Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

5 Fakta Menarik  Mengenai Sungai Amazon Buat Lo Ketahui!

Author :

Article Date : 31/03/2018

Article Category : Wilderness

Mungkin lo akan langsung tahu kalau mendengar sungai terpanjang dan terbesar yang terletak di hutan amazon lebih tepatnya berada di 9 negara bagian Amerika Selatan. Yaa Sungai Amazon, selain dari segi ukuran dan besarnya sungai tersebut ternyata Sungai Amazon juga banyak menyimpan hal-hal unik yang mungkin lo belum tahu. Nah, disini kita akan membahas fakta mengenai Sungai Amazon, apa aja sih yang ada di dalam Sungai Amazon itu sendiri.

1. Cangkupan Sungai Amazon

Cakupan Sungai Amazon. credit photo: descopera.ro

Dikarenakan dari ukurannya yang luas dan panjang, Sungai Amazon ternyata mencangkup sembilan negara sekaligus loh bro. Mulai dari negara Brasil, Peru, Bolivia, Kolombia dan Ekuador. Namun dari ke-lima negara tersebut, memang Brasil menjadi salah satu negara yang memiliki persentase terbanyak yang dialiri oleh sungai amazon.

Setelah dari Brasil, Peru menjadi negara ke-dua yang menjadi negara dengan persentase terbanyak yang dialiri oleh aliran sungai amazon lalu disusul oleh Bolivia pada urutan ke-tiga, Kolombia pada urutan ke-empat, Ekuador pada posisi ke-lima, Venezuela pada urutan ke-enam, Bolivia pada urutan ke-tujuh, Guyana pada urutan ke-delapan, dan Suriname pada urutan ke-sembilan.

[readalso url=5039]

2. Berenang di Sungai Amazon Perlu 66 hari

Dari ke-sembilan negara tersebut, kebayang dong bro kalo misalkan lo mau nyoba iseng-iseng berenang di sungai amazon. Kalo denger rumor-rumornya sih kemungkinan bakalan akan memakan waktu sekitar 66 hari, waduh butuh kesiapan fisik dan mental yang kuat dulu dong kalo lo pengen nyoba hal ini. Dan ternyata hal ini sudah dibuktikan oleh Martin Strel pada tahun 2007. Perenang jarak jauh asal Slovenia ini

Ilustrasi Perenang Martin Strel pada saat berenang selama 66 hari di Sungai Amazon. Credit: http://ndel-ondel.blogspot.com/

Memecahkan rekor tersebut ketika ia berusia 53 tahun loh bro, gila tua-tua gitu berani banget yaa untuk melalukan hal yang semestinya enggak perlu dilakukan. Bapak Strel memulai berenang di Sungai Amazon itu tepatnya tanggal 1 Februari 2007 dan berakhir pada tanggal 7 April 2007, yaa pas banget kan tuh 66 hari di Sungai Amazon yang bisa dibilang sungai yang sangat mengerikan bro. Selain dari arusnya yang sangat deras, Sungai Amazon juga menyimpan banyak binatang-binatang aneh nan buas.

Dan sebagai informasi aja nih bro, kalo Sungai Amazon itu perkiraan luasnya sekitar 5,268 kilometer. Wah kebayang enggak sih betapa kuatnya si bapak Strel ini. Asli kalo mau nyoba kudu bener-bener siapin mental serta fisik lo bro. Dan mau tahu enggak sih bro, si Bapak Strel ini mempunyai cara unik untuk menghindari cengkraman dari ikan-ikan piranha yang merajalela di Sungai Amazon, dia menggunakan sebuah kapal yang berisikan darah segar yang akan digunakan untuk mengelabui ikan piranhanya. Sungguh cerdik yaa bapak satu ini.

3. Banyak Binatang Buasnya Bro di Sungai Amazon!

Piranha - Predator Di Sungai Amazon. credit photo: sookapura.blogspot.cl

Mengenai ikan piranha, pasti sudah enggak asing lagi dong dikuping lo. Ikan pemakan daging ini sudah sangat terkenal dengan keganasan yang enggak ada duanya. Nah pasti penasaran dong apa sih sebenernya si ikan piranha ini dan bagaimana sih caranya untuk mengatasi ikan ini. Dimulai dari ukuran ikan normalnya, ikan piranha ini memliki ukuran tubuh yang sedang, lebih tepatnya memiliki ukuran panjang sekitar 14 sampai 26 cm dan lebar bisa mencapai sekitar 43 cm.

Ikan Araipama - Predator Sungai Amazon. credit photo: hu.wikipedia.org

Dan mereka memiliki kebiasaan selalu berkelompok jika ingin memangsa atau jika hanya ingin jalan-jalan bro. Nah langsung aja nih ke seberapa kuat sih gigitan dari ikan piranha itu sendiri. Titik terkuat dari gigitan ikan piranha ini terdapat pada bagian rahangnya. Tercatat bahwa jenis “the black piranha” atau “Serrasalmus rhombeus” memiliki gigitan yang terkuat. Rumornya ikan tersebut dapat merobek otot kamu hanya dalam satu gigitan bro.

Buaya Di Sungai Amazon. credit photo: sookapura.blogspot.cl

Namun lo enggak harus takut lah untuk menghadapi ikan ini kalau mau mengunjungi Sungai Amazon, tinggal keluarin aja akal-akal lo untuk mengelabui ikan ini, dengan seperti apa yang dilakukan oleh Bapak Strel sudah cukup memungkinkan kalau lo mau mencoba untuk berenang di Sungai Amazon. Yaa kalau enggak mau berenang cukup dengan menggunakan kapal untuk menyusuri Sungai Amazon asal jangan mencelupkan bagian tubuh lo yaa kalo melihat ada segerombolan ikan piranha sedang lewat atau sedang memangsa.

Ilustrasi ganasnya ikan piranha di Sungai Amazon. Credit: https://nevermore-horror.com/month-of-corman-piranha/

4. Selain Binatang Ternyata Sukunya Juga Berbahaya Bro!

Suku Di Pedalaman Dekat Sungai Amazon. credit photo: juaranews.com

Pasti di setiap daerah memiliki suku aslinya dong bro. Di Indonesia sendiri aja kita memiliki berbagai banyak jenis suku dari daerah-daerah yang berbeda. Nah, sama dengan Amazon selain dari sungainya yang luas serta hutannya yang lebat dan rindang, Amazon menyimpan suku yang bisa dibilang “berbahaya”. Yaa suku tersebut adalah suku Huaorani. Suku yang terdapat pada pedalaman Hutan Amazon ini masih hidup tanpa busana dan masih bergantung pada alam loh bro.

[readalso url=17729]

Lo bisa berjumpa dengan mereka di pedalaman Hutan Amazon tepatnya di sebelah timur Ekuador, di sepanjang aliran sungai Napo dan ke sungai Curaray. Mereka diperkirakan sudah menempati Hutan Amazon selama seribu tahun dan mereka pun tidak pernah keluar dari hutannya dan menolak orang luar untuk masuk ke dalam kehidupan mereka.

Dibilang berbahaya karena pada saat abad pertengahan, pelayar dari Eropa datang ke Ekuador dan ingin memindahkan suku Huaorani, namun mereka berani untuk menyatakan perang kepada bangsa Eropa. Dan sudah pasti bro menang, karena mereka menguasai seluk beluk Hutan Amazon. Ditambah dengan senjata utamanya sumpit racun sepanjang 2 meter yang bernama Tapa.

Namun pada tahun 1956, akhirnya suku Huaorani sudah melakukan kontak dengan dunia luar. Salah satu alasannya karena dari kondisi Hutan Amazonnya yang sudah terkikis oleh penjarahan, penebangan liar dan pembakaran hutan yang terjadi. Jadi bagi lo yang sudah memiliki rencana untuk mencoba ke Sungai Amazon atau Hutan Amazon agar untuk menjaga sikap aja supaya mereka tidak berubah pikiran bro.

5. Warna Laut Dapat Berubah Karena Sungai Amazon

Air Laut Dipengaruhi Oleh Sungai Amazon. credit photo: geo.de

Yaa udah enggak mungkin dipungkiri sih kalo misalkan kuota dari air Sungai Amazon itu dapat merubah warna di perairan laut. Karena Sungai Amazon sendiri bertanggung jawab atas pemberian 20% air tawar dunia ke Samudera Atlantik. Yang menyebabkan pengenceran garam di perairan laut, dan mengubah warna permukaan laut Atlantik menjadi lebih daari 2.600.000km persegi.

[readalso url=17735]

Jadi gimana bro, udah berani dong untuk mengunjungi sungai Amazon yang penuh dengan tanda tanya dong? Yaa itung-itung menambah pengalaman serta mengasah sisi petualang lo lah, ajak teman-teman lo yaa biar makin seru jalan-jalannya nanti.

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#travelling

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Wilderness

5 Gunung Terbesar di Pulau Jawa yang Mencengangkan, Penuh Misteri!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Misteri Gunung Semeru Paling Terkenal dan Tidak Terpecahkan Hingga Sekarang

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Keindahan Gunung Kawi yang Akrab dengan Pesona Mistis

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Arjuno, Gunung di Tiga Wilayah yang Punya Cerita Menarik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Fakta-Fakta Menarik Gunung Arjuno, Pendaki Wajib Tahu!

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Serba-serbi Pendakian Gunung Latimojong

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Cara Agar Tidak Tersesat di Blank 75 Gunung Semeru

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

3 Fakta Puncak Carstensz Pyramid yang Terletak di Pegunungan Jayawijaya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

4 Jalur Pendakian Gunung Tambora Paling Populer

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Wilderness

Dianggap Mati, Gunung Berapi di Indonesia Ini Mulai Kembali Aktif

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /