Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Tren Begpacker Menggeliat di Mana-Mana: Pertanda Baik atau Buruk?

Author :

Article Date : 10/07/2019

Article Category : In Depth

 

Seseorang yang sudah memutuskan untuk melakukan sebuah perjalanan, tentu sudah mengatur keuangan yang akan mengakomodir keadaan dan keberadaannya di spot petualangan yang dituju. Sayangnya, kondisi tetiba kehabisan uang di tengah perjalanan adalah hal buruk yang bisa diterima oleh petualang mana saja.

 

Sudah menjadi pemandangan umum kalau ada turis yang kehabisan uang, lalu mencoba menjual jasa, atau bahkan meminta-minta di jalan. Pemandangan ini bisa lo temukan di Thailand. Di sana, cukup banyak para petualang mancanegara, yang kehabisan uang dan jadi begpacker.

 

[readalso url=20176]

 

Apa itu begpacker? Apakah lo masih asing dengan istilah ini? Tenang bro – lo sudah di halaman yang tepat untuk mengetahui istilah tersebut.

 

Mengenal Istilah Begpacker

Tren Begpacker Menggeliat di Mana-Mana: Pertanda Baik atau Buruk? credit: twentytwowords.com

Begpacker – sebuah julukan atau mode petualang, hal ini yang mesti ditelisik lebih dalam. Kalau dari situs qz.com – menyatakan kalau begpacker ternyata sebuah fenomena, yang menunjukan kalau kemiskinan yang palsu adalah sebuah status baru untuk para petualang.

 

Argumen tersebut berkaitan dengan latarbelakang yang sudah disebutkan di atas sebelumnya. Seseorang yang sudah siap untuk melakukan perjalanan atau petualangan – tentu, sudah menyiapkan budget untuk mengakomodir dirinya, tapi kenapa malah mengemis di negeri tetangga?

 

Percaya atau tidak, begpacker adalah salah satu fenomena yang sekarang ini malah terkesan jadi mode petualangan baru. Namun, para petualang yang mengemis – atau setidaknya menjual jasa seperti melukis, memotret atau hal lainnya adalah hal yang baru di Indonesia.

Tren Begpacker Menggeliat di Mana-Mana: Pertanda Baik atau Buruk? credit: hipwee.com

 

Tidak hanya di Thailand, turis-turis atau petualang mancanegara beberapa kali terlihat di Bali juga menjadi begpacker. Mereka berusaha menutupi kekurangan dari budget petualangan yang habis entah buat apa dengan mengemis atau menawarkan jasa memotret atau menggambar.

 

Begpacker Juga Ada di Bali

Tren Begpacker Menggeliat di Mana-Mana: Pertanda Baik atau Buruk? credit: kumparan.com

Walau menurut mereka hal ini sah-sah saja – namun buat peraturan daerah, hal ini tentu tidak lumrah. Mana ada sih petualang akhirnya mengemis untuk mencukupi kebutuhan mereka di negeri yang mereka datangi. Cukup aneh untuk masyarakat Indonesia.

 

Selain aneh – terkait dengan aturan daerah – di Indonesia sendiri para pengemis saja dikumpulkan untuk diberi pelatihan agar mendapat pekerjaan yang pantas, singkatnya – begpacker adalah sesuatu yang illegal.

 

Tapi ada hal menarik yang sudah diberi garis tebal di bahasan yang ada di Medium. Terkait para begpacker – mereka menganggap apa yang mereka lakukan sah-sah saja. Tahu mengapa? Mereka pikir hal tersebut adalah hal istimewa para kulit putih.

Tren Begpacker Menggeliat di Mana-Mana: Pertanda Baik atau Buruk? credit: kaskus.co.id

Cukup menjengkelkan memang dibacanya – tetapi setidaknya argumen di atas cukup masuk akal melihat makin merajalelanya mereka untuk melakukan minta-minta di negara yang mereka datangi. Oleh karena itu, di Bali – pemerintah setempat mempunyai cara sendiri untuk mengingatkan mereka.

 

Dari situs news.com.au – menyatakan kalau pemerintah setempat di Bali sudah capai dengan ulah para begpacker yang terus mengulangi perbuatan mereka. Yang pemerintah setempat khawatirkan adalah ketidaknyamanan yang mereka munculkan untuk para petualang lainnya.

 

Oleh karena itu, pemerintah setempat di Bali akan melaporkan mereka ke masing-masing negaranya melalui kedutaan. Dari situ – pemerintah setempat Bali berharap turis-turis yang kehabisan uang itu bisa dapat bantuan dari negaranya masing-masing untuk pulang ke tempat asalnya.

 

Lembaga Imigrasi Sudah Bergerak!

Tren Begpacker Menggeliat di Mana-Mana: Pertanda Baik atau Buruk? credit: adventure.com

Tidak hanya pemerintah daerah di Bali saja yang berusaha untuk mengembalikan para begpacker ke negara masing-masing, tapi sekarang ini lembaga legal Indonesia seperti imigrasi – sudah bergerak dan mengambil langkah-langkah tegas untuk menangani mereka-mereka ini.

 

Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM sudah memberikan himbauan pada masyarakat Indonesia jika melihat wisatawan atau traveller mancanegara yang mengamen, meminta uang atau menawarkan jasa dan sejenisnya – untuk melaporkan ke pihak yang berwajib.

 

Dari pihak berwajib – nantinya akan diteruskan ke kantor imigrasi terdekat dan langsung dikoordinasikan dengan negara asal turis atau traveller mancanegara itu. Selain langkah tersebut – imigrasi juga akan memintakan tiket pulang pergi untuk mengantarkan mereka yang nantinya akan bekerja sama dengan Tim Pengawas Orang Asing – Tim Pora.

 

Begpacker: Tren Buruk Petualangan

Setujukah lo dengan sub judul di atas? Walau bagaimana juga – ternyata begpacker adalah salah satu warna dari banyak gaya petualangan yang bisa lo terapkan. Namun, perlu lo ketahui juga kalau begpacker adalah salah satu gaya traveling yang beresiko tinggi.

 

Oleh karena itu, beberapa petualang menganggap kalau begpacker adalah salah satu gaya traveling yang buruk. Hal ini akhirnya menjadi sebuah peringatan untuk lo semua para traveller agar lebih pintar dan teliti untuk mengatur keuangan.

 

[readalso url=20173]

 

Jangan sampai kehabisan dan lo mesti meminta-minta serta melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan di daerah tersebut. Pastikan perhitungan lo sudah matang – dan budget travel lo cukup untuk mengakomodir keberadaan lo di spot petualangan yang akan dituju.

 

Feature Image – coconuts.co

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
In Depth

Jack Wolfskin, Sukses Jadi Merek Outdoor Ramah Lingkungan

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
In Depth

Reinhold Messner, Pendaki yang Usulkan Carstensz Masuk Seven Summits

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
In Depth

Kenalan Sama Para Daredevil dari Berbagai Negara di Dunia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
In Depth

Madu Ternyata Punya Manfaat Buat Kesehatan Para Pendaki

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
In Depth

Chicama, Ombak Pertama yang Dilindungi Secara Hukum di Dunia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
In Depth

Mengenal Bunga Daisy yang Terhampar di Puncak Gunung Prau

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
In Depth

Mengenal Sistem Pulley Pada Vertical Rescue, Seperti Apa?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
In Depth

Bukan Sungai, Arung Gelombang Justru Dilakukan di Laut

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
In Depth

Penyebab Utama Seorang Pendaki Gunung Sering Hilang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
In Depth

Tentang Sejarah dan Tujuan Mountain Climbing yang Perlu Lo Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /