Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
show password icon
  • circle icon icon check Contain at least one Uppercase
  • circle icon icon check Contain at least two Numbers
  • circle icon icon check Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
show password icon
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Wakeboarding vs Wakeskating

Author : Admin Adventure

Article Date : 11/10/2021

Article Category : Action +

Hobi ngelakuin olahraga air yang menantang sekaligus menyenangkan? Pasti lo udah nggak asing lagi sama wakeboarding, Superfriends. Tapi, ada juga olahraga air yang mirip sama wakeboarding bernama wakeskating.

Karena kedua olahraga air ini terlihat sama, nggak heran kalau banyak orang yang salah membedakan antara wakeboarding dan wakeskating. Kedua olahraga air emang sama-sama mengharuskan pengendaranya berdiri di atas wakeboard lalu berpegangan dengan tali yang ditarik oleh perahu motor dan meluncur di permukaan air.

Lantas, apa aja sih perbedaan dari wakeboarding dan wakeskating ini? Kira-kira mana yang paling menegangkan sekaligus menyenangkan, ya? Langsung simak ulasan selengkapnya, Superfriends!

Tentang Wakeboarding

Image source: seecannes.com

Wakeboarding sendiri berawal dari konsep ski air dan skateboard yang semuanya disatukan. Sebagai olahraga air, dengan latihan yang cukup, lo bisa menggunakan gelombang apapun sebagai landasan peluncuran yang nggak terlalu sulit.

Dalam wakeboarding, seseorang mengendarai wakeboard sambil ditarik oleh perahu motor yang bergerak dengan kecepatan 30 hingga 40 m/jam. Selain menggunakan perahu motor, metode lain juga bisa digunakan termasuk menarik perahu, sistem kabel jalur tertutup, dan derek.

Sejarah Singkat Wakeboarding

Image source: unsplash.com/@kalisaveer

Wakeboarding sebagai olahraga air dimulai pada awal 1940-an. Olahraga ini juga diatur oleh Federasi Waterski Internasional dan udah diakui oleh Komite Olimpiade Internasional.

Wakeboarding pertama kali disebut sebagai skurfing. Di Selandia Baru dan Australia, sebagai pengganti wakeboard, mereka pertama kali menggunakan papan kecil berbentuk tangan tanpa ikatan. Jeff Darby menjadi orang pertama yang membuat papan dari model skurf. Kemudian, dia berkolaborasi dengan Tony Finn buat menciptakan papan skurfer asli.

Pada tahun 1983, Howard Jacobs merakit wakeboard pertama setelah dia menambahkan tali kaki ke papan selancar. Tali kaki itu buat memungkinkan dia melakukan back flips di Jacksonville River.

Istilah wakeboarding diciptakan oleh peselancar terkenal, Paul Fraser. Wakeboard pertama diproduksi dan dijual oleh O’Brien pada tahun 1981. Debutnya adalah di Kejuaraan Skiboard Dunia ke-2 di Colorado.

Kalau dibandingkan dengan wakeskating, wakeboarding lebih aman karena lo terikat papan yang membuat kemungkinan jatuh lebih rendah. Kelemahannya, gerakan jadi dibatasi karena ikatan pada kaki.

Tentang Wakeskating

Image source: unsplash.com/@harrisonfitts

Wakeskating sendiri hampir mirip dengan wakeboarding, perbedaan utamanya adalah dalam wakeskating, pengendara nggak terikat pada papan. Nggak seperti wakeboard yang permukaannya dilapisi dengan grip tape buat mengamankan pengendara yang pakai sepatu, dalam wakeskating pengendaranya nggak terikat dan lebih merasakan tantangan.

Sejarah Singkat Wakeskating

Image source: unsplash.com/@harrisonfitts

Wakeskating berasal di Amerika Serikat. Kalau dibandingkan sama wakesurfing, wakeskating dimulai pada tahun 1970-an. Pada awalnya, pengendara akan naik di belakang perahu di papan selancar besar. Lalu, skater mulai menguasai wakeboard dan pada titik inilah wakeskating dimulai sebagai olahraga air.

Kebanyakan para wakeskater emang punya latar belakang bermain skateboard. Saat ini, olahraga ini populer terutama di kalangan anak muda. Dan untuk wakeskate, lo perlu memakai sepatu supaya bisa menguasainya.

Dibandingkan dengan wakeboarding, wakeskating lebih hidup dan lebih menarik karena lo bisa melakukan berbagai aksi gerakan layaknya skateboarder. Itulah mengapa sangat mudah bagi pemain skateboard buat beradaptasi dengan olahraga ini dan memamerkan skill mereka.

Nggak seperti wakeboarding di mana papannya terikat, dalam wakeskating pengendaranya nggak terikat dengan perahu meskipun tali mengikat. Oleh karena itu, olahraga air ini relatif aman.

Namun, wakeskating butuh waktu buat belajar terutama untuk mendapatkan keseimbangan. Ini membutuhkan sepatu yang bisa berdiri kokoh di pita pegangan seperti sepatu atletik.

Nah, itulah beberapa perbedaan dari kedua olahraga air yang menegangkan sekaligus menyenangkan, wakeboarding dan wakeskating. Kedua papan untuk olahraga ini juga kecil dan ringan, jadi gampang buat dibawa dan disimpan.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Beginner #Wilderness #Extreme

Source:https://www.boatgoals.com/wakeboarding-vs-wakeskating/

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Action +

Cara Gampang Buat Jalanin Bisnis Dropshipper

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

5 Cara Menghemat Baterai HP, Cocok untuk Perjalanan Jauh dan Mendaki!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Caving, Sudah Tahu?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Tips Wild Swimming di Laut Lepas supaya Aman

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Danau Cinta Karawapop, Laguna Berbentuk Hati Super Indah di Raja Ampat

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Kenalan Sama Bagerich, Jual Display Font yang Unik Abis!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Mengenal Apa itu Earmuffs, Model, dan Jenis-Jenisnya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Fungsi Lumut untuk Survival, Sudah Tahu Belum?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Penting! Alat Camping Ini Gak Boleh Ketinggalan Apa Pun Alasannya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Action +

Ini 5 Jenis Tas Gunung Khusus untuk Mendaki, Jangan Salah Beli!

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /