Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Persiapan Fisik Sebelum Mendaki

Author : Admin Adventure

Article Date : 19/09/2021

Article Category : Tips

Mengangkat dengkul melewati tanjakan demi tanjakan saat menuju puncak gunung tentu nggak segampang kelihatannya, Superfriends. Maka dari itu, seenggaknya lo harus lakukan persiapan fisik sebelum mendaki gunung. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Persiapan matang sebelum mendaki gunung memang menjadi hal mutlak yang wajib diperhatikan. Selain mempersiapkan bekal hidangan, peralatan dan mental, fisik lo juga wajib dipersiapkan sebelum berhadapan dengan jalur pendakian yang menantang, Superfriends.

Maka dari itu, sebaiknya simak lengkap tips lakukan persiapan fisik sebelum mendaki gunung berikut ini!

Lakukan jogging

Image source: pexels.com/@pixabay

Tips lakukan persiapan fisik sebelum mendaki gunung yang pertama yaitu lakukanlah jogging, Superfriends. Pasalnya, hal ini menjadi olahraga sederhana yang bisa dengan mudah buat dilakukan.

Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan stamina yang sangat dibutuhkan untuk perjalanan mendaki selama berjam-jam. Selain itu, jogging juga bisa meningkatkan kemampuan otot kaki sehingga menjadi lebih kuat.

Kaki yang kuat tentu saja bukan cuma berguna buat menapaki jalan menanjak, tapi juga saat perjalanan turun ketika harus mengerem dan menahan berat badan serta barang bawaan, Superfriends. 

Olahraga joging ini harus dilakukan setiap hari dan jauh sebelum waktu pendakian dimulai. Hal itu karena stamina dan kekuatan otot nggak bisa dibangun dalam waktu singkat. Lakukan jogging seenggaknya satu jam saja, namun konsisten sebelum mendaki gunung, Superfriends!

Bersepeda Melewati Tanjakan

Image source: unsplash.com/@braddycakes

Bersepeda juga menjadi salah satu olahraga yang tepat biat menguatkan stamina dan otot kaki lo nih, Superfriends. Biar olahraga yang satu ini semakin efektif dalam membangun stamina dan kekuatan tubuh, bersepedalah di jalan yang menanjak. 

Dengan demikian, fisik lo pasti bakal lebih terlatih untuk melibas medan yang berat. Sama seperti joging, lakukan olahraga ini jauh hari sebelum mendaki. Kalau lo sudah biasa bersepeda di medan yang berat, maka fisik akan lebih siap saat diajak untuk mendaki gunung, Superfriends.

Push up

Image source: unsplash.com/@militarymuscle

Mendaki gunung memang bakal sangat mengandalkan kemampuan kaki dan stamina buat menapaki medan yang terjal selama berjam-jam. Tapi, jangan lupakan juga kalau pendaki wajib membawa barang banyak bawaan seperti air minum, bekal, sampai tenda, Superfriends!

Sejumlah barang bawaan tersebut biasanya dimasukkan ke dalam tas carrier dengan kapasitas tertentu. Tentunya, bawaan yang banyak bakal membuat tas carrier semakin berat, sehingga dibutuhkan kemampuan bahu yang kuat untuk bisa membawanya, Superfriends. 

Maka dari itu, latih juga kekuatan bahu dan tubuh bagian atas dengan melakukan push up secara rutin. Push up bisa dilakukan saat joging. Setiap selesai satu putaran joging, selingi dengan melakukan push up 10 kali, Superfriends.

Berenang

Image source: pexels.com/@ajaybhargavguduru

Stamina dan kekuatan otot saja belum cukup, pernapasan lo juga wajib banget dilatih biar nggak gampang ngos-ngosan saat mendaki gunung, Superfriends. Selain rutin joging, salah satu cara untuk melatih pernapasan yaitu dengan berenang.

Lakukan olahraga renang seenggaknya dua kali seminggu biar napas semakin teratur saat berjalan di jalur pendakian. Meski ditujukan untuk pernapasan, berenang ternyata juga bermanfaat untuk melatih otot tangan dan kaki secara bersamaan lho, Superfriends.

Lakukan Pendinginan dan Peregangan

Kalau sudah melakukan sejumlah olahraga berat di atas, maka lakukan pendinginan dengan berjalan kaki sejenak dan peregangan. Pendinginan ini berguna banget buat mengurangi kelelahan otot setelah berolahraga, Superfriends.

Sementara itu, peregangan berguna buat melatih fleksibilitas otot biar nggak gampang cedera. Bukan cuma itu, peregangan juga berguna banget buat merelaksasi otot biar nggak kaku, sehingga nyaman digunakan buat aktivitas fisik.

Yup, itulah beberapa tips lakukan persiapan fisik sebelum mendaki gunung. Semoga bisa menjadi referensi yang membantu petualangan lo ya, Superfriends. Selamat bertualang!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Wilderness #Hiking #Tips

Source:https://travel.kompas.com/read/2019/06/12/110900727/sebelum-kamu-mendaki-gunung-persiapan-fisik-apa-yang-harus-dilakukan-?page=all

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips

5 Kesalahan Ketika Traveling Pakai Kendaraan Pribadi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Serangan Panik Saat Naik Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Tips Memasak di Gunung yang Mudah untuk Dipraktikkan, Ketahui!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Ketahui Teknik Memanjat Bagi Pemula dan Tips Memilih Sepatu Climbing

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Tips untuk Memaksimalkan Medsos Bisnis Lo, Biar Makin Cuan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Cara Mengobati Gigitan Tawon yang Ampuh, Pendaki Harus Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Begini Cara Membuat Simpul Mati yang Bikin Tenda Kokoh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Mengenal Buddy System, Teman Pendakian yang Bukan Sekadar Teman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Terpencil, Perbesar Peluang Selamat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Begini Tips Supaya Tenda Lo Aman Meski Kena Badai, Jangan Sampai Kebanjiran!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /