Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

warna-warni-bap-wajah-lain-kareem-soenharjo

Author : Admin Music

Article Date : 11/10/2021

Article Category : Super Buzz

Di dalam ramai dan pesatnya perkembangan musik hip hop Tanah Air, muncul BAP sebagai salah satu musisi yang mencoba untuk menawarkan warna serta pengalaman musik yang berbeda. BAP merupakan nama panggung atau moniker dari seorang bernama Kareem Soenharjo yang juga punya banyak alias lain untuk outlet musik yang berbeda. 

Di luar profesinya sebagai musisi, BAP atau Kareem Soenharjo juga dikenal sebagai seorang produser penuh talenta yang cukup aktif dalam memaksimalkan potensi skena musik lintas genre, terutama di ranah musik independen. Untuk di ranah hip hop sendiri, BAP dianggap sebagai salah seorang penggerak bagi salah satu kolektif hip hop Tanah Air bernama Cul de Sac. 

Untuk proyek hip hop miliknya, BAP sempat merilis album perdananya di tahun 2018 berjudul Monkshood.Album perdana tersebut dianggap jadi salah satu karya hiphop modern dengan energi progresif bagi beberapa pihak yang menggeluti skena hip hop independen. Energi tersebut hadir dengan berbagai macam elemen genre musik yang digubah untuk menjadi landasan dari 11 lagu yang tercipta di dalam album Monkshood.

Dalam sebuah wawancara, BAP sempat mengatakan bahwa Ol’ Dirty Bastard yang merupakan pendiri Wu Tang Clan merupakan inspirasi utama dalam bermusiknya. Meskipun begitu, BAP tidak memungkiri bahwa lingkungan tempat ia dibesarkan pun, terutama dari keluarga membawa pengaruh yang cukup besar bagi dirinya untuk memahami seni, sastra, dan film sedari dini dan komprehensif.

Perjalanan karier hip hop BAP pun kembali dilanjut pada tahun 2021 ini dengan memperkenalkan karya musik hip hop baru berjudul Painting With Suwage. Lagu tersebut merupakan langkah baru bagi BAP dalam memperkenalkan wanra musik yang hendak lahir untuk album keduanya. BAP mencoba untuk menghadirkan sisi personal untuk lagu Painting With Suwage ini. Meskipun begitu, BAP tetap membuka ruang interpretasi yang luas kepada para penikmat musiknya. 

Perjalanan tersebut pun kembali dilanjutkan dengan kehadiran sebuah lagu berjudul Same Shoes, No Company yang hadir dengan elemen musik pop yang membuat musiknya jadi ringan untuk didengarkan. Elemen musik pop ini terdengar di bagian awal lagunya. BAP mengambil beberapa bagian lagu dari White Shoes and The Couples Company sebagai sampel untuk single keduanya ini. 

Pada 14 Maret lalu, BAP sempat mengumumkan rampungnya proyek kolaborasi bersama Basboi, rapper muda asal Medan yang kini menetap di Jakarta. Kolaborasi antara BAP dan Basboi ini lahir dalam bentuk maxi single berjudul Songs To Begal To. Memiliki judul yang unik, nyatanya konsep dan inspirasi yang diangkat ke dalam maxi single BAP dan Basboi tersebut cukup memiliki makna yang mendalam.

Maxi single Songs To Begal To karya BAP dan Basboi ini mencakup dua buah lagu berjudul Begal dan Post Begal. Secara singkat kedua lagu hasil kolaborasi antara BAP dan Basboi tersebut mengandung tema besar terkait antitesis dari permasalahan iklim global hingga keresahan tentang kondisi mental dan finansial yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan. Maxi single karya BAP dan Basboi ini juga secara eksklusif dan resmi dirilis melalui The Store Front, sebuah platform digital yang didirikan oleh Noisewhore. 

Di luar aktif bermusik di bawah nama BAP, Kareem Soenharjo juga memiliki alias lain untuk ranah musik instrumental, Yosugi. Outlet musik lain dari Kareem Soenharjo ini pernah berhasil merilis sebuah album penuh berjudul F.I.D.H.M.O.T. serta sebuah album mini berjudul ConunDRUMS EP hasil kolaborasi bersama Greybox. 

Di tahun 2020, BAP mulai menjalankan proyek BAPAK dan Yosugi dalam waktu yang bersamaan. Setelah sebelumnya merilis single untuk BAPAK, di tahun yang sama BAP juga merilis EP untuk moniker Yosugi bersama Greybox berjudul ConunDRUMS EP. Sebelumnya di tahun 2016, BAP juga sempat merilis album penuh untuk moniker Yosugi yang hadir dengan judul F.I.D.H.M.O.T. Di luar itu, BAP juga baru saja merilis single Jon Devoight dan Pity Me untuk proyek musik hardcore punk bernama BAPAK bersama Alfath, Bagas Encek, dan Kevin Whoosah pada tahun 2020 lalu.

Image courtesy BAP

ARTICLE TERKINI

Tags:

#bap #bapak #yosugi #kareem soenharjo #produser #supermusic playlist #Hip Hop

0 Comments

Comment
Other Related Article
Bangkutaman Rilis Album Ketiga Setelah Penantian Lama

Bangkutaman Rilis Album Ketiga Setelah Penantian . . . .

15 October 2021

Super Buzz

Placebo Rilis Single Baru setelah 5 Tahun Lamanya

Placebo Rilis Single Baru setelah 5 Tahun Lamanya

15 October 2021

Super Buzz

5 Teknik Bernyanyi yang Bantu Jaga Vokal Tetap Prima

5 Teknik Bernyanyi yang Bantu Jaga . . . .

15 October 2021

Super Buzz

“Same Shoes, No Company” Lanjutan Langkah BAP Menyambut Album Baru

“Same Shoes, No Company” Lanjutan Langkah . . . .

14 October 2021

Super Buzz

Ada Paul Pogba di Panggung Burna Boy

Ada Paul Pogba di Panggung Burna Boy

14 October 2021

Super Buzz

Inilah 5 Lagu Rock yang Terinspirasi Film Horor

Inilah 5 Lagu Rock yang Terinspirasi Film Horor

14 October 2021

Super Buzz

Weird Genius Kembali Hadirkan Kolaborasi Internasional

Weird Genius Kembali Hadirkan Kolaborasi Internasional . . . .

13 October 2021

Super Buzz

Eddie Vedder Ungkap Penghormatan Lewat “Long Way”

Eddie Vedder Ungkap Penghormatan Lewat “Long . . . .

13 October 2021

Super Buzz

Ikuti Cara Belajar Kunci Gitar yang Mudah Ini!

Ikuti Cara Belajar Kunci Gitar yang Mudah Ini!

13 October 2021

Super Buzz

Ramengvrl Bungkam Komentar Negatif Soal Penampilan di Single ‘I’m Ugly’

Ramengvrl Bungkam Komentar Negatif Soal Penampilan . . . .

12 October 2021

Super Buzz

1 /