Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

segmen pasar

Author : Admin Adventure

Article Date : 21/01/2022

Article Category : Tips

Menentukan segmen pasar yang tepat sasaran tentu wajib dilakukan demi kelancaran berbisnis. Sebab, pemahaman yang baik terhadap segmen pasar nantinya bakal mempermudah dalam memaksimalkan penjualan, di mana penjualan bisa diarahkan fokus pada target yang tepat sejak awal, Superfriends.

Hal ini tentu bakal berdampak pada peluang kesuksesan produk tersebut lebih besar ke depannya. Saat penjualan bisa tercapai dengan maksimal, maka potensi keuntungan yang besar tentu sudah bisa diharapkan di dalam bisnis.

Semua ini akan dipengaruhi oleh segmen pasar yang disasar sejak awal, Superfriends. Maka dari itu, sebaiknya simak lengkap tips menentukan segmen pasar biar lebih tepat sasaran saat berbisnis berikut ini!

Tentukan Micro Market

Image source: shutterstock.com/apops

Pasar mikro (Micro Market) merupakan target pasar dari segmen yang sudah Lo tentukan pada tahap awal di atas. Segmen pasar ini sudah lebih spesifik serta lebih kecil dari yang Lo tentukan di tahap sebelumnya.

Lo bisa membaginya dalam beberapa micromarket yang berbeda, sebab setiap segmen bisa saja membutuhkan pola pendekatan pemasaran yang juga berbeda. Dalam tahap ini, Lo sudah harus memahami kebutuhan dan karakter setiap segmen, sehingga lebih mudah untuk menentukan sistem pemasaran yang tepat.

Pengerucutan segmen pasar dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

·         Apakah calon konsumen punya kemampuan keuangan yang sesuai?

·         Adakah alasan calon konsumen untuk membeli produk Lo?

·         Apakah produk Lo bisa menjadi solusi yang layak bagi calon konsumen?

·         Mampukah produk Lo menghadapi ketatnya persaingan?

·         Apakah ada peluang untuk terciptanya penjualan?

Dalam proses ini, kedua langkah di atas bisa dilakukan secara berulang, sehingga target untuk segmen pasar dapat ditentukan dengan tepat.

Lihat Kondisi Pasar dengan Menyeluruh

Image source: shutterstock.com/apops

Melihat kondisi pasar dan memahaminya dengan menyeluruh merupakan langkah dasar untuk menetapkan segmen pasar itu sendiri. Pasar yang tepat merupakan sekelompok orang yang membutuhkan dan bisa menikmati manfaat dari layanan atau produk yang dijual.

Penentuan kelompok ini masih terbilang luas dan nggak fokus, sehingga lo perlu melakukan pengerucutan yang lebih detail lagi di dalamnya, Superfriends!

Lakukan segmentasi pasar

Image source: shutterstock.com/apops

Pengelompokan pasar di atas menjadi segmen pasar yang lebih terarah bisa dilakukan dengan beberapa variabel yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa kategori umum yang paling sering digunakan:

·        Geografis: Pengelompokan pasar yang dilakukan berdasarkan letak geografis, seperti wilayah, kota, dan lainnya.

·         Demografis: pengelompokan segmen pasar berdasarkan usia, karakteristik populasi, status pernikahan, dan yang lainnya.

·         Psikografis: pengelompokan pasar berdasarkan gaya hidup, minat target, opini, dan yang lainnya.

·         Benefits sought (keuntungan yang dicari): pengelompokan pasar berdasarkan keuntungan tertentu yang dicari konsumen dari sebuah produk atau layanan jasa.

·         Behavioral: Pengelompokan pasar berdasarkan keterkaitan/ hubungan konsumen terhadap sebuah produk.

Langkah pertama yang harus Lo lakukan dalam segmentasi adalah menentukan kategori yang paling tepat dan sesuai dengan produk/ layanan jasa yang Lo jual.  Hal ini harus diawali dengan melakukan riset yang dapat memvalidasi opini calon konsumen terhadap produk Lo tersebut.

Selanjutnya, lo juga akan membutuhkan evaluasi dalam menentukan segmen pasar tersebut, sehingga lo benar-benar menemukan segmen pasar yang paling tepat dan sesuai dengan produk lo, Superfriends. Idealnya segmen pasar haruslah memenuhi beberapa kondisi berikut ini:

·         Dapat diukur.

·         Menguntungkan.

·         Stabil.

·         Bisa dicapai.

·         Homogen secara internal.

·         Heterogen secara eksternal.

·         Responsif.

·         Hemat biaya.

·         Mempermudah identifikasi pemasaran.

Nah, itulah beberapa tips menentukan segmen pasar biar lebih tepat sasaran saat berbisnis. Semoga bisa mencerahkan dan menginspirasi ya, Superfriends. Selamat mencoba!

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Tips #Urban Action #Trending #Beginner

Source:https://www.cermati.com/artikel/cara-memahami-dan-menentukan-segmen-pasar-dalam-bisnis

0 Comments

Comment
Other Related Article
franchise

Lebih Dekat dan Pahami Cara Kelola . . . .

16 May 2022

Tips

merintis bisnis

3 Ide Cari Modal Praktis buat Merintis Bisnis

15 May 2022

Tips

waktu penerbangan terbaik

Alasan Pagi Hari Menjadi Waktu Penerbangan Terbaik

14 May 2022

Tips

koper

4 Tips Memilih Koper yang Benar . . . .

14 May 2022

Tips

jet lag

Ternyata Ini Penyebab dan Cara Ampuh . . . .

13 May 2022

Tips

Gunung Nglanggeran

Tips Mendaki Gunung Nglanggeran Bagi Pemula, . . . .

12 May 2022

Tips

India

5 Tips Traveling di India Agar . . . .

12 May 2022

Tips

Mendaki gunung

Perhatikan, Hindari 5 Hal Ini Saat Mendaki Gunung!

12 May 2022

Tips

wakeboarding

5 Tips Wakeboarding Aman dan Menyenangkan . . . .

12 May 2022

Tips

Hiu

Hanya dengan Sendok Bisa Deteksi Keberadaan . . . .

12 May 2022

Tips

1 /