Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Wake Up, Iris! Lanjutkan Perjalanan dan Sajikan Single Clio

Author : Admin Music

Article Date : 17/03/2023

Article Category : Super Buzz

Clio merupakan judul untuk single baru dari duo bernama Wake Up, Iris!. Single Clio ini merupakan kelanjutan Wake Up, Iris! dari single mereka tahun 2021 lalu, Mnemosyne. Single ini dirilis pada 24 Februari 2023 lalu.

Clio sendiri merupakan judul yang diambil dari nama Dewi dalam sejarah Yunani kuno. Baik Clio maupun Mnemosyne adalah bagian dari album kedua Wake Up, Iris! berjudul Mousai

Penggarapan single Clio ini terbilang cukup unik karena beriringan dengan berubahnya format band menjadi duo, serta proses pengkaryaan lagu yang berkembang dari kedua personelnya. Wake Up, Iris! pu mengajak Gege Pranata untuk mengisi bagian drum dan Irsyad di line bass untuk menambah warna dalam musik mereka.

Clio menjadi salah satu trek dari total sembilan trek dalam album Mousai tersebut. Lagu ini dilepas seperti halnya pintu masuk untuk menjelaskan kepada para pendengar seperti apa pengalaman yang akan didengar dan rasakan di dalam album tersebut.

“Kami mengusung tema Mousai atau ‘The Muse’ dari dunia mitologi Yunani kuno. Mereka adalah pemberi inspirasi para penulis dan penyair Yunani kuno ketika menuliskan mitologi, lagu, drama dan pengetahuan pada jaman dahulu kala. Kami mengundang entitas yang sama untuk kembali memberi inspirasi pada lagu-lagu kami namun dengan realita yang ada pada hari ini” jelas Vania.

Vania melanjutkan, menurutnya, Wake Up, Iris! telah melihat banyak orang telah kehilangan mimpinya hari ini, atau harus mengorbankan mimpinya. Ini terjadi karena perkataan orang lain di luar dirinya. Mimpi itu bisa hilang karena keluarga, teman, atau bahkan omongan tetangga!

“Banyak dari teman-teman kami yang bercerita bahwa mereka sebenarnya menyesali keputusan mereka mendengarkan kata-kata tersebut alih-alih memperjuangkan mimpinya. Nah, dari situlah kami kepikiran, bagaimana jika sebenarnya kita bisa menuliskan sejarah hidup kita sendiri, sesuai peran kita di dunia ini dan berani untuk tidak selalu mendengarkan komentar orang lain. Pasti butuh keberanian, tapi paling tidak kita akan hidup dengan lebih sedikit penyesalan” sambungnya lagi.

Wake Up, Iris! secara garis besar mengangkat tema untuk kembali ke diri sendiri dari sudut yang berbeda. Bie Paksi yang bertindak sebagai produser musik, merasakan tantangan tersendiri untuk perekaman lagu ini. 

“Kami melibatkan lebih banyak orang dan melibatkan teknologi perekaman yang baru dibandingkan lagu-lagu sebelumnya. Harapannya, karya ini tidak hanya penuh makna dari lirik tapi juga terasa hingga ke jiwa pendengar dibantu dengan frekuensi-frekuensi yang lebih penuh. Kami juga bakal eksperimen lebih banyak lagi di single-single selanjutnya,” ungkapnya.

Selain itu, pengerjaan Clio ini juga ada pengalaman yang terasa menantang. Pasalnya, lagu ini diangkat dari pengalaman hidup personelnya. 

“Butuh beberapa saat untuk yakin akan membawakan dan merekamnya. Soalnya, hal ini adalah salah satu titik balik hidup kami yaitu ketika kami mulai setia kepada kata hati kami dan mulailah perjalanan hidup kami yang ajaib ini” sambung Vania. 

Di balik itu, ada juga hal menarik lainnya mengenai lagu ini. Sebelumnya, Wake Up, Iris! pernah membawakan lagu ini terlebih dahulu sebelum proses rekaman dilakukan. Bie Paksi mengungkapkan, “Kami membawakan lagu ini di salah satu panggung, dan reaksi penonton cukup membuat kami yakin untuk cepat-cepat menyelesaikannya. Bahkan ada beberapa yang DM Instagram kami untuk meminta lirik, memberikan semangat agar lagu ini cepat selesai.” 

Wake Up, Iris! berharap bahwa lagu ini juga menjadi jembatan mengukuhan identitas mereka yang telah bermusik dari tahun 2015. Dengan berubahnya format, berubah pula sudut pandang dan aransemen serta perkembangan yang mereka alami. 

“Beberapa pendengar pertama bocoran lagu Clio ini bilang kalau lagu ini fresh, sesuatu yang baru untuk Wake Up, Iris!. Kami juga tidak sabar bagaimana pendapat pendengar di mana pun mengenai lagu ini. Yang pasti kami tidak akan berhenti bereksperimen dan bermain-main dengan nada dan kata,” jelas Vania bersemangat.

Sementara di hari perilisan lagu ini, Wake Up, Iris! juga sekaligus merilis video lirik di channel YouTube mereka. Lo semua tentu saja bisa langsung nonton di sini juga, Superfriends!

Bailk ke Desember 2021 lalu, Wake Up, Iris! merilis single Mnemosyne pada tahun tersebut. Rencananya kala itu dirilis sambil melangkah menuju album kedua mereka yang siap dirilis tahun 2022 lalu. Seperti yang diungkap sebelumnya, lagu ini mengambil inspirasi dari Dewi Memori Yunani kuno bernama Mnemosyne.

Sejalan dengan kisah dari sang dewi memori, Wake Up, Iris! Mengemas lagu ini untuk bercerita tentang ingatan dan emosi yang dibalut musik bernuansa menenangkan. Mereka juga memasukkan permainan ambience yang meenguatkan kesan mindfulnes. Mereka pun menyuguhkan perubahan tempo yang drastis setelah setengah durasi dengan ketukan drum enerjik serta warna vokal yang kuat. Mereka pun membawakan lirik-lirik bermuatan positif serta rasa syukur mereka atas hari-hari yang sudah terlewati.

Single Mnemosyne juga menjadi langkah terbaru dari perubahan format bermusik dari Wake Up, Iris! pasca album A U R E O L E. Setelah rilisnya album kedua, nantinya Wake Up, Iris! juga akan menggelar sebuah tur yang sedang digodok untuk dijalani di tahun 2022.

Image source: https://www.instagram.com/wakeupiris/ 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Pop #Wake up #Iris! #single baru #Clio #album baru #Mousai

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Lalahuta Cerita tentang Patah Hati di Single Terbaru 1 2 3

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Rain Rilis Single Mengembara, Rayakan 22 Tahun Berkarya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Suara Kayu Lepas Single Terbaru Berjudul Rekat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

D’Jenks Rilis Musik Video Reggae Reseh, Penghormatan untuk Kebayoran

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Yovie Widianto Bentuk Supergrup SEMVA, Rilis Single Sumpah Cintaku

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gugun Blues Shelter Lepas Single Terbaru Berjudul Don’t Cry For Me

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Sarah Barrios Rilis Lagu Singkat Serba Nyeleneh Berjudul Bitter Bitches

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ganti Nama, Club Mild Lepas Single Baru Bertajuk Sun Gazer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Ranu Pani Mengajak Berimajinasi di Album Terbaru Berjudul Inklusi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Umumkan Album Baru, Neck Deep Rilis Single Berjudul “It Won’t Be Like This Forever”

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /