Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Senyawa Suguhkan Penampilan Terbaik di Primavera Sound 2022

Author : Admin Music

Article Date : 22/06/2022

Article Category : Super Buzz

Tak disangka-sangka, Senyawa menjadi salah satu band yang tampil dalam gelaran festival musik tahunan Primavera Sound di Barcelona, Spanyol. Primavera Sound 2022 ini berlangsung dari tanggal 2-12 Juni 2022. Senyawa yang turut memeriahkan festival musik ini naik ke panggung pada Jumat, 10 Juni 2022.

Duo yang terdiri dari vokalis Rully Shabara dan pemain musik instrumen Wukir Suryadi menjadi salah satu penampil bersama deretan musisi dan band papan atas dunia seperti The Strokes, Lorde, Tame Impala, The Smie, hingga Dua Lipa, dan banyak lagi. 

Duo musisi eksperimental tanah air ini pun memainkan musik-musiknya yang khas. Aksi panggung Senyawa sempat diabadikan oleh pemilik akun @gwenstacy melalui di Instagram.

Primavera Sound sendiri merupakan festival musik tahunan yang diadakan di Parc del Fòrum di Barcelona, ​​Spanyol. Festival yang lebih sering disebut Primavera ini umumnya berlangsung antara akhir Mei dan awal Juni. 

Edisi pertama Primavera berlangsung pada tahun 2001 di Poble Espanyol dan dipindahkan ke Parc del Fòrum, venue yang jauh lebih besar di pinggir laut, pada tahun 2005.

Primavera Sound merupakan titik pertemuan bagi musisi, para seniman, dan penonton dari semua generasi. Semenjak digelarnya Primavera Sound, festival ini menjadi salah satu yang terbesar di bidang musik dan paling banyak dihadiri penonton di Eropa. Termasuk yang terbesar pula di Mediterania.

Keberhasilan festival Primavera sejak 2001 itu menyebabkan ekspansi ke Porto, Portugal, pada tahun 2012. Primavera Porto berlangsung di Parque da Cidade seminggu setelah edisi utama. 

Kemudian pada tahun 2022, festival ini juga mengumumkan empat edisi baru yang berlangsung di sejumlah kota Benua Amerika seperti Los Angeles, Amerika Serikat; Santiago de Chile, Chile; Buenos Aires, Argentina; dan São Paulo, Brasil.

Festival ini menghadirkan semua genre termasuk pop, indie, rock dan kecenderungan musik-musik underground dari musik elektronik dan dansa. Primavera Sound bahkan telah menjadi saksi penampilan musisi dan band dunia setiap tahunnya.

Nama Senyawa di dalam skena musik underground pun cukup besar. Mereka telah hilir-mudik di panggung-panggung mandiri, komunitas, maupun festival dalam negeri dan internasional. 

Sedangkan penampilan Senyawa di panggung Primavera Sound 2022 merupakan bagian dari rangkaian tur #ReturnToRealLive2022 yang sudah dimulai sejak bulan April lalu. Penampilan Senyawa di Barcelona ini menyusul gig yang dilakukan sebelumnya di Galeria Zé dos Bois Lisbon, Portugal pada 19 Mei 2022 dan Bad Bonn Kilbi di Swiss pada 4 Juni 2022.

Di balik itu, Senyawa merupakan band eksperimental yang berasal dari Yogyakarta. Band ini meleburkan teknik vokal Rully Shabara yang unik dengan instrumentasi rakitan Wukir Suryadi yang bunyinya tak kalah unik. 

Secara umum, musik-musik Senyawa menampilkan aransemen musik eksperimental yang lebih berwarna berkat elemen-elemen dari berbagai motif musik tradisional Indonesia. Keunikan Senyawa dalam bermusik ditampilkan lewat nuansa distorsi-perkusi punk dengan paduan musik tradisional Jawa, termasuk avant-garde, folk, hingga metal eksperimental. 

Paduan gaya bermusik Senyawa inilah yang membuat hasil musik yang mereka bawakan cukup menantang sekaligus menarik untuk didengar.

