Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Reset Password

Please choose one of our links :

No Use For a Name

Author :

Article Date : 23/12/2020

Article Category : Super Buzz

No Use For a Name adalah sebuah cerita sejarah bagi para penikmat musik-musik melodic punk di era 1980-an. Cikal bakal terbentuknya band yang biasa dikenal dengan sebutan NUFA ini berawal dari pertemanan Chris Dodge, Steve Papoutsis, dan Rory Koff.

Ketiganya sering berlatih bersama di bekas toko milik ayah Koff. Dalam fase awal ini, No Use For a Name bertambah anggota menjadi enam personel dengan John Meyer sebagai vokalis, co-vocalist Ramon Gras, dan gitar Doug Judd.

Akan tetapi, banyak perubahan formasi terjadi selama era tersebut di mana Dodge, Meyer, dan Judd meninggalkan No Use For a Name pada 1987. Ketika itu, Tony Sly menggantikan Judd untuk posisi gitar. Menariknya, Sly merupakan kawan dekat dari Koff dan Steve.

Dalam Tonysly.org, Dodge mengisahkan awal mula perjalanannya dengan No Use For a Name. Dia berkisah bahwa dirinya bersama Steve dan Koff sudah berencana membuat sebuah band punk sejak 1983. Sebelum No Use For a Name lahir, mereka sempat membuat band dengan nama Angry White Boys dan P.S.A.

"Pada tahun 1986 saya memulai band hardcore punk dengan beberapa teman lama yang saya kenal sejak sekolah dasar, Steve Papoutsis dan Rory Koff. Bassist Steve adalah sahabat saya sejak taman kanak-kanak dan saya mengenal drummer Rory sejak sekitar kelas 2 atau 3 SD. Sebenarnya, Steve, Rory, dan saya telah mencoba untuk memulai sebuah band punk sejak tahun 1983," tulis Dodge.

"Setelah beberapa inkarnasi sebelumnya (Angry White Boys, P.S.A.), dan beberapa tahun bagi saya dan Steve untuk berkumpul bersama dan mencari cara untuk memainkan musik dengan utuh, kemudian sebuah band "nyata" lahir."

"Steve mengajak temannya John Meyer untuk vokal, dan kami mulai berlatih di gudang ayah Rory di bagian industri di Sunnyvale. Untuk sementara kami berdebat apakah akan memanggil band No Need For A Name atau No Use For A Name."

Setelah perdebatan mengenai nama band, Sly dan kawan-kawannya sepakat menggunakan nama No Use For a Name agar bisa disingkat dengan panggilan NUFAN, alih-alih No Need For a Name yang menjadi NNFAN.

Awalnya, perjalanan No Use For a Name cukup lancar. Namun, Sly menyebut banyaknya ketidakcocokan jadwal di antara enam personel bikin No Use For a Name mulai berguguran. Akhirnya, di pertemukanlah No Use For a Name dengan Tony Sly ketika mereka berlatih di tempat salah satu band punk asal Peninsula, Anxiety.

"Tony awalnya menjadi gitaris kedua di band Anxiety, kemudian dia mulai menyanyikan beberapa lagu dengan bagus. bahkan sejak awal, sudah jelas bahwa Tony lebih terdengar melodic daripada personel yang lain."

"Pada musim panas 1987, seorang vokalis berhenti, kemudian gitaris lainnya berhenti. Jadi, teman kami Tony Sly dari Anxiety bergabung dengan No Use For a Name sebagai gitaris kedua kami. Itu hanyalah permulaan dari formasi yang konstan termasuk saya sendiri, tetapi setidaknya inti utama band, Tony Sly, Steve Papoutsis, Rory Koff, sudah didirikan."

Dodge sendiri memilih pergi dari No Use For a Name pada 1987, disusul kepergian Gras yang hengkang satu minggu sebelum pertunjukan penting No Use For a Name pada 1988. Lantas, Dodge diminta untuk kembali bergabung dengan No Use For a Name sebagai vokalis.

Setelah ajeg dengan formasi ini, No Use For a Name berhasil merilis dua mini album (EP) yang diberi tajuk No Use For a Name dan Let 'em Out on. Namun, Dodge kembali hengkang dari No Use For a Name pada 1989 dan posisinya sebagai vokalis diambil alih oleh Tony Sly.

Album Pertama dan Sukses No Use For a Name

Bongkar pasang personel tidak bikin No Use For a Name patah arang. Dengan formasi Tony sebagai vokalis dan gitar, Koff drum, dan Papoutsis bass, mereka akhirnya bisa merilis album debut pada 1990 dengan tajuk Incognito di bawah naungan New Red Archives. Ini adalah album pertama dan terakhir No Use For a Name dengan formasi tiga personel (trio).

Setelah berhasil melepas album perdana itu, Dodge kembali bergabung dengan No Use For a Name pada 1991. Selama Tony menjadi frontman dari band ini, Dodge memberi apresiasi karena bisa menghadirkan nuansa dan kreativitas baru.

"Tahun 1991 saya diminta untuk bergabung dengan band lagi. Ini adalah ketiga kalinya saya dengan mereka dan kembali di posisi gitar. Tony berhak menjadi vokalis utama pada saat ini dan dia mulai memanfaatkan apa yang pada akhirnya akan menjadi suara NUFAN yang sebenarnya," jelas Dodge.

"Band ini ada di antara metalcore dan melodic hardcore. Aku ingat Tony kesulitan menggunakan kata "mendaciously" dalam lagu "Hole". Meskipun saya berani bertaruh dengan uang, hanya ada satu lagu dalam sejarah yang direkam dengan lirik "mendaciously", jadi dia pantas mendapatkan pujian atas kreativitasnya."

Perjalanan Dodge dan No Use For a Name kembali tak lama, ia pergi setelah mereka merilis album kedua bertajuk Don't Miss the Train pada 1992. Banyak perubahan personel lagi di tubuh band ini, seperti hengkangnya Papoutsis pada 1995 dan Koff pada 2011.

Meski begitu, Tony yang terus bertahan di No Use For a Name berhasil mengantarkan band ini melahirkan album-album lain seperti The Daily Grind (1993), Leche con Carne! (1995), Making Friends (1997), More Betterness! (1999), Hard Rock Bottom (2002), Keep Them Confused (2005), dan album terakhir The Feel Good Record of the Year (2008).

Tony Sly Meninggal dan Akhir Kisah No Use For a Name

Perjalanan No Use For a Name yang penuh dengan lika-liku akhirnya berakhir pada 2012. Semua bermula ketika Tony Sly tewas pada 31 Juli 2012. Tony ditemukan tewas saat tertidur yang menjadi tanda selesainya karier No Use For a Name.

Untuk mengenang kepergian Tony, para personel dan mantan anggota No Use For a Name tampil pada sebuah festival pada September 2012. Ini menjadi penampilan terakhir dari No Use For a Name setelah Matt Riddle, yang menjadi bass periode 1996-12, menyebut tak akan ada lagi penampilan dari No Use For a Name.

"Ini menjadi penampilan terakhir dari No Use For a Name. Tidak ada satu pun dari kami yang ingin melakukannya lagi, melanjutkan band ini tanpa kehadiran Tony," ujar Riddle kala itu.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#no use for a name # melodic punk # punk # metalcore # punk rock # band legenda # berita musik internasional

0 Comments

Comment
Other Related Article
Musik Reggae: Menilik Sejarah Perkembangannya di Dunia dan Indonesia

Musik Reggae: Menilik Sejarah Perkembangannya di . . . .

18 September 2021

Super Buzz

Every Time I Die Umumkan Album Kesembilan dan Lepas Lagu Baru

Every Time I Die Umumkan Album . . . .

18 September 2021

Super Buzz

LVRN Records: dari Teman Kuliahan Jadi Label Hip-hop Kenamaan

LVRN Records: dari Teman Kuliahan Jadi . . . .

18 September 2021

Super Buzz

Rumahsakit Rilis Dua Single Sekaligus untuk Tahun 2021

Rumahsakit Rilis Dua Single Sekaligus untuk . . . .

17 September 2021

Super Buzz

Yungblud Ajak Bangkit dari Keterpurukan melalui “Fleabag”

Yungblud Ajak Bangkit dari Keterpurukan melalui . . . .

17 September 2021

Super Buzz

5 Konser Sukses yang Diprakarsai Oleh Musisi

5 Konser Sukses yang Diprakarsai Oleh Musisi

17 September 2021

Super Buzz

Stand Here Alone Rilis Single ‘Selingkuh’ untuk Rayakan Ultah ke-11

Stand Here Alone Rilis Single ‘Selingkuh’ . . . .

16 September 2021

Super Buzz

Bob Marley Jadi Inspirasi Jersey Ketiga Ajax Amsterdam

Bob Marley Jadi Inspirasi Jersey Ketiga . . . .

16 September 2021

Super Buzz

Daftar Kaos Band yang Paling Banyak Dibeli Menurut Survei

Daftar Kaos Band yang Paling Banyak . . . .

16 September 2021

Super Buzz

Sisi Lain Iga Massardi dalam Sagas Midair

Sisi Lain Iga Massardi dalam Sagas Midair

15 September 2021

Super Buzz

1 /