Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Supermusic Playlist Desember 2021 Eps. 5, Cholil

Author : Admin Music

Article Date : 31/12/2021

Article Category : Super Tapes

Akhir tahun kerap kali jadi sebuah momentum untuk menengok kembali ke belakang untuk melihat berbagai hal baik yang terjadi dalam satu tahun ke belakang. Hal tersebut mungkin tidak selalu dilakukan secara personal saja, Superfriends. Di ranah industri kreatif pun banyak momen menarik yang terjadi di tahun 2021 ini.

Untuk ranah musik nasional sendiri, tahun 2021 jadi tahun yang cukup menarik untuk diperhatikan. Banyak musisi, baik independen maupun mainstream berhasil memperkenalkan karya-karya baru dengan nuansa yang berbeda. Beberapa penyelenggara event dan konser pun sudah mulai kembali bergeliat dengan menyesuaikan protokol yang ada.

Untuk kembali menyegarkan pikiran kalian tentang pergerakan musik yang hadir sepanjang tahun ini, Supermusic kembali menghadirkan Supermusic Playlist yang bertujuan untuk merekomendasikan musisi lokal dan karya-karyanya kepada kalian, Superfriends. Supermusic Playlist dari Supermusic bertujuan untuk bisa mengembangkan ekosistem musik nasional untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Untuk rekomendasi Supermusic Playlist di penghujung tahun ini, Cholil (Efek Rumah Kaca) membagikan 4 musisi dan karya yang belakangan ini tengah jadi favoritnya. Cholil menerangkan bahwa Supermusic Playlist di edisi kelima ini dirinya merangkum dengan lagu-lagu dari para musisi yang cukup menarik perhatiannya. Salah satu ketertarikan tersebut datang dari rasa ingin tahu Cholil tentang bagaimana proses lagu-lagu favoritnya tersebut diciptakan. 

Cholil membayangkan tentang kerumitan proses menulis, aransemen, dan rekaman yang dilakukan oleh para musisi yang hadir dicantumkan dalam Supermusic Playlist ini. Selain itu, frontman dari Efek Rumah Kaca ini juga merasa tertarik dengan hasil karya yang berhasil terdengar tanpa kehadiran proses yang rumit sedikit pun. 

Cholil cukup merasa kagum, dari proses pembuatan karya yang rumit tersebut, para pencipta bisa menyuguhkan nada-nada catchy yang sopan menyusup ke telinga dan indera lainnya, tanpa harus membagikan kisah kesulitannya. Berikut adalah daftar musisi dengan karya yang direkomendasikan oleh Cholil dalam Supermusic Playlist episode 5 untuk kalian, Superfriends.

BAP

Di tahun 2021 ini, BAP merupakan salah satu musisi hip hop Tanah Air yang cukup konsisten dan aktif. Salah satunya adalah dengan hadirnya album kedua sang musisi, Momo’s Mysterious Skin yang rilis pada November lalu. Untuk menyambut album tersebut, BAP juga memperkenalkan single-single menarik, seperti Painting With Suwage, Same Shoes, No Company, serta, Richter/Richter. Di luar itu, BAP juga sempat menghadirkan sebuah kolaborasi bersama Eka Annash (The Brandals, Zigi Zaga) dan Ariel Kaspar (Bedchamber) dalam gelaran Respect Our Elders yang diorganisir oleh label asal Inggris, Eastern Margins. 

Dalam artikel ini, Cholil merekomendasikan lagu Same Shoes, No Company. Lagu ini digarap oleh BAP dengan menghadirkan elemen musik pop yang membuat musiknya jadi ringan untuk didengarkan. Elemen musik pop ini terdengar di bagian awal lagunya. BAP mengambil beberapa bagian lagu dari White Shoes and The Couples Company sebagai sample untuk single keduanya ini. 

Jirapah

Unit indie rock asal Jakarta besutan Ken Jenie bernama Jirapah ini masuk ke dalam Supermusic Playlist garapan Cholil. Komposisi musik yang terdengar unik merupakan salah satu ciri khas yang menarik perhatian pendengar dalam menikmati karya-karya Jirapah. Berbicara tentang kerumitan proses bermusik yang diungkapkan oleh Cholil, Jirapah merupakan salah satu musisi yang mampu menghadirkan karya dengan nada-nada catchy dengan pendekatan semua lagu Jirapah dirancang untuk memiliki karakter masing-masing.

