Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Beside Hadirkan Materi Akustik di Album Baru Almighty God

Author : Admin Music

Article Date : 23/09/2022

Article Category : Super Buzz

Unit metal asal Bandung, Beside, kembali lagi ke jalur bermusiknya. Bukan dengan tangan kosong, band ini kembali menghadirkan beberapa materi yang dirangkum dalam album berjudul Almighty God yang dirilis via Exterminator Records.

Album baru ini tergolong lebih segar, karena Beside menampilkan kembali beberapa materi-materi lawas mereka. Bedanya, dalam album ini, materi-materi lama Beside itu dikemas ulang dalam format akustik. Album Almighty God ini bermuatan sembilan lagu yang beberapa di antaranya diambil dari album Against Ourselves (2007) dan Eleven Heroes (2015).

Drummer Beside, Achmad Rustani—yang akrab dikenal dengan panggilan Beby, menyampaikan cerita dari hadirnya album ini. Salah satu kisahnya adalah sebuah penggabungan dari album pertama dan kedua Beside yang kini hadir dengan warna terbarunya tersebut.

“Materi album akustik ini memang penggabungan dari album pertama dan kedua Beside. Album pertama yang liriknya berbalut sarkasme dibuat oleh Owang. Sementara di album kedua saya yang membuat liriknya sebagai tribut bagi tragedi Sabtu Kelabu di Gedung AACC, Bandung. Sebagai penghormatan yang sangat besar dari kami kepada pihak korban beserta keluarganya,” terang Beby.

Di balik itu, bisa dibilang bahwa album Almighty God merupakan penanda perjalanan Beside yang sedang menuju usia ke-25, yang tentu saja membawa banyak cerita di tiap langkahnya. Salah satu cerita yang masih segar, adalah kembalinya vokalis terdahulu mereka, Agung Suryana alias Agrog.

“Album ini sebenarnya dedikasi untuk perjalanan panjang hidup sebuah band menuju usia 25 tahun, sekaligus kami ingin mengolah pikiran dan memancing otak untuk bekerja membuat sesuatu yang terbaik. Inspirasi terbesarnya memang dari perjalanan Beside yang sudah sangat panjang. Karena banyak hal yang telah kami lalui bersama selama ini,” lanjut Beby.

Dalam rangkuman materi dengan warna terbarunya kali ini, Beside turut melibatkan rekan-rekan musisi sebagai kolaboratornya. Beberapa nama di antaranya adalah Jaydawn, Raga Dipanegara, Harry PMW, hingga sebuah grup koor vokal. Beside pun melanjutkan peluncuran album barunya ini dengan gelaran perayaan hadirnya album ini dalam sebuah showcase di sebuah lokasi di The Hallway Space, Bandung.

Simak album berisi sembilan trek dalam versi akustik materi-materi lawas milik Beside berikut ini.

Perilisan album ini menjadi obat rindu bagi para penikmat karya Beside, di mana band ini sendiri terakhir merilis karya berupa single pada tahun 2019, lewat sebuah lagu berjudul Absolute Insane.

Album Almighty God merupakan karya paling progresif dari Achmad “Beby” Rustandi (drum), Trie Afrizal (bass), Roy Nat Siregar (gitar) serta Agung “Agrog” Suryana (vokal) yang dikerjakan dengan serius dan memakan waktu cukup panjang. Ini sekaligus menjadi sinyal bahwa Beside masih terus bertahan dan siap memanaskan kembali arena musik ekstrem Indonesia dengan progres karya dan enerji yang lebih baru.

Semua tembang di album Almighty God dibangun dalam tempo sedang. Dalam format akustik, semua lagu jadi lebih berlimpah petikan gitar yang syahdu sekaligus melodius. Bass menjaga lagu berikut drum yang menjaga temponya. Album ini juga menawarkan suara vokal yang jernih memadukan gaya growl dan clean yang semakin bernyanyi. Diselimuti bebunyian orkestra, string dan koor vokal di sekujur bagian. Semua elemen tadi bikin materi Almighty God terdengar makin epik dan megah di semua lini.

Beside merekam materi album Almighty God pada sebuah vila di daerah Lembang, Bandung. Tujuannya adalah demi mendapatkan ambience akustik yang pas. Sementara isian lainnya direkam di Valhalla Audio Labs, AK Music, dan CutzChamber Studio. Aransemen musiknya dikerjakan Roy Nat Siregar, sedangkan liriknya ditulis oleh Achmad “Beby” Rustandi.

Beside juga menampilkan sejumlah musisi kolaborator seperti Jaydawn (sequencer), Raga Dipanegara (string), Harry PMW (jimbe), hingga grup koor vokal. Proses mixing dan mastering digarap oleh Zoteng Kampret. Sampul albumnya memuat goresan artwork dari Dicky Candra Irawan.

Beside adalah proyek musik metal oleh Achmad Rustandi (Bebi), Agung Suryana (Agrog), Trie Afrizal (Izal), dan Roy Nat Siregar (Roy), dari Bandung, Indonesia. Pada tahun 1997 band ini menggarap musik metal-hardcore yang masih jarang dilakukan di Indonesia sekitar tahun 1900-an. Single pertama mereka, Pemuda Terbuang, yang rilis pada tahun 1998, masuk dalam kompilasi produksi AQUARIUS Independent Rebel.

Selain telah banyak dilakukan eksperimen dalam pembuatan lagu, mereka juga telah beberapa kali bergonta-ganti personel. Lahir di komunitas metal terbesar bernama Ujungberung Rebel, selain menjadi band yang bisa tampil beda di komunitasnya.

Dalam proses pembuatan musiknya, Beside banyak terinspirasi oleh para musisi dan komunitas serta lingkungannya. Musik mereka telah menjadi tempat perlindungan pribadi dan intim, yang telah berhasil ditransfer ke audiens mereka dan memiliki hubungan yang kuat dengan gerakan scene metal di Indonesia.

Beside telah memenangkan setidaknya tiga penghargaan “Best Album” dari Rolling Stone Magazine Indonesia, 2015; “Best 10 Indonesian Metal Album” dari Metal Hammer UK (Inggris), 2015; dan “Winner Competition” dari Wacken Metal Battle Indonesia, 2017.

Image source: https://www.instagram.com/besideofficial/ 

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Metal #Beside #album baru #Akustik #Almighty God #Bandung

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

ZerosiX Park Remake Lagu Nike Ardilla, Karya Besar

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Black Stone Cherry Umumkan Single Baru, Out of Pocket

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Katatonia Bagikan Video Musik Baru, Birds

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Rafi Sudirman dan Dipha Barus Kolabs untuk Lagu Heaven

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Puasa Selama 6 Tahun, Akhirnya Obituary Rilis Album Ke-11

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Akankah Radiohead Kembali di Tahun 2023?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Gardenia Lepas Materi Terbaru, In Her Arms

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Object of Affection Bagikan Video Musik Baru, Half Life

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Betapa bahayanya SEL dengan single baru Episode Robotik

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Carousel, single terbaru dari As December Falls

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /