Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

Dewo Iskandar: Jangan Mati Dalam Stagnasi!

Author : Admin Music

Article Date : 15/07/2021

Article Category : Noize

Superfriends, apa kabar? Tetap jaga prokes dan tetaplah di rumah selama PPKM ini berlangsung ya. Bisa dibilang pandemi akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan. Banyak musisi dan seniman berkualitas yang gugur sejak pertengahan 2020 lalu. Sementara itu, masih banyak pula yang mempertahankan eksistensinya di tengah pandemi ini melalui jalur online. Gue sempat positif covid-19 tepat setelah gue menyelesaikan rekaman vokal untuk single Saptarasa berikutnya. Padahal gue juga baru saja berencana memulai Sowrite, sebuah songwriting class yang baru mau gue rilis. Akhirnya gue memutuskan untuk beberapa waktu Sowrite akan menjadi konten video tips menulis lagu dulu sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Semoga semuanya tetap sehat secara fisik maupun mental ya.

Beberapa waktu lalu gue sempat membahas purpose bermusik, namun melihat situasi dan kondisi memang kita harus berkorban dulu selama PPKM berlangsung. Mungkin memang ini saatnya hibernasi sejenak. Tapi bukan berarti kita harus mati gaya. Gue akan berbagi beberapa tips yang bisa diimplementasikan di rumah supaya api semangat bermusik kalian tidak mati. Supaya semangat I Dare kalian tetap menyala!

  1. Bikin lagu

    Ini adalah cara paling tepat supaya semangat bermusik tidak tumpul. Jangan sampai mati gaya karena stagnasi. Bisa saja 2-3 tahun lagi lagu-lagu ini akan jadi karya yang bagus buat rilisan kalian. Tulis aja lagu sebanyak dan sebagus mungkin buat tabungan kalian. Bahkan lebih bagus lagi kalau misalnya kalian punya kemungkinan untuk merilisnya di saat ini. Buat yang belum bisa menulis lagu, bisa belajar teknik-tekniknya di youtube atau sosmed. Gue bersama Sowrite.id menyediakan beberapa konten tips sederhana menulis lagu di tiktok dan instagram supaya semuanya tetap produktif.

  2. Membuat cover video

    Ini juga sama serunya. Cara paling sederhana, produktif dan menyenangkan. Di saat seperti ini, semua orang butuh asupan energi positif. So, ambil alat musik dan mainkan lagu paling keren. Pilihan yang bagus untuk menghibur diri dan orang lain. 

  3. Baca

    Banyak buku dan ebook yang bisa kalian dapatkan secara online. Mulai dari yang fiksi maupun non-fiksi. Untuk apa? Tentu saja untuk menambah wawasan kalian. Akan sangat berguna buat menulis lagu juga kok! Karna penulis yang baik adalah pembaca yang baik pula. Banyak buku-buku musik lokal maupun berbahasa Inggris yang bagus untuk kalian baca. Kalian bisa googling beberapa judul yang recommended dan segera memesannya. 

  4. Nonton film

    Banyak banget film bertemakan musik yang bisa kalian tonton via internet. Mulai dari yang bersifat biopik maupun dokumenter. Lewat film kita bisa belajar sejarah dan merasakan semangat bermusik dari musisi itu. Berikut beberapa rekomendasi film dari gue: Cadillac Records, Rocketman, Back And Forth, Sound City, Super Sonic, Bohemian Rhapsody, Carol and Tuesday, Beck, The Rocker, The Dirt dan Eight Days A Week.

  5. Olahraga

    Yup, olahraga ini baik banget buat banyak aspek. Biar kalian tetap merasakan energi positif, biar tidak gampang drop imun dan biar kalian tetap kuat jiwanya. Karya yang baik membutuhkan jiwa yang kuat pula.

Gue melihat di sosmed banyak orang yang jadi menyalahkan satu sama lain selama pandemi covid-19 ini. Sesungguhnya daripada kita jadi saling hujat dan bikin energi kita jadi negatif, melakukan tips di atas jauh lebih baik kok!

Gue berharap banget suatu saat semuanya kembali endemik. Semua bisa bermusik kembali tanpa rasa khawatir, semua bisa nonton live musik lagi dalam euforia yang ramai, bisa pergi ke studio lagi untuk menghasilkan karya tanpa takut terpapar virus, kumpul-kumpul lagi dengan teman-teman sesama musisi untuk membahas langkah-langkah selanjutnya. Semoga hari itu segera datang. Untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah menjaga diri dan keluarga kita agar tetap positive feeling serta sehat jasmani rohani. Gue pribadi mengucapkan bela sungkawa yang terdalam untuk musisi dan seniman yang telah gugur akibat pandemi covid-19 ini. Semoga karya-karya mereka tetap hidup dan mampu membuat penikmatnya merasa lebih hidup.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Supernoize #Dewo Iskandar

0 Comments

Comment
Other Related Article
Alvin Yunata: Kisah Rilisan Fisik Hari Ini

Alvin Yunata: Kisah Rilisan Fisik Hari Ini

15 September 2021

Noize

Stephanus Adjie: Bursa Transfer Band Metal

Stephanus Adjie: Bursa Transfer Band Metal

11 September 2021

Noize

Hasan Dzikrullah: Ide Kreatif Itu Memilih Inangnya

Dewo Iskandar: Ide Kreatif Itu Memilih Inangnya

31 August 2021

Noize

Evolusi Rockbali: Vegas Dulu, Ubud Kemudian

Evolusi Rockabali: Vegas Dulu, Ubud Kemudian

29 August 2021

Noize

Arief Blingsatan: Mengenang We Are Pop Punk Tour 2014

Arief Blingsatan: Mengenang We Are Pop . . . .

27 August 2021

Noize

Acum Bangkutaman: Membangun Semangat Guyub di Tengah Pandemi

Acum Bangkutaman: Membangun Semangat Guyub di . . . .

26 August 2021

Noize

Stephanus Adjie: Mati Ide Mati Gaya, Terus Gimana Dong?

Stephanus Adjie: Mati Ide Mati Gaya, . . . .

05 August 2021

Noize

Arief Blingsatan: Musik sebagai Media "Self Healing"

Arief Blingsatan: Musik sebagai Media "Self . . . .

24 July 2021

Noize

Panggung Internasional Bagi Para Penulis Heavy Metal

Panggung Internasional Bagi Para Penulis Heavy . . . .

18 July 2021

Noize

Buluk Superglad: Jakarta Bawah Tanah (Part 2)

Buluk Superglad: Jakarta Bawah Tanah (Part 2)

11 July 2021

Noize

1 /