Bunyi musik Senyawa diwarnai pula oleh teknik vokal neotribal, termasuk instrumentasi bambu oleh Wukir, serta distorsi gitar. Instrumentasi yang digunakan dalam musik Senyawa dihasilkan oleh alat musik buatan Wukir yang terbuat dari bambu dan peralatan pertanian dari pedesaan Indonesia.

Duo musik eksperimental ini berawal dari pertemuan antara Rully Shabara dan Wukir Suryadi pada tahun 2010. Rully sebelumnya memiliki proyek musik awal rintisannya yaitu Zoo. Sedangkan Wukir merupakan pencipta instrumen musik bambu 'Bambuwukir'. Pada tahun 2010, Rully dan Wukir bertemu untuk kolaborasi dengan seniman Wok the Rock. Pertemuan ini menjadi tonggak berdirinya grup musik Senyawa. 

Pada tahun 2011, Senyawa diundang untuk tampil di Melbourne Jazz Festival 2011. Kemudian pada 2012, sutradara film dokumenter Prancis Vincent Moon sempat membuat film pendek bertajuk Calling the New Gods yang menceritakan banyak hal tentang Senyawa.

Senyawa telah berkolaborasi dengan sederet musisi internasional seperti Yoshida Tatsuya, Otomo Yoshide, Kazuhisa Ushihashi, Arrington de Dionyso, Charles Cohen, Vialka, hingga Melt-Banana.

Semenjak tahun 2011, Senyawa telah mencetak setidaknya sembilan buah album, di antaranya Senyawa (2011), Senyawa with Kazuhisa Uchihashi (2012), Acaraki (2014), Unheard Indonesia Vol. 5: Senyawa with Arrington de Dionyso (2014), Menjadi (2015) Brønshøj (Puncak) (2016), Sujud (2018), Bima Sakti (2020), dan yang terakhir adalah album keluaran tahun 2021 berjudul Alkisah.

Senyawa juga mencetak setidaknya tiga buah extended play (EP) seperti Redose — 3 (dengan Charles Cohen) (2015), Kereta Malam (dengan Vialka) (2015), dan Split (dengan Melt-Banana) (2016).

Image source: https://www.instagram.com/senyawa_musik/

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Rock #senyawa #Primavera Sound 2022 #Barcelona #eksperimental

0 Comments

Comment
Other Related Article
Taking Back Sunday dan Steve Aoki Lepas Single Just Us Two

Taking Back Sunday dan Steve Aoki . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Johnny Depp dan Jeff Beck Umumkan Detail Album Barunya, 18

Johnny Depp dan Jeff Beck Umumkan . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Machine Gun Kelly Bagikan Single Baru More Than Life

Machine Gun Kelly Bagikan Single Baru . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Loveology, Materi Lagu Cinta Terbaru dari Regina Spektor

Loveology, Materi Lagu Cinta Terbaru dari . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Pale Waves Kembali, Bagikan Single Baru Reasons To Live

Pale Waves Kembali, Bagikan Single Baru . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Jack White Bagikan Video Musik Lagu If I Die Tomorrow

Jack White Bagikan Video Musik Lagu . . . .

30 June 2022

Super Buzz

Grammy Umumkan Tambah Kategori Penghargaan Terbaru

Grammy Umumkan Tambah Kategori Penghargaan Terbaru

30 June 2022

Super Buzz

Tabraklari dan Toscasoda Cetak Split Single Baru, Tabraksoda

Tabraklari dan Toscasoda Cetak Split Single . . . .

30 June 2022

Super Buzz

5 Rekomendasi Film Anak Band Terbaik yang Inspiratif Banget

5 Rekomendasi Film Anak Band Terbaik . . . .

30 June 2022

Super Buzz

The 1975 Telah Konfirmasi Siap Rilis Album Baru

The 1975 Telah Konfirmasi Siap Rilis Album Baru

30 June 2022

Super Buzz

1 /