Untuk karya Jirapah, Cholil memilih Planetarium. Untuk lagu ini, Cholil punya ketertarikannya sendiri, karena sang musisi pernah diajak untuk menyanyikan lagu tersebut bersama Jirapah di atas panggung. Lagu pilihan Cholil ini punya nuansa yang dramatis dan digunakan untuk menjelaskan makna mendalam dari lagu tersebut.

Hursa

Hursa merupakan unit indie rock lain yang direkomendasikan oleh Cholil untuk Supermusic Playlist kali ini, Superfriends. Band ini dibentuk oleh Pandji dan Irvan, yang memiliki keinginan untuk membuat kreasi musik yang berbeda dari kebanyakan beredar saat ini, namun tetap bersahabat dengan telinga pendengar orang Indonesia. Seiring berjalannya waktu, akhirnya mereka bertemu Gala dan Goldy. sehingga keduanya bergabung. Hursa pun akhirnya memiliki formasi Gala pada vokal dan keyboard, Pandji pada gitar, Goldy pada drum, dan Irvan pada synth merangkap synth bass. Konsep formasi ini jarang digunakan oleh band-band Indonesia saat ini. Tanpa ‘pemain bass’ dan vokalis yang memainkan chord manis di keyboard.

Rumangsa merupakan lagu pilihan Cholil yang datang dari Hursa. Lagu ini merupakan proyek kolaborasi terbaru yang dilakukan oleh Hursa dan Sri Hanuraga. Lagu ini punya progresi yang menarik. Dimulai dengan instrumentalisasi manis, di bagian tengah lagu, Rumangsa menjadi nomor yang cukup agresif. Cocok didengarkan bagi kalian yang gemar mengeksplorasi musik.

Mad Madmen

Terakhir ada Mad Madmen yang menawarkan musik yang cukup eksploratif untuk didengarkan. Trio yang terdiri dari Kalam Mahardhika (gitar, vokal), Marvin Muhammad (bass, vokal) dan Thareq Satria Lubuk (drum) ini menjadikan musik funk yang berorientasi pada groove dengan penekanan narasi sebagai pondasi di tiap karya-karya yang dihasilkan. Secara lirik, Mad Madmen berfokus kepada permasalahan personal, isu-isu kesehatan mental, dan kesadaran spiritual.

Lagu pilihan Cholil dari Mad Madmen juga tidak kalah eksploratifnya. Waltz Untuk Dara merupakan lagu yang masuk ke daftar Supermusic Playlist kali ini. Lagu ini punya bagian yang cukup terdengar rumit di awal. Namun, masuk semakin dalam, lagunya berevolusi menjadi sebuah nomor paduan jazz yang groovy.

Bagi kalian yang ingin mendengarkan seluruh rekomendasi lagu pilihan Cholil, jangan lupa untuk mampir ke tautan berikut, Superfriends.

Image courtesy of Efek Rumah Kaca

ARTICLE TERKINI

Tags:

# cholil # efek rumah kaca #bap #jirapah #hursa #mad madmen #supermusic playlist #desember #2021

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Tapes

Cara Mickmorthy Tunjukkan Produktivitas di Tengah Pandemi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Tapes

DREAM.BYRDS dan Ramuan Musik Khas Pop Petir yang Unik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Tapes

Dat Bunny, Kuartet Unit Pop Punk dari Pamulang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Tapes

Suara Duara dan Lagu-lagu Berbasis Filosofi Pop Agnostik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Tapes

Supermusic Playlist Juni 2022 dari Jason Ranti

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Tapes

Soulfood, Trio Asal Bali dengan Ciri Khas African Music

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Tapes

Bilal Indrajaya, dari Gitaris Hingga Jadi Solois Melankolis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Tapes

Perunggu, Band Rock Pulang Kantor dengan Musik Penuh Kejutan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Tapes

Satu Per Empat Ajak Pendengar Pertanyakan Banyak Hal

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Tapes

Supermusic Playlist Mei 2022 dari Morad

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /