Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Tips Membuat Logo Band

Author : Admin Music

Article Date : 28/09/2021

Article Category : Super Buzz

Logo band menjadi aspek yang tak bisa dilepaskan dari sebuah grup musik. Identitas sebuah band nyatanya tidak cuma dikenal dari namanya, tetapi juga dari logo band yang juga melekat di ingatan para penggemarnya.

Sebuah band juga bisa lebih dikenal tak cuma lewat sajian musik yang berkualitas, tetapi juga bisa lebih dikenal karena logo band tersebut. Oleh karena itu, pembuatan logo band sendiri tidak bisa disepelekan.

Tak jarang, band-band besar di dunia sampai menyewa jasa desainer ternama untuk merancang logo band mereka. Logo band secara tidak langsung sudah menjadi alat branding yang sangat efektif serta jadi hal yang paling esensial alam memaparkan eksistensi sebuah band.

Logo band yang menarik dan menarik perhatian para pendengar musik juga bisa menjadi langkah sebuah band untuk memanfaatkannya sebagai merchandise. Jika diperhatikan, logo band yang ikonis di industri musik global seringkali memiliki desain yang eye catching dan mudah diingat awam. Nah, bagaimana, sih, tips dan cara membuat logo band sendiri?

Baca juga: Cerita di Balik Logo Band Ternama dan Ikonis

Mencari Referensi Logo Band

Meski sama-sama merupakan bagian seni, membuat logo band dalam praktiknya cukup berbeda dengan musik. Jika musik adalah bentuk ekspresi diri dan datang dari inspirasi yang spontan, membuat logo band atau desain harus mengikuti beberapa langkah atau aturan.

Dalam membuat logo band, kalian harus menyusun proses dan melakukan analisis serta perencanaan sebelum membuat produk akhir. Dengan melihat logo band lain, akan memberi kalian gambaran tentang apa yang kalian inginkan pada desain logo band kalian sendiri.

Namun perlu diingat, melihat bukan berarti menjiplak dan menjadikannya desain band kalian, ya. Pertimbangkan band yang memainkan gaya musik serupa dengan band yang kalian garap.

Membuat Perencanaan

Langkah selanjutnya dalam membuat desain logo adalah menentukan tujuan yang ingin kalian dapatkan dari logo tersebut. Untuk memastikan proses desain logo musik terstruktur, kalian perlu bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan seperti: genre musik yang diusung, identitas yang ingin ditonjolkan dari logo band, dan ornamen apa yang akan digunakan dalam logo band?

Kalian juga bisa mengambil keputusan dari genre musik yang diusung. Misalnya, band heavy metal cenderung menggunakan bentuk dan garis yang 'edgier', spikier di logo mereka. Sementara band hard rock cenderung menggunakan gambar seperti pedang dan tengkorak atau band rock alternatif sangat menyukai garis halus atau variasi nama yang kreatif.

Setelah itu, kalian juga bisa menentukan elemen desain apa yang sesuai untuk logo band kalian sendiri. Beberapa band hanya menggunakan nama mereka dalam font yang menarik sebagai logo mereka. Band lain menyingkat nama mereka, dan beberapa hanya menggunakan gambar untuk logo mereka.

Ada beberapa contoh band yang menggunakan nama mereka sebagai logo band seperti Metallica, AC/DC, dan Anthrax. Sementara ada band lain yang menggunakan gambar tanpa kata untuk logo band mereka macam The Rolling Stones, Weezer, dan The Grateful Dead.

Bertanya pada Komunitas

Mencari referensi dengan bertanya pada komunitas musik yang kalian miliki juga bisa jadi langkah bagus dalam menentukan desain logo band. Kalian bisa mendapatkan jawaban yang mungkin membuka lebih luas pemikiran soal logo band.

Untuk meminta pendapat tentu kalian juga perlu memberi tahu soal nama band dan jelaskan musik apa yang kalian mainkan. Jika tak bisa datang langsung untuk bertanya dan berdiskusi, kalian bisa menggunakan media sosial sebagai wadah diskusi dengan komunitas atau bahkan para pendengar musik kalian.

Simple dan Fleksibel

Last but not least, ingatlah bahwa logo memiliki banyak tujuan yang berbeda dan, selanjutnya, berbagai kegunaan lainnya. Ketika membuat logo band, ingatlah desain yang kalian persiapkan sehingga nantinya bisa diubah agar sesuai dengan berbagai kesempatan dan kondisi.

Misalnya, akun media sosial band kalian mungkin memerlukan varian logo band yang berbeda dari pengumuman konser yang akan dilakukan. Sementara logo band yang utama tetap harus terlihat bagus tanpa terlalu banyak detail. Akan sangat baik jika logo band yang kalian buat lebih fleksibel terhadap sedikit perubahan.

 

Image source: Shutterstock

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#logo band #band logo #cara membuat logo band #ac/dc #Metallica

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /