Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

ciri khas hutan

Author : Admin Adventure

Article Date : 27/05/2022

Article Category : Wilderness

Nusantara memang menjadi negara yang kaya akan limpahan pesona alam. Lebatnya hutan belantara tentu jadi salah satu aset yang nggak ternilai harganya. Bukan tanpa alasan, sebab tips dan ciri khas hutan yang ada di Indonesia ini sangat beragam, Superfriends.

Yup, setiap hutan yang terhampar dari Sabang sampai Merauke ini punya karakteristik dan pesona tersendiri. Jadi, jangan heran kalau lo pasti bakal merasakan sensasi yang berbeda saat menjelajahi satu hutan dan hutan lainnya, Superfriends.

Daripada makin penasaran, mending simak lengkap tipe-tipe dan ciri khas hutan yang ada di Indonesia berikut ini!

Hutan Rawa Gambut

Image source: pexels.com/@sandra-seitamaa

Tipe-tipe dan ciri khas hutan Indonesia yang pertama yaitu ada hutan rawa gambut yang meliputi daerah rawa-rawa dengan berbagai jenis tumbuhan. Jenis hutan rawa gambut ini banyak terdapat di daerah pantai timur Sumatera, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. 

Hutan rawa gambut ini punya ciri khas berupa keberadaan flora yang terbatas. Di dalam hutan rawa gambut, pepohonannya tinggi-tinggi, kurus dan juga nggak lebat. Ciri khas pepohonan ini dikarenakan habitat tanamannya yang berupa timbunan gambut dengan pH 4 yang sangat asam, serta kandungan hara di tanah tersebut juga rendah, Superfriends.

Sesuai namanya, hutan jenis ini punya tanah berupa tanah gambut. Selain itu, tanah hutan rawa gambut juga selalu digenangi oleh air yang membentuk rawa. Tanaman yang hidup di hutan rawa gambut rata-rata berukuran kecil dan akarnya nggak sekuat tanaman di tanah padat, Superfriends.

Hutan Hujan Tropis

Image source: unsplash.com/@jasonw

Selanjutnya ada hutan yang paling umum di Indonesia yaitu hutan hujan tropis. Jenis hutan ini bisa tumbuh di Indonesia karena daratannya yang selalu disinari matahari, curah hujan tinggi, serta temperatur yang rata-rata tinggi juga, Superfriends.

Jenis hutan yang ada di Indonesia ini punya ciri khas yang mirip banget sama hutan hujan ekuatorial. Tapi bedanya, hutan hujan tropis ini cenderung lebih rendah daripada hutan hujan ekuatorial

Curah hujan yang tinggi dan tanah yang subur bisa dibilang jadi ciri utama dari hutan hujan tropis. Tanaman yang hidup pada hutan jenis ini juga biasanya tumbuh dengan batang yang besar, tinggi, daunnya lebat, dan tumbuhnya rapat satu sama lain.

Binatang yang hidup di hujan tropis juga sangat bervariasi karena terbagi menjadi tiga wilayah dimana setiap hutan dihuni dengan binatang yang berbeda. Untuk hutan hujan tropis di wilayah Barat, hutan ini banyak dihuni oleh binatang seperti harimau, gajah, dan lainnya.

Hutan hujan tropis wilayah timur didominasi oleh hewan-hewan kecil dan macam-macam burung khas Papua. Sementara itu, hutan hujan tropis wilayah peralihan banyak binatang unik seperti anoa, babi hutan, dan lain-lain, yang rata-rata adalah mamalia dengan tubuh kecil, Superfriends.

Hutan Sabana

Image source: unsplash.com/@cjayblake

Selanjutnya, ada hutan sabana yang merupakan wilayah padang rumput dan dikelilingi pepohonan serta banyak terdapat semak belukar. Pada umumnya, hutan jenis ini banyak ditemui di daerah Nusa Tenggara. 

Curah hujan yang sangat jarang dan cadangan air yang sangat rendah tentu jadi ciri yang sangat umum dari hutan sabana. Suhu daratan di hutan jenis ini biasanya cukup tinggi sehingga menyebabkan kelembaban hutan ini menjadi sangat rendah.

Hutan sabana juga seringkali terdiri dari tumbuhan ilalang dan juga semak-semak yang banyak, serta pepohonan besar yang sedikit jumlahnya, Superfriends.

Hutan Bakau

Image source: unsplash.com/@t_kiman

Terakhir, ada hutan bakau atau mangrove yang tumbuh di kawasan pasang surut, seperti di wilayah pantai yang terlindung, di wilayah laguna, serta di daerah muara sungai. Hutan jenis ini biasanya berada di wilayah yang tergenang pasang serta bebas dari genangan ketika surut, Superfriends.

Hutan bakau ini tersebar di seluruh wilayah kepulauan yang ada di Indonesia, dengan ekosistem terbanyak di wilayah Sumatera, Kalimantan dan papua. Di dalam hutan bakau, populasi yang membentuknya terdiri dari pohon bakau, nipah, pandan dan rumput, Superfriends.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Wilderness #Beginner #Extreme #Urban Places

Source:https://gendaki.com/artikel/_jenis_hutan_yang_ada_di_indonesia_serta_ciricirinya

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /