut Wakatobi, Superfriends!

Kekayaan Hayati yang Sangat Langka

Image source: instagram.com/bachtiarhusaini

Dalam hal wisata bahari, Wakatobi punya salah satu ujung tombaknya berupa atraksi pemandangan terumbu karang dan biota laut yang beraneka ragam, Superfriends. Yup, Wakatobi memang menjadi salah satu kawasan Nusantara yang memiliki keberagaman dari hayati laut ini.

Nggak main-main, di sini adalah habitat dari 750 spesies terumbu karang dari total 850 spesies yang eksis di Bumi. Selain itu, spesies biota laut yang ada di sini juga mencapai 942 jenis. 

Kalau lo berniat datang ke sini, lo nggak perlu takut lagi nggak bisa menikmati keindahan alam bawah laut, keberagamannya pasti bakal bikin lo terpesona, Superfriends!

Nah, itulah segala hal tentang pesona Wakatobi. Semoga bisa menjadi referensi buat jadi destinasi selanjutnya ya, Superfriends. Selamat bertualang!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Trending #Urban Places #Solo Travelling #Urban Action

Source:https://review.bukalapak.com/travel/7-fakta-yang-harus-kamu-ketahui-sebelum-ke-wakatobi-91912

0 Comments

Comment
Other Related Article
carabiner

Mengenal Carabiner dan Fungsinya Secara Lengkap

02 July 2022

Places & Gears

gunung Kelud

Hal Menarik dan Unik dari Gunung Kelud

02 July 2022

Places & Gears

Puebla

Puebla, Kota Unik di Meksiko yang Penuh Kejutan

02 July 2022

Places & Gears

gunung Krakatau

Sederet Fakta Gunung Krakatau yang Mungkin . . . .

02 July 2022

Places & Gears

The Makeup Museum

Informasi Tentang The Makeup Museum yang . . . .

02 July 2022

Places & Gears

rooftop yang cozy

Kafe dan Restoran Rooftop yang Cozy . . . .

01 July 2022

Places & Gears

Tempat Hangout di Solok

Rekomendasi Tempat Hangout di Solok yang Seru Abis

01 July 2022

Places & Gears

Handy Talkie

Inilah Fungsi Handy Talkie untuk Pendakian

01 July 2022

Places & Gears

destinasi musim gugur

Destinasi Musim Gugur Terbaik di Eropa . . . .

30 June 2022

Places & Gears

Baccani Cafe

Baccani Cafe, Cafe di Surabaya dengan . . . .

30 June 2022

Places & Gears

1 /