Close burger icon

HELLO THERE, SUPER USER !

Please Insert the correct Name
Please Select the gender
Please Insert the correct Phone Number
Please Insert the correct User ID
  • Contain at least one Uppercase
  • Contain at least two Numbers
  • Contain 8 Alphanumeric
Please Insert the correct Email Address
Please Insert the correct Email Address

By pressing Register you accept our privacy policy and confirm that you are over 18 years old.

WELCOME SUPER USER

We Have send you an Email to activate your account Please Check your email inbox and spam folder, copy the activation code, then Insert the code here:

Your account has been successfully activated. Please check your profile or go back home

Reset Password

Please choose one of our links :

Melancholic Bitch Berganti Nama Jadi Majelis Lidah Berduri

Author : Admin Music

Article Date : 07/12/2022

Article Category : Super Buzz

Unit rock asal Yogyakarta, Melancholic Bitch, resmi mengganti nama mereka menjadi Majelis Lidah Berduri pada Kamis, 10 November 2022 lalu. Ini merupakan salah satu bentuk transformasi mereka dalam bermusik.

Sebetulnya, pergantian nama pada sebuah band bukan hal yang asing. Sejumlah band ternama di dunia pun sempat mengalami fase ini. Ambil contoh On a Friday yang akhirnya berganti nama menjadi Radiohead.

Selain itu ada juga band ternama asal Irlandia, U2, yang sebelumnya bernama The Hype. Masih kurang? Band ternama asal Inggris, Oasis, ternyata dulunya bernama The Rain sebelumnya Noel Gallagher ikut bergabung dengan band tersebut.

Pergantian nama pada sebuah band ini bisa dibilang tidak jarang justru melahirkan sukses besar buat mereka. On a Friday, misalnya, justru semakin meraih kesuksesan setelah berganti nama menjadi Radiohead.

Satu tarikan nafas dengan Melancholic Bitch, pergantian nama menjadi Majelin Lidah Berduri ini merupakan langkah transformasi yang dilakukan oleh band yang sudah berdiri sejak 1999 silam tersebut.

Pengumuman akan berubahnya nama sang unit resmi disampaikan melalui laman media sosial mereka pada 10 November lalu. Para penggemar mereka langsung diarahkan ke laman resmi terbaru: majelislidahberduri.id. Pengumuman ini bertepatan ketika mereka mentas di Makassar sebagai panggung terakhir dengan nama Melancholic Bitch.

"Tanggal 10 November 2022 ini adalah hari terakhir kami muncul di panggung pertunjukan dengan mengusung nama Melancholic Bitch (kami sangat berbahagia bahwa pentas terakhir dengan nama ini, bisa kami berlangsungkan di kota bersejarah ini). Tidak, kami tidak sedang pamit pensiun atau bubar, kami sedang ‘pindah’,” tulis Ugoran Prasad, sang vokalis melalui situs Majelis Lidah Berduri.

"Ijinkan kami mengutarakan alasannya di surat ini; maaf jika surat ini berpanjang-panjang, meminta sabar terlalu lebar," lanjut bunyi surat tersebut.

Dari surat pernyataan itu, diketahui juga bahwa wacana Melancholic Bitch untuk berganti nama sudah tercetus sejak 10 tahun lalu, atau setengah jalan perjalanan mereka manggung dengan nama Melancholic Bitch.

"Kami kerap membicarakan perihal pergantian nama ini sepanjang 10 tahun terakhir, sempat memikirkannya sebelum meluncurkan album ketiga kami. Sayangnya, pada saat itu, kami terlalu gampang menyerah dengan kepercayaan (kepasrahan?) bahwa kami cukup bisa mengelola percakapan dan penafsiran atas nama tersebut," lanjut mereka.

"Tidak, kami tidak sedang mengumumkan sekedar “nama pengganti”; Melancholic Bitch akan tetap ada, tetap menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari kerja kami, tapi waktu mendorong kami untuk menyesuaikan wadah kami agar lebih bisa menaungi kami hari ini, kita hari esok. Wadah itu, kami sebut: MAJELIS LIDAH BERDURI."

Menarik garis besar dari penjelasan yang coba diberikan oleh Majelis Lidah Berduri, pergantian nama ini merupakan bentuk pendewasaan mereka terhadap tingginya dinamika yang terjadi pada industri musik dan dunia secara keseluruhan.

Hal tersebut, pada akhirnya, membuat hal-hal yang dulu direncanakan, sudah berjalan, dan membekas, tidak cukup relevan untuk menjangkau lebih banyak pendengar di kemudian hari.

Pemilihan kata Majelis Lidah Berduri pun bukan tanpa alasan. Ugoran Prasad menjelaskan bahwa memang penggunaan nama "Majelis" inilah yang paling menggambarkan situasi yang ada dalam diri Majelis Lidah Berduri selama berkarya lebih dari dua dekade.

"Kami memilih M A J E L I S—suatu model ikatan musyawarah yang sudah ada sejak jaman pra-Islam—selain sebab kami selalu gagal jadi band, juga sebab ini paling dekat menggambarkan situasi kerja kami yang sesungguhnya. Ruang kerja kami dibangun oleh yang jamak, beberapa ada yang berdiam dan menetap, ada pula yang mampir selintasan namun meninggalkan jejak mendalam: musisi dan atau pekerja seni ragam disiplin, semuanya semoga bisa duduk sama rata, berdiri sama miring," jelas Ugoran Prasad.

"Mengenai bagian L I D A H B E R D U R I, semoga kalian sepakat jika kami tak perlu berpanjang-panjang menjelaskan artinya: semoga ia menjadi mantra yang bisa kami tubuhkan setajamnya, selembutnya," lanjutnya.

Melalui penjelasan lengkap dari Ugoran Prasad ini pula, diketahui bahwa Majelis Lidah Berduri akan segera menghadirkan album keempat yang bertajuk Hujan Orang Mati. Album ini menyusul kehadiran tiga karya sebelumnya, Anamnesis, Balada Joni dan Susi, dan Nkkbs Bagian Pertama.

Image source: https://www.instagram.com/p/CgCF0W3PmmQ

PERSONAL ARTICLE

ARTICLE TERKINI

Tags:

#Rock #Majelis Lidah Berduri #Ugoran Prasad #Hujan Orang Mati #Anamnesis # melancholic bitch

0 Comments

Comment
Other Related Article
image article
Super Buzz

Cosmic Genocide Muncul dengan Lagu Baru, Crown of Perdition

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

The Weeknd Lepas Video Musik Baru, Is There Someone Else?

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

We Are Scientists Hadirkan Sudut Pandang Menyenangkan untuk Lagu Barunya

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Wajah Baru Yovie & Nuno Lengkap dengan Single Baru di 2023

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Royal Deceit Angkat Kewaspaadan Lewat “Self-Destruction”

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Lima Tahun Bersama, Fleur! Ucapkan Selamat Tinggal

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

“Real Super Dark” Sisi Lain Identitas Waterparks

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

VVYND Rayakan Kemenangan Lewat “Orbit”

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Karburator Asmara, Single Baru Tigerpaw untuk Musik Rock Indonesia

Read to Get 5 Point
image arrow
image article
Super Buzz

Megadeth Lepas Video Musik Resmi Killing Time yang Gahar

Read to Get 5 Point
image arrow
1 /