Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Tips Memilih Gitar Elektrik yang Cocok Bagi Pemula

Author : Admin Music

Article Date : 23/05/2022

Article Category : Tips & Gears

Jika pada saat ini kalian memutuskan untuk mulai bermain gitar elektrik, maka pertama saya ucapkan selamat datang dan selamat menikmati kesenangan bermain gitar elektrik. Terlepas dari ekspresi musik kalian yang menyukai rock, metal, pop, jazz, country, atau apa pun genrenya, gitar elektrik dapat dimainkan untuk semua jenis musik tersebut. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari gitar elektrik pemula, dibutuhkan cara dan pertimbangan dasar untuk memilihnya. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat mencari gitar elektrik karena setiap bagian dari instrumen gitar mempengaruhi suara dan rasa yang dihasilkan. Mari kita lihat apa saja pertimbangan dan rekomendasi dalam memilih gitar elektrik yang tepat bagi pemula. 

Bentuk Gitar

Harus diingat, bahwa pilihan ada pada isi dompet kalian ya, bentuk gitar biasanya mempengaruhi penampilan dan harganya. Terdapat ragam bentuk yang berbeda di luar sana dan, meskipun itu tidak terlalu memengaruhi suara yang dihasilkannya, tetapi hal itu memengaruhi seberapa nyaman sobat bermain, dan tampilannya.

Bentuk Les Paul dan Stratocaster adalah dua bentuk body gitar elektrik yang paling dikenal dan tentunya anggaran yang ditawarkan beberapa pabrikan Asia dan Amerika juga cukup terjangkau. Untuk model pertama ini, kalian bisa memilih pabrikan Jepang seperti Bacchus gitar yang mulai diperhitungkan di Indonesia atau pabrikan lokal seperti Delta, Radix, dan Stranough gitar. Masih terdapat banyak deretan gitar dengan bentuk strat yang bisa sobat coba telusuri yang dari segi bentuk cocok untuk pemula. 

Model kedua, yaitu Les Paul yang umumnya cenderung memiliki bentuk bodi yang lebih tebal dengan satu cutaway jika dibandingkan dengan Stratocaster yang sedikit lebih tipis, dengan dua cutaway. Bentuk bodi ini memengaruhi seberapa nyaman gitar ini dimainkan, urusan mana yang lebih tepat sepenuhnya pada pilihan pribadi. Ada juga model seperti Epiphone SG yang memiliki suara yang mirip dengan Les Paul, tetapi sedikit lebih tipis dan biasanya lebih ringan.

Jenis Kayu

Kayu yang digunakan untuk gitar elektrik bervariasi. Kalian akan menemukan jenis basswood , alder atau nato yang digunakan pada beberapa model elektrik untuk pemula. Kayu ini biasanya digunakan untuk menekan biaya, sementara lainnya menggunakan kayu mahoni, yang biasanya lebih berat. Seberapa besar pengaruh kayu bodi terhadap suara gitar elektrik masih diperdebatkan secara luas, tetapi yang pasti tentu saja mempengaruhi bobot gitar yang mempengaruhi seberapa lama pemula kuat memainkannya. Jika penasaran, Sahabat bisa mencoba sensasi suara dan kenyamanan ibanez GRGM21M yang berbahan baswwod dengan harga di bawah 3 jutaan

Cara Kerja Pickup?

Bagian terbesar dari suara gitar adalah pickup gitar elektrik. Pickup pada dasarnya adalah magnet yang dibungkus dengan kawat dan mereka mengubah getaran string yang bergerak menjadi sinyal elektrik, yang kemudian dikirim ke amplifier. Jenis pickup cukup banyak, namun yang paling populer adalah single coil (seperti yang terlihat di Strat dan Tele), dan humbucker (biasanya ditemukan di Les Paul).

Secara umum, single coil atau kumparan tunggal biasanya terdengar lebih tipis, lebih terang, dan mengeluarkan sinyal yang lebih rendah daripada humbucker, yang membuatnya bagus untuk menghasilkan suara gitar clean. Humbucker biasanya terdengar lebih hangat dan lebih tebal, dan, meskipun terdengar sangat bersih, mereka memiliki output yang lebih tinggi yang menyebabkannya terdistorsi sedikit lebih cepat. Banyak pemain rock dan metal klasik menyukai humbucker, dan pemain funk, pop, dan country sering menggunakan single coil.

Hardware

Hardware cukup penting saat mencari gitar elektrik pemula terbaik. Hardware atau perangkat keras terdiri dari hal-hal seperti bridge, saddle, tuning machine, jack output (tempat Sobat mencolokkan kabel). Berinvestasi dalam kualitas yang lebih baik, perangkat keras yang lebih kokoh berarti gitar kalian akan membutuhkan lebih sedikit perawatan dan mempertahankan penyetelannya dengan lebih baik; bahkan dapat membantu mempertahankan, membuatnya terdengar lebih baik juga. 

Pada akhirnya, Kalian sendiri yang akan bermain gitar, jadi penting bagi kalian untuk menemukan sesuatu yang nyaman dimainkan. Ada banyak sumber belajar untuk gitaris pemula, dalam buku maupun pelajaran gitar online. YouTube memiliki beberapa konten yang bagus jika kalian ingin belajar sendiri, ditambah ada guru yang senang bertemu langsung, atau mengajar melalui online. Selamat mencoba, Superfriends!

Image courtesy: shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Agung Hellfrog #Gitar Elektrik #Musisi #Gitar #Gitaris Pemula

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips & Gears

Valeton GP 200: Temukan Rekan Panggung Ideal Kalian

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: Schecter Rilis Deretan Gitar Ramah Kantong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: Flamma Fx100 Multi Efek di Bawah Rp3 Juta, Haruskah Dibeli?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: Perlukah Gitar Khusus untuk Bermain Metal?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Rekomendasi 4 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: 3 Pedal Buffer Terbaik untuk Gitar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: Masa Depan Multi Efek di Tangan Zoom G6

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Agung Hellfrog: 5 PEDAL GITAR MURAH YANG PATUT DICOBA

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

ENYA HEXG, SMART AUDIO GUITAR PERTAMA DI DUNIA

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips & Gears

Perbedaan Pedal Boost, Overdrive, dan Distorsi: Panduan Bagi Gitaris Pemula

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /