Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct First Name
Please Insert the correct Last Name
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Yulio Piston: Menuju Kembalinya Keseruan Pertunjukan Musik Langsung

Author : Admin Music

Article Date : 04/11/2021

Article Category : Noize

Badai pandemi yang selama hampir dua tahun terakhir meredupkan berbagai macam bentuk keseruan di panggung hiburan, kini perlahan mulai teratasi. Angka vaksinasi yang meski terbilang lambat di sejumlah wilayah, pelan-pelan terus bergerak naik menuju tingkat kecukupan masyarakat. Selain itu jumlah kasus penularan terus menunjukan grafik menurun dan patut untuk disyukuri. 

Dua poin positif tersebut rasanya pantas untuk dirayakan. Sebuah selebrasi atas berangsur pulihnya kehidupan yang polanya berubah secara drastis dan menghantam banyak lini dengan nilai kerugian berskala masif. Meskipun begitu, perayaan di tengah situasi ini tetap harus bijak dan dijalankan dengan serangkaian protokol keamanan yang tidak longgar. 

Di Indonesia sendiri, banyak sektor yang lumpuh. Meski ada yang masih bisa bernafas walau terseok-seok, jumlah yang hancur total jauh lebih banyak lagi, seperti industri hiburan, khususnya pertunjukan langsung. Mari persempit dalam cakupan musik. Banyak band yang harus memutar otak agar kegiatan berkesenian mereka tetap bisa berjalan di masa sulit tersebut. 

Belum lagi urusan finansial, mengganti pola bisnis sudah pasti dilakukan supaya kas tidak habis terkuras. Menjaga interaksi dengan para penggemar juga bukan perkara mudah saat mereka tidak bisa lagi menyapa secara langsung dan bertukar energi seperti ketika berada di atas panggung. 

Hal yang jauh lebih berat dialami oleh para penyelenggara acara dan pemilik tempat pertunjukan. Tidak sedikit dari mereka yang menyerah karena gagal bertahan dan memutuskan untuk menggulung tikarnya. Meninggalkan ranah yang dicintai dan mungkin sudah dijalani dalam waktu yang lama tentu saja sulit, tapi ada daya saat sederet tuntutan lain juga menanti untuk dipenuhi. 

Dengan berbagai kelumit yang menghinggapi di dalamnya, awal tahun 2020 hingga pertengahan 2021 kemarin memang dapat dikatakan sebagai satu periode paling murung bagi perkembangan musik Tanah Air. Beberapa kabar menyenangkan yang hadir jumlahnya tidak sebanding dengan derasnya berita buruk yang selalu datang bergantian.

Sekarang, di kuartal akhir menjelang tutup tahun, mari angkat topi bagi para pihak yang terus optimis memperjuangkan keberlangsungan ekosistem musik dalam negeri. Kerja keras yang terus dimaksimalkan, perlahan mulai membuahkan hasil. Belum signifikan memang, tapi tanda-tanda kembalinya makin ke sini kian cerah terlihat. 

Sebagai contoh, Jazz Gunung 2021 sukses diselenggarakan di bulan September kemarin dengan penonton yang memenuhi persyaratan berupa dua kali dosis vaksin dan wajib menjaga jarak aman selama berada di tengah area. Mereka jadi salah satu yang pertama yang berhasil menggagas acara berpenonton setelah keadaan sempat menukik lagi di bulan Juni-Juli karena serangan varian Delta. 

Selang satu bulan kemudian menuju akhir Oktober, sentra utama bagi para insan kreatif, M Bloc Space di Jakarta, melaksanakan program Emerging Showcase. Acara ini bertujuan sebagai pembuka sekaligus simulasi panggung-panggung musik yang apabila efektif ke depannya akan kembali disenggarakan di M Bloc Live House. Dengan penerapan protokol kesehatan yang amat disiplin bagi para penonton malam itu, Emerging Showcase pun sukses terselenggara. 

Berita menggembirakan masih berlanjut, bahkan datang dari wilayah timur Indonesia. Prolog Fest di Makassar yang digagas oleh Prolog Studio lancar terlaksana dalam dua hari, 30-31 Oktober 2021. Kawasan Nipah Mall ramai dikunjungi oleh orang-orang yang sudah sebegitu rindu dengan semaraknya festival. Hebat memang, euforia yang ada tidak serta-merta membuat mereka, baik penonton dan penyelenggara, menjadi abai. Sertifikat vaksin dan hasil negative test antigen menjadi barang yang tidak dapat ditawar untuk menikmati Prolog Fest. Acara pun berlangsung tertib dan pelaksana kebanjiran pujian.

Dengan sederet kabar yang membuat sumringah, kini banyak harapan muncul kembali. Usaha-usaha untuk mengembalikan musik pada kodratnya, yaitu panggung dengan penonton, satu persatu mulai dijalankan kembali. Meski dengan berbagai keterbatasan yang ada, secara harfiah jumlah penonton memang masih dibatasi karena belum bisa untuk sebergerumul itu, semoga keadaan secepatnya bisa kembali ke bentuk paling idealnya.

image courtesy of dwphotos/Shutterstock

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Supernoize #yulio piston #pandemi # Konser #2021 #pertunjukan musik

0 Comments

Comment
Other Related Article
Rudolf Dethu: Storytelling, Hal Genting, Lagi Penting

Rudolf Dethu: Storytelling, Hal Genting, Lagi . . . .

29 November 2021

Noize

Agung Hellfrog: Aksesoris Gitar yang Diperlukan Agar Cepat Jago Main Gitar

Agung Hellfrog: Aksesoris Gitar yang Diperlukan . . . .

24 November 2021

Noize

Agung Hellfrog: Vox AP2MT amPlug 2 Headphone Guitar Amplifier

Agung Hellfrog: Vox AP2MT amPlug 2 . . . .

18 November 2021

Noize

Acum Bangkutaman: Serunya Tur Konser

Acum Bangkutaman: Serunya Tur Konser

16 November 2021

Noize

Buluk Superglad: Sepenting Apa Sih Artwork Bagi Sebuah Band?

Buluk Superglad: Sepenting Apa Sih Artwork . . . .

26 October 2021

Noize

Agung Hellfrog: 7 GEAR YANG PAS DIJADIKAN HADIAH UNTUK MUSISI

Agung Hellfrog: 7 GEAR YANG PAS . . . .

25 October 2021

Noize

SUPERNOIZE: Arief Blingsatan

SUPERNOIZE: Arief Blingsatan

24 October 2021

Noize

Agung Hellfrog: Gear Terbaik untuk Belajar Musik Seperti Gitaris Profesional

Agung Hellfrog: Gear Terbaik untuk Belajar . . . .

21 October 2021

Noize

DEWO ISKANDAR: ADAKANLAH YANG TIDAK ADA!

DEWO ISKANDAR: ADAKANLAH YANG TIDAK ADA!

17 October 2021

Noize

Acum Bangkutaman: Menghargai Lebih Musik Indonesia

Acum Bangkutaman: Menghargai Lebih Musik Indonesia

29 September 2021

Noize

1 /