Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Yulio Piston: Bentuk-bentuk Baru Musik Tradisional Indonesia

Author : Admin Music

Article Date : 29/07/2022

Article Category : Noize

Dalam kehidupan bermasyarakat, kebutuhan akan hiburan bisa dikatakan hampir menyaingi porsi sandang, pangan, papan. Silakan lihat sekeliling, siapa yang tidak butuh hiburan? 

Terlepas dari apa pun bentuk dan macamnya, musik adalah salah satu yang paling banyak pasarnya. Rock, metal, elektronik, jazz, funk, pop sampai tradisional, punya pasarnya masing-masing, Superfriends.

Musik lahir dan berkembang dari masa ke masa. Zaman terus bergerak, kualitas para penikmat juga berkembang dengan begitu liarnya tanpa lagi melihat banyak batasan. Bicara tentang musik tradisional pada khususnya, jenis yang satu ini identik sebagai penanda kebudayaan. Setiap daerah di dunia memiliki warna dan pola yang berbeda-beda, baik itu dari komposisinya, alatnya, bahkan sampai cara membawakannya.

Salah satu fungsi musik tradisional yang paling banyak dipahami dan dipegang teguh secara alami adalah pengiring berbagai ritual. Tapi hari ini, musik tradisional ternyata telah banyak menemukan bentuk-bentuk barunya. 

Superfriends, tentunya ada banyak sekali faktor yang melahirkan berbagai pembaruan tersebut. Singkatnya, peradaban memang mustahil untuk dilawan.

Yang hebat justru adalah saat arus perkembangan di banyak hal sedang deras-derasnya dan kondisi yang dengan mudah melahirkan akulturasi budaya di mana-mana, musik tradisional justru dapat mencapai titik pecah yang baru, yang mungkin tidak pernah terbayangkan oleh generasi sebelumnya.

Musik tradisional dengan hebat dapat bergerak secara luwes mengisi pentas-pentas hiburan non-konservatif dalam beberapa tahun terakhir. Kharisma dari musik tradisional yang dikonstruksi ulang ini berhasil menancapkan bekas yang begitu dalam kepada banyak telinga baru. Saat komposisi-komposisi tersebut sering ditampilkan di panggung "yang bukan semestinya", fenomena ini rasanya patut dirayakan bersama-sama.

Para pemainnya sangat mahir mentransformasikan bebunyian "kuno" menjadi lebih nyaman dinikmati, sehingga tak lagi terkesan kaku, kontemporer atau membosankan, tanpa harus menghilangkan kesakralan nilai-nilai luhur yang terkandung sesuai filosofinya.

Sekarang, mari melihat siapa-siapa saja yang sukses mempresentasikan musik berunsur tradisional Indonesia ke dalam format yang lebih modern, bahkan sampai ke pementasan kelas satu dunia. Daftar ini sebetulnya tidak begitu panjang karena keterbatasan penulis. Jadi kalau kalian memiliki rekomendasi nama-nama lain, silahkan banjiri kolom komentar sosial media atau website dari Supermusic, ya, Superfriends!

Rubah Di Selatan

(Doc. Supermusic)

Meski lahir di saat tren folk-indie-kopi senja sedang ramai-ramainya, Rubah Di Selatan menawarkan banyak hal berbeda. Unsur etnik, melalui bunyi instrumen seperti saluang, karinding, kendang sampai vokal yang tipis terdengar mirip sinden, di musik pop yang mereka bawa, diramu dengan tepat sehingga menghasilkan lagu yang catchy sekaligus megah. Penampilannya juga luar biasa magis di atas panggung. Tidak hanya di dalam negeri, beberapa negara di Eropa dan Korea Selatan pernah menjadi saksinya.

Rubah Di Selatan songs | Rubah Di Selatan video

Raja Kirik

(Doc. Supermusic)

Dengan gila mencoba menampilkan interpretasi pribadi tentang sejarah Jawa yang menurut mereka memiliki banyak memiliki sisi gelap. Mediumnya adalah musik elektronik dengan beat brutal, yang dikawinkan dengan alat-alat musik tiup dari kayu berukuran besar, gendang dan alat musik pukul serupa gamelan. Urusan mentas juga tak kalah ganas, lewat aksi yang diakui terinspirasi dari Jaranan (semacam pentas tari jalanan dengan banyak unsur mistis), mereka sukses menggoyang lantai dansa di seantero Eropa sampai Australia.

Raja Kirik songs | Raja Kirik video

Uwalmassa

(Doc. Supermusic)

Bagaimana bila gamelan dan kendang dikawinkan dengan synthesiser, sequencer atau sampler, sampai menghasilkan musik ambient techno yang unik ? Rasanya baru Uwalmassa yang mampu menggarap ide tersebut dan mengeksekusinya dengan dahsyat. Melalui komposisi yang non-konvensional, mereka menempatkan elemen tradisional khas Indonesia pada konteks global untuk diinterpretasi ulang. Dalam rangkaian tur Europalia 2017, Uwalmassa bahkan tampil di klub elektronik nomor satu seantero jagat, Berghain di Berlin, Jerman.

Uwalmassa songs | Uwalmassa video 

Rinuwat

(Doc. Supermusic)

Meski baru saja dibentuk, nama Rinuwat dengan cepat menyita perhatian. Mereka memainkan musik super ekstrim: black metal atmosferik yang disuntikkan suara gamelan Bali, guna menambah riuh pula ngeri suasana. Dengan eksperimen yang ditancap sampai ke tahap maksimal, grup Australia ini sukses menampilkan musik metal dengan wajah yang berbeda, hingga didapuk menjadi headliner festival eklektik sekaliber Dark Mofo.

Rinuwat songs | Rinuwat video

Senyawa

(Doc. Supermusic)

Terlalu sering membuat banyak orang berdecak kagum dan tercengang lewat berbagai sepak terjang yang melampaui batas geografis, musikal maupun budaya. Bermodal alat musik dari bambu buatan sendiri yang menyerupai sasando atau celempung, vokal yang menyayat dan aksi panggung mega-teatrikal, Senyawa berkeliling dunia. Dari festival berskala gigantik seperti Primavera Sound hingga Roadburn, atau mengisi soundtrack di game playstation 'Red Dead Redemption 2' adalah sederet kecil pencapaian mereka.

Senyawa songs | Senyawa video

Image source: Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Supernoize #yulio piston #musik tradisional #senyawa #rubah di selatan

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Noize

Acum Bangkutaman: Apa Kabar Toko Vinyl?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Arief Blingsatan: “Mods Vs Rockers” Menggerakkan Musik Dunia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Cooly Rocks On Tour, Rockabali sebagai Kanon Kultur

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Dewo Iskandar: Pilih Ngeband atau Solo?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Stephanus Adjie: Metal Paska Pandemi Bagian 2

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Acum Bangkutaman: Serunya Tur Konser (Bagian 2)

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Yulio Piston: Mengenal Musik Lewat Video Game

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Dinamika Metal Lokal Setelah Pandemi

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Lagu Indonesia: Banyak Hit, Sedikit Evergreen?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Noize

Kilas Balik: Mengunjungi Situs-Situs Musik Terpenting Di Belanda

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /