Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Tips Jitu Memotret Matahari Terbenam

Author : Admin Adventure

Article Date : 24/11/2021

Article Category : Tips

Vibes matahari terbenam atau sunset di destinasi wisata memang luar biasa banget. Selain indah disaksikan langsung, momen ini juga bisa banget lo abadikan dalam jepretan kamera, Superfriends. Maka dari itu, lo wajib simak tips jitu memotret matahari terbenam saat traveling. Berikut ulasan selengkapnya!

Saat liburan, tentu ada banyak hal menarik buat diabadikan dalam jepretan foto. Salah satunya yaitu momen matahari terbenam yang unik dan menawan. Meskipun begitu, lo nggak bisa sembarangan ambil gambar yang satu ini, Superfriends.

Biar hasilnya sesuai dengan harapan, mending simak dulu beberapa tips jitu memotret matahari terbenam berikut ini!

Tentukan Lokasi yang Tepat

Image source: unsplash.com/@shotbyrain

Salah satu faktor yang menunjang keindahan foto sunset adalah lokasi. Untuk menangkap keindahan sunset secara maksimal, lo disarankan memilih lokasi foto di mana matahari tak terhalang oleh gunung, bangunan, atau pepohonan. 

Dengan begitu, pemandangan senja yang eksotis bisa diabadikan dengan baik, Superfriends. Contoh lokasi yang pas dijadikan tempat berfoto adalah pantai. Di sini, lo bisa mengamati momen ketika matahari turun hingga terbenam ke cakrawala dengan maksimal. 

Ketika sudah menemukan lokasi yang tepat, janganlah langsung tergesa-gesa membangun tripod. Lo sebaiknya mencari objek foto menarik untuk diabadikan terlebih dahulu, Superfriends.

Kalau mau berfoto di pantai, lo juga bisa menjadikan perahu yang sedang bersandar sebagai subjek foto. Sementara itu, contoh objek foto menarik yang bisa ditemukan di padang rumput atau lahan pertanian adalah bunga dan tanaman. 

Dengan menjepret hal-hal tersebut, lo bisa mengabadikan momen indah yang nggak terlupakan ketika matahari terbenam, Superfriends!

Atur Kamera dengan Mode Manual

Image source: unsplash.com/@borisdunand

Tips satu ini disarankan bagi lo yang sudah familiar dengan ISO, shutter speed, dan aperture (bukaan). Lo bisa menentukan bukaan sesuai dengan jarak subjek terdekat.  Apabila objek foto berada di jarak sangat dekat, gunakanlah bukaan kecil f/16 agar ruang tajamnya terlihat luas.

Jika objek foto terletak cukup jauh, lo bisa memakai f/8 untuk mendapatkan gambar lumayan tajam. Untuk mendapat gambar senja yang menawan, jangan lupa memakai ISO terendah yang bisa didapat dari suatu kamera. ISO terendah tiap kamera terkadang berbeda-beda.

Ada yang memiliki ISO terendah sebesar 100, ada juga yang memiliki ISO terendah sebesar 200. Lo dianjurkan nggak menggunakan ISO seperti Lo 1 di kamera Nikon lantaran kualitasnya relatif kurang baik.

Mengenai shutter speed, lo bisa mengaturnya sesuai dengan kondisi cahaya. Pilihlah shutter speed yang lambat jika lokasi foto terbilang gelap atau minim cahaya. Jika memilih kecepatan di bawah 1/30 detik.

Lo disarankan nggak memakai tripod agar foto terlihat tajam besar. Cobalah juga untuk sering mengganti shutter speed hingga light meter menunjukkan angka 0. Kalau mau berfoto tanpa tripod, naikkanlah jumlah ISO seiring dengan keadaan langit yang bertambah gelap.

Jika lo belum terbiasa dengan cara-cara di atas, pilihlah mode sunset untuk mendapatkan hasil foto maksimal. Ada juga mode night shot yang bisa digunakan kalau mode sunset nggak ada di kamera yang lo gunakan, Superfriends.

Percepat Shutter Speed ketika Langit Terlalu Terang

Image source: unsplash.com/@shadesofsamadhi

Banyak orang mengambil gambar sunset ketika langit berada dalam keadaan terlalu terang. Hal tersebut sebenarnya akan membuat kualitas foto terlihat kurang maksimal. Menjepret foto kala langit terang akan sangat mempengaruhi foto sekalipun lo sudah menurunkan lightmeter atau memakai mode auto/sunset, Superfriends.

Ada sejumlah cara khusus untuk mengakali keadaan langit yang terlalu terang ketika berfoto. Lo bisa mempergelap gambar kamera dengan mempercepat shutter speed hingga langit nggak terlalu putih. Dengan begitu, foto yang dihasilkan dapat terlihat menawan tanpa terlihat terlalu terang.

Kalau lo memakai mode P/A (Av)/S, maka manfaatkanlah fungsi kompensasi exposure yang memiliki simbol +/-. Aturlah terang gambar dengan menekannya ke arah minus. Usai melakukan hal ini, lo bisa mendapat gambar berkualitas baik dengan tingkat kecerahannya yang pas, Superfriends!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Beginner

Source:https://inet.detik.com/fotostop-tips-dan-trik/d-2637224/5-kiat-menghasilkan-foto-senja-yang-tidak-biasa

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips

5 Kesalahan Ketika Traveling Pakai Kendaraan Pribadi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Serangan Panik Saat Naik Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Tips Memasak di Gunung yang Mudah untuk Dipraktikkan, Ketahui!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Ketahui Teknik Memanjat Bagi Pemula dan Tips Memilih Sepatu Climbing

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Tips untuk Memaksimalkan Medsos Bisnis Lo, Biar Makin Cuan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Cara Mengobati Gigitan Tawon yang Ampuh, Pendaki Harus Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Begini Cara Membuat Simpul Mati yang Bikin Tenda Kokoh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Mengenal Buddy System, Teman Pendakian yang Bukan Sekadar Teman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Terpencil, Perbesar Peluang Selamat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Begini Tips Supaya Tenda Lo Aman Meski Kena Badai, Jangan Sampai Kebanjiran!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /