Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

mendaki gunung pemula

Author : Admin Adventure

Article Date : 27/11/2021

Article Category : Tips

Bagi orang yang sudah pernah mendaki, aktivitas mendaki gunung tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun, bagi orang yang baru pertama kali mendaki hal ini jelas jadi sebuah tantangan. Untuk itu, pendaki pemula wajib mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dan dibutuhkan sebelum benar-benar mendaki gunung.

Nah, kalau lo sendiri termasuk ke tipe yang sudah pernah atau baru pertama kali mendaki nih superfriends? Kalau memang baru pertama kali, yuk simak beberapa tips mudah dan efektif untuk mendaki gunung bagi pemula berikut ini.

Kenali kemampuan diri 

Image source: pexels.com/@elina-sazonova

Seorang pendaki gunung pemula jelas harus mengenali kemampuan dirinya sendiri terlebih dahulu. Sebab, kalau diri sendiri gak yakin mampu untuk mendaki maka sebaiknya gak perlu melakukannya. 

Selain itu, pendaki pemula juga harus menyiapkan empat kemampuan mendaki, seperti kemampuan teknis, fisik, kemanusiaan, serta pemahaman lingkungan. Jika belum memahami satu di antaranya, silakan pelajari terlebih dahulu. 

Jangan mendaki sendirian, gabung komunitas 

Image source: unsplash.com/@dmat

Sebagai pendaki pemula, lo gak boleh sembarangan untuk mendaki gunung sendirian superfriends. Sebab, hal tersebut sangat berisiko buruk apalagi jika lo gak punya pengetahuan apa-apa tentang mendaki.

Alih-alih sendirian, lo bisa coba bergabung ke komunitas pendaki atau minta ditemani teman yang memang sudah berpengalaman. Mendaki gunung seorang diri baik pemula maupun profesional akan sangat berisiko apabila gak mengetahui kemampuan pendakian gunung dan belum cukup informasi.

Menabung perlengkapan pendakian 

Image source: pexels.com/@daniel-eliashevsky

Selama masa pandemi yang belum berakhir, Galih menuturkan, para pendaki pemula bisa menabung untuk membeli perlengkapan pendakian yang belum lengkap. "Kan pandemi ini uang gak keluar banyak. Menabung dengan beli perlengkapan sesuai dengan kebutuhan kita. Bukan keinginan, tapi kebutuhan. Misalnya, sepatu yang sesuai dengan karakteristik gunung kita," katanya. 

Jangan lupa bawa perlengkapan yang sesuai

Image source: pexels.com/@pixabay

Perlengkapan seperti ransel carrier harus disesuaikan dengan kemampuan daya angkut tubuh. Selain itu, usahakan untuk membawa sleeping bag yang mudah dikemas, jaket yang ringan dan menghangatkan, matras, hingga cooking set yang praktis.

Jangan bawa perlengkapan yang mengandung sampah karena semua pendaki juga wajib mengurangi atau gak membawa perlengkapan yang bisa menjadi sampah. Bila kamu ingin membawa makanan, kamu bisa membawanya dalam bentuk fisiknya saja tanpa bungkusnya.

Pakai jasa pemandu gunung 

Selain ikut bergabung ke komunitas atau mengajak teman yang sudah pernah mendaki, lo juga bisa menyewa pemandu gunung jika memang ingin. Dengan begitu, lo akan benar-benar tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika mendaki. 

Namun, pilihlah pemandu gunung bersertifikasi resmi atau tergabung dalam Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI). Ini penting agar lo gak khawatir saat menggunakan jasa mereka meski baru pertama kali naik gunung. 

Berlatih memasak atau mengolah makanan 

Kegiatan pendakian gunung juga memerlukan kemampuan tambahan yaitu memasak atau mengolah makanan. Pendaki pemula disarankan memiliki kemampuan dasar tersebut agar tak kesulitan makan di atas gunung. 

 

Bahan-bahan logistik tersebut dapat dibeli pada masyarakat sekitar kaki gunung atau kamu bawa dari rumah. Hanya saja seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, usahakan untuk membawa bentuk fisik dari makanan yang ingin kamu bawa agar gak mengotori gunung dengan sampah.

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Hiking #Wilderness #Beginner #Extreme #Tips

Source:https://travel.kompas.com/read/2020/08/13/211000327/6-tips-mendaki-gunung-bagi-pemula-belajar-olah-makanan?page=all

0 Comments

Comment
Other Related Article
caving

Wajib Tahu, Ini 3 Teknik Dasar Caving Bagi Pemula

25 January 2022

Tips

nyetir mobil

Tips Anti Pegal Nyetir Mobil Saat Road Trip

24 January 2022

Tips

papan selancar di mobil

Begini Cara Meletakkan Papan Selancar di . . . .

23 January 2022

Tips

YouTube

Cara Jitu Promosi Produk Lewat Youtube, . . . .

23 January 2022

Tips

tips road trip Jakarta-Jogja

Pahami Tips Road Trip Jakarta-Jogja Sebelum . . . .

23 January 2022

Tips

salah jalur pendakian

Lakukan Ini Ketika Lo Salah Jalur Pendakian Gunung

22 January 2022

Tips

desa adat

Tips Aman dan Nyaman Saat Berkunjung . . . .

21 January 2022

Tips

segmen pasar

Tips Tentukan Segmen Pasar Biar Lebih . . . .

21 January 2022

Tips

tanaman di gunung

Tanaman di Gunung yang Bisa Jadi Sumber Air Minum

21 January 2022

Tips

mencegah hewan liar

Tips Agar Terhindar dari Gangguan Hewan . . . .

20 January 2022

Tips

1 /