Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

segmen pasar

Author : Admin Adventure

Article Date : 21/01/2022

Article Category : Tips

Menentukan segmen pasar yang tepat sasaran tentu wajib dilakukan demi kelancaran berbisnis. Sebab, pemahaman yang baik terhadap segmen pasar nantinya bakal mempermudah dalam memaksimalkan penjualan, di mana penjualan bisa diarahkan fokus pada target yang tepat sejak awal, Superfriends.

Hal ini tentu bakal berdampak pada peluang kesuksesan produk tersebut lebih besar ke depannya. Saat penjualan bisa tercapai dengan maksimal, maka potensi keuntungan yang besar tentu sudah bisa diharapkan di dalam bisnis.

Semua ini akan dipengaruhi oleh segmen pasar yang disasar sejak awal, Superfriends. Maka dari itu, sebaiknya simak lengkap tips menentukan segmen pasar biar lebih tepat sasaran saat berbisnis berikut ini!

Tentukan Micro Market

Image source: shutterstock.com/apops

Pasar mikro (Micro Market) merupakan target pasar dari segmen yang sudah Lo tentukan pada tahap awal di atas. Segmen pasar ini sudah lebih spesifik serta lebih kecil dari yang Lo tentukan di tahap sebelumnya.

Lo bisa membaginya dalam beberapa micromarket yang berbeda, sebab setiap segmen bisa saja membutuhkan pola pendekatan pemasaran yang juga berbeda. Dalam tahap ini, Lo sudah harus memahami kebutuhan dan karakter setiap segmen, sehingga lebih mudah untuk menentukan sistem pemasaran yang tepat.

Pengerucutan segmen pasar dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

·         Apakah calon konsumen punya kemampuan keuangan yang sesuai?

·         Adakah alasan calon konsumen untuk membeli produk Lo?

·         Apakah produk Lo bisa menjadi solusi yang layak bagi calon konsumen?

·         Mampukah produk Lo menghadapi ketatnya persaingan?

·         Apakah ada peluang untuk terciptanya penjualan?

Dalam proses ini, kedua langkah di atas bisa dilakukan secara berulang, sehingga target untuk segmen pasar dapat ditentukan dengan tepat.

Lihat Kondisi Pasar dengan Menyeluruh

Image source: shutterstock.com/apops

Melihat kondisi pasar dan memahaminya dengan menyeluruh merupakan langkah dasar untuk menetapkan segmen pasar itu sendiri. Pasar yang tepat merupakan sekelompok orang yang membutuhkan dan bisa menikmati manfaat dari layanan atau produk yang dijual.

Penentuan kelompok ini masih terbilang luas dan nggak fokus, sehingga lo perlu melakukan pengerucutan yang lebih detail lagi di dalamnya, Superfriends!

Lakukan segmentasi pasar

Image source: shutterstock.com/apops

Pengelompokan pasar di atas menjadi segmen pasar yang lebih terarah bisa dilakukan dengan beberapa variabel yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa kategori umum yang paling sering digunakan:

·        Geografis: Pengelompokan pasar yang dilakukan berdasarkan letak geografis, seperti wilayah, kota, dan lainnya.

·         Demografis: pengelompokan segmen pasar berdasarkan usia, karakteristik populasi, status pernikahan, dan yang lainnya.

·         Psikografis: pengelompokan pasar berdasarkan gaya hidup, minat target, opini, dan yang lainnya.

·         Benefits sought (keuntungan yang dicari): pengelompokan pasar berdasarkan keuntungan tertentu yang dicari konsumen dari sebuah produk atau layanan jasa.

·         Behavioral: Pengelompokan pasar berdasarkan keterkaitan/ hubungan konsumen terhadap sebuah produk.

Langkah pertama yang harus Lo lakukan dalam segmentasi adalah menentukan kategori yang paling tepat dan sesuai dengan produk/ layanan jasa yang Lo jual.  Hal ini harus diawali dengan melakukan riset yang dapat memvalidasi opini calon konsumen terhadap produk Lo tersebut.

Selanjutnya, lo juga akan membutuhkan evaluasi dalam menentukan segmen pasar tersebut, sehingga lo benar-benar menemukan segmen pasar yang paling tepat dan sesuai dengan produk lo, Superfriends. Idealnya segmen pasar haruslah memenuhi beberapa kondisi berikut ini:

·         Dapat diukur.

·         Menguntungkan.

·         Stabil.

·         Bisa dicapai.

·         Homogen secara internal.

·         Heterogen secara eksternal.

·         Responsif.

·         Hemat biaya.

·         Mempermudah identifikasi pemasaran.

Nah, itulah beberapa tips menentukan segmen pasar biar lebih tepat sasaran saat berbisnis. Semoga bisa mencerahkan dan menginspirasi ya, Superfriends. Selamat mencoba!

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Trending #Beginner

Source:https://www.cermati.com/artikel/cara-memahami-dan-menentukan-segmen-pasar-dalam-bisnis

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Tips

5 Kesalahan Ketika Traveling Pakai Kendaraan Pribadi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasi Serangan Panik Saat Naik Gunung

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Tips Memasak di Gunung yang Mudah untuk Dipraktikkan, Ketahui!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Ketahui Teknik Memanjat Bagi Pemula dan Tips Memilih Sepatu Climbing

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Tips untuk Memaksimalkan Medsos Bisnis Lo, Biar Makin Cuan!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Cara Mengobati Gigitan Tawon yang Ampuh, Pendaki Harus Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Begini Cara Membuat Simpul Mati yang Bikin Tenda Kokoh

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Mengenal Buddy System, Teman Pendakian yang Bukan Sekadar Teman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

5 Tips Bertahan Hidup saat Terdampar di Pulau Terpencil, Perbesar Peluang Selamat!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Tips

Begini Tips Supaya Tenda Lo Aman Meski Kena Badai, Jangan Sampai Kebanjiran!